Dalam semesta Naruto terdapat beberapa Kekkei Genkai yang dianggap langka, karena jumlah penggunanya yang hanya satu orang saja. Kekkei Genkai sendiri merupakan kekuatan yang spesial di mana hanya sebagian orang saja yang memilikinya. Hal tersebut terjadi berkat adanya sesuatu yang tidak biasa dalam DNA mereka. Kekuatan dari Kekkei Genkai sangat luar biasa.

Beberapa contoh dari Kekkei Genkai misalnya Sharingan atau Byakugan yang menjadi warisan keluarga Uchiha dan Hyuuga. Bisa juga teknik untuk mengendalikan serangga seperti yang dilakukan klan Aburame. Namun, sebagian dari Kekkei Genkai tersebut ada yang dianggap langka. Hal ini dikarenakan jumlah penggunanya yang hanya satu orang. Apa saja Kekkei Genkai tersebut?

Swift Release

Penjelasan mengenai cara kerja dari Swift Release masih jadi sebuah teka-teki besar hingga saat ini. Namun, pada fans sendiri berspekulasi jika Kekkei Genkai ini ada kaitannya dengan Kekkei Genkai lain yaitu Wind Release. Satu-satunya pengguna dari Swift Release adalah Hiruko. Dalam ceritanya, Hiruko terlahir tanpa memiliki kekuatan apa pun. Dan dia berusaha keras untuk menutupi kekurangannya.

Dia kemudian mengembangkan sebuah teknik bernama Chimera Technique, yang membuatnya bisa mendapatkan atau menggunakan Kekkei Genkai milik targetnya. Caranya adalah dengan menyatukan tubuhnya dengan tubuh sang target. Meskipun kemudian Hiruko mampu menggunakan berbagai Kekkei Genkai, yang paling fenomenal adalah Swift Release di mana dia mampu bergerak secepat kilat. Bahkan, pengguna Taijutsu hebat pun tidak akan sanggup mengimbangi kecepatannya.

Kekkei Genkai Ranmaru

Ranmaru merupakan sosok anak kecil yang lemah dan tidak berdaya. Namun, kemudian dia bertemu dengan Rega dan menjadi bagian dari kelompoknya. Ranmaru diketahui hidup dari belas kasihan orang lain setiap hari. Meskipun begitu, Ranmaru sendiri diketahui memiliki kekuatan Kekkei Genkai yang sangat dahsyat. Sayangnya, tidak diketahui apa nama dari Kekkei Genkai ini.

Diketahui Kekkei Genkai milik Ranmaru tersebut memiliki bentuk visual yang mirip Byakugan, di mana matanya akan berubah menjadi merah. Dengan memanfaatkan Kekkei Genkai tersebut membuatnya bisa menembus dinding, menghalau berbagai Dojutsu, memprediksi gerakan lawan, dan juga berbagai kekuatan lainnya. Yang luar biasanya adalah dia bahkan bisa menukar nyawanya dengan karakter yang sudah tewas. Namun, sayangnya, Kekkei Genkai justru dimanfaatkan oleh orang lain yang mana dalam hal ini adalah Rega dan kelompoknya.

Shikotsumyaku

Shikotsumyaku merupakan kekkei Genkai dari klan Kaguya dan pertama kali diperkenalkan oleh Kimimaro dari desa suara. Kemampuan Kekkei Genkai ini membuat penggunakanya bisa memanipulasi tulang atau struktur tulang dalam tubuh penggunanya dan kemudian menggunakannya sesuai dengan yang mereka inginkan. Kimimaro juga bisa mengatur kepadatan tulang tersebut dan menjadikannya sesuatu yang lebih keras dari besi.

Bukti nyata dari kedahsyatan Kekkei Genkai ini adalah ketika Kimimaro tidak mengalami kesulitan apapun ketika menghadapi chakra Kyubi Naruto, Rock Lee dan Gaara sekaligus. Sebenarnya, Kimimaro jadi satu-satunya yang tersisa dari pemilik Kekkei Genkai ini. Namun, dengan tewasnya Kimimaro yang merupakan keturunan terakhir dari klan Kaguya akhirnya membuat Kekkei Genkai ini resmi punah.

