Meskipun era DCEU sudah dipastikan akan segera berakhir dan digantikan dengan reboot DC Universe oleh DC Studios, tetapi masih ada banyak misteri yang sampai saat ini belum terjawab di jagat sinemanya. Salah satunya adalah kematian off screen Robin yang sempat dikonfirmasi melalui film Batman v Superman: Dawn of Justice (2016). Sekarang misteri bahkan penyebab dari kematian Robin tersebut akhirnya diungkapkan langsung oleh sutradara Zack Snyder yang sebelumnya sempat menjadi pionir DCEU.

Bagi yang belum tahu di komik sendiri sebenarnya memang ada salah satu Robin yang sempat diceritakan mati secara tragis di tangan Joker, dia adalah Jason Todd. Nah ketika Bruce Wayne alias Batman (Ben Affleck) diperlihatkan tengah memandang kostum mendiang Robin dengan penuh duka di film BvS, banyak yang mengira bahwa Robin tersebut tidak lain adalah Jason. Faktanya berdasarkan pernyataan terbaru Zack Snyder ternyata Robin versi DCEU yang tewas di tangan Joker (Jared Leto) adalah Dick Grayson.

Dalam acara SnyderCon yang berlangsung kemarin, Snyder (via LadyJenevia) akhirnya menjelaskan apa yang menjadi alasan Joker mengincar Dick dan bagaimana cara nya menghabisi sidekick Batman tersebut. “Pada saat itu kelemahan sejati [Batman] adalah Robin dan Joker sangat memahami hal tersebut. Yang bisa saja jelaskan sekarang adakah fakta bahwa dia telah meledakannya. Atau sepertinya dia memang sengaja membakar dan menghanguskannya,” ungkap Snyder.

Menariknya setelah menjelaskan alasan dan penyebab kematian Robin di tangan Joker, Snyder secara implisit mengungkapkan bahwa dia berharap suatu hari nanti bisa memperlihatkan detail terkait peristiwa tragis tersebut. “Selebihnya, saya tidak ingin mengatakan bagaimana detail peristiwa yang sebenarnya, karena saya merasa itu akan menjadi spoiler untuk sesuatu yang mungkin belum saatnya terungkap. Kita harus menunggu untuk bisa melihatnya, bagaimana menurut kalian?” tambah Snyder.

Untuk saat ini DCEU memang sudah ditakdirkan untuk berakhir, begitu juga dengan kisah semua karakter di dalamnya termasuk Batman dan Robin. Namun bukan berarti kita tidak akan pernah bisa mengetahui visi Zack Snyder terkait karakter Dick Grayson alias Robin. Karena seperti yang sudah-sudah, Snyder masih diberikan kesempatan oleh Warner Bros untuk memperlihatkan visi DCEU-nya kepada penggemar melalui film Zack Snyder’ Justice League dan acara SnyderCon. So, kita nantikan saja kejutannya ya, Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.