Ice Release

Ice Release atau pelepasan es merupakan Kekkei Genkai dari klan Yuki yang berasal dari desa ombak. Kemampuan ini pertama kali diperlihatkan oleh Haku, partner dari Zabuza di misi awal dari Team 7. Dengan menggunakan kemampuan ini, penggunanya bisa memanipulasi kekuatan es sesuai dengan keinginannya. Dalam momen pertarungan Haku menghadapi Team 7 diperlihatkan bagaimana kemampuan ini sangat mematikan.

Beberapa contoh teknik mengerikan dari Kekkei Genkai ini adalah Ice Mirrorring atau cermin es di mana Haku bisa berpindah dari satu cermin ke cermin yang lain dalam kecepatan tinggi. Dan dia juga bisa menyerang musuhnya yang terjebak di dalamnya. Kakashi sendiri mengakui bahwa kekuatan ini melebihi kemampuannya. Sejauh ini, hanya Haku yang diketahui sebagai pengguna Ice Release. Yang menarik adalah dalam novel Sasuke Retsuden, Sasuke pernah mencoba untuk menggunakan Kekkei Genkai ini dengan menggabungkan Water dan Wind Release. Namun, efek dan kedahsyatannya tidak sama dengan pengguna Ice Relase yang asli.

Scorch Release

Scorch Release bisa dibilang merupakan salah satu kemampuan dan Kekkei Genkai yang paling langka dalam semesta Naruto. Satu-satunya pengguna dari Kekkei Genkai ini adalah Pakura yang merupakan shinobi dari desa Sunagakure. Kemampuan Kekkei Genkai ini memberikan Pakura kesempatan untuk “membakar” orang dari dalam dengan menggunakan chakranya.

Hal ini dikarenakan Kekkei Genkai tersebut membakar atau menguras seluruh kelembapan dari tubuh korbannya. Scorch Release sendiri merupakan gabungan antara Wind dan Fire Release. Dalam perang dunia shinobi keempat diperlihatkan bagaimana Pakura mampu menghancurkan banyak pasukan aliansi dengan teknik miliknya ini. Dia bahkan mampu menghancurkan sebuah wilayah hutan yang luas dengan kekuatannya.

Crystal Relase

Seperti namanya, Crystal Release membuat penggunanya mampu untuk menciptakan  kristal di sekitarnya atau memanipulasi batu kristal sesuai keinginan mereka. Jika pada level biasa saja Kekkei Genkai ini sudah sangat berbahaya, pada tingkatan yang lebih tinggi penggunanya bisa memiliki kemampuan untuk menciptakan struktur kristal yang lebih masif dan lebih kompleks.

Salah satu keuntungan terbesar dari Kekkei Genkai Crystal Release ini adalah adanya kemiripan dengan salah satu Kekkei Genkai terkuat lainnya, yaitu Wood Release. Dengan kekuatan tersebut, bisa disimpulkan bahwa Kekkei Genkai ini menjadi salah satu Kekkei Genkai terkuat. Guren adalah satu-satunya pengguna dari Kekkei Genkai Crystal Release. Dan di animenya diperlihatkan bagaimana dia mampu menciptakan sebuah kubah besar berbentuk kristal. Dia juga mampu menciptakan labirin yang tidak mampu ditembus oleh pengguna Byakugan sekali pun.

Kekkei Genkai Klan Jugo

Beberapa anggota dari klan Jugo memiliki kemampuan unik untuk bisa menyerap energi alami dari lingkungan sekitarnya. Namun, dalam ceritanya sendiri diketahui bahwa hanya Jugo yang mampu memaksimalkan seluruh potensi milik klannya. Dengan kekuatan Kekkei Genkai tersebut Jugo kemudian bisa bertransformasi menjadi sosok mengerikan yang kemudian disebut sebagai Sage Transformation.

Bisa dibilang, Sage Transformation ini mirip dengan Sage Mode. Ketika bertransformasi, tubuh Jugo bisa berubah menjadi senjata yang mematikan. Misalnya, lengan miliknya dan juga kakinya bisa dimodifikasi untuk meningkatkan kecepatan. Jugo juga mampu memindahkan chakra Senjutsu miliknya ke orang lain. Seperti halnya Kimimaro, sejauh ini Jugo jadi satu-satunya anggota dari klannya yang menggunakan Kekkei Genkai tersebut.

Typhoon Release

Kekkei Genkai Typhon Release disebut-sebut merupakan bentuk yang paling sempurna dan kuat dari Wind Release. Pemimpin dari Lightning Group, Nowaki, menjadi satu-satunya pengguna dari Kekkei Genkai tersebut. Dengan menggunakan Kekkei Genkai Typhon Release, Nowaki mampu untuk memunculkan sebuah serangan angin yang sangat dahsyat yang bahkan mampu menghancurkan sebuah pulau.

Nowaki mampu mengatur kepadatan dan juga kecepatan dari angin taifun tersebut. Dalam cerita di animenya, diperlihatkan bagaimana Kekkei Genkai ini bukan hanya mampu untuk membuat Susanoo sempurna milik Sasuke kewalahan. Nowaki juga mampu membuat Susanoo milik Sasuke tidak mampu berbuat banyak.

Kekkei Genkai Ryuzetsu

Kekkei Genkai lainnya yang tidak memiliki nama yaitu Kekkei Genkai milik Ryuzetsu. Diketahui Ryuzetsu memiliki sebuah Kekkei Genkai tanpa nama yang membuatnya bisa menggunakan sebuah teknik bernama Reincarnation Ninjutsu. Ryuzetsu sendiri merupakan seorang Anbu dari desa Kusagakure. Sedari kecil, dia sudah dianggap jenius oleh temannya yaitu Muku.

Ryuzetsu sendiri adalah salah satu shinobi yang ahli dalam menggunakan Fire Release dan mampu mengurung siapa pun di dalam Heavenly Prison yang dia buat. Namun, yang paling menonjol dari sosoknya tidak lain kemampuannya untuk menggunakan teknik Dragon Life Reincarnantion. Teknik ini membuat Ryuzetsu mampu mengembalikan nyawa seseorang, namun harus dibayar dengan nyawanya sendiri.

Mud Release

Banyak shinobi yang meyakini bahwa Mud Release adalah sebuah Teknik Pelepasan yang tidak pernah ada. Namun, faktanya, Mud Release benar-benar ada. Seperti halnya Wood Release, Mud Release memanfaatkan gabungan dua Teknik Pelepasan yaitu Wood dan Earth Relase. Inilah alasan mengapa kemudian ini jadi salah satu Teknik Pelepasan yang juga sangat dahsyat.

Ameyuki jadi satu-satunya orang atau karakter yang diketahui mampu menggunakan Kekkei Genkai ini. Dalam praktiknya, penggunaan Mud Release akan membuat korban atau targetnya kesulitan untuk bergerak. Bahkan, mereka juga bisa saja tewas karena tenggelam di lautan lumpur yang masif. Sayangnya, seperti halnya Kimimaro, Ameyuki kemudian diperlihatkan tewas dan membuat Kekkei Genkai tersebut punah. Sebelum kematiannya, dia sempat mengalirkan lumpur dalam jumlah yang besar yang membuat Valley of Lies tertutupi lumpur.

Dalam semesta Naruto diketahui Kekkei Genkai adalah salah satu sumber kekuatan dari para shinobi yang sangat dahsyat. Meskipun biasanya Kekkei Genkai erat kaitannya dengan klan tertentu, namun ada juga beberapa dari Kekkei Genkai tersebut yang justru dianggap langka. Karena, Kekkei Genkai tersebut penggunanya diketahui hanya satu orang bahkan sudah tidak ada lagi. Dan di atas adalah contoh nyata dari hal tersebut.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.