Sosok big bad villain Unicron baru saja diperlihatkan dalam bentuk planetnya di trailer Transformers: Rise of the Beasts yang filmnya akan tayang sebentar lagi. Meskipun alasan kemunculannya masih menjadi misteri, tetapi bisa dipastikan bahwa dia tidak akan tampil sendirian sebagai ancaman Bumi dan semua isinya. Seperti halnya di kisah Transformers lain, baik komik maupun animasi, villain raksasa yang dijuluki Chaos Bringer ini selalu ditemani oleh antek setianya yang disebut Herald of Unicron. Lantas siapakah herald yang akan muncul di film Rise of the Beasts nanti? Mari langsung saja kita bahas, Geeks!

Penjelasan Herald of Unicron

Dalam sejarah Transformers, Herald of Unicron adalah sebutan bagi antek yang ditunjuk langsung oleh Unicron the Chaos Bringer untuk melancarkan tujuannya. Sebagai personifikasi kehancuran di multiverse, ambisi Unicron sendiri tidak lain adalah melahap planet, bulan, bintang, dan alam semesta secara keseluruhan. Dengan motivasinya yang sangat besar dan mengancam tersebut tidak aneh jika dalam prosesnya Unicron membutuhkan bantuan dari villain lain. Dibutuhkan seorang herald alias kaki tangan yang akan membukakan jalan bagi Unicron bahkan membangkitkannya.

Banyak penggemar yang percaya istilah Herald of Unicron di Transformers terinspirasi dari Herald of Galactus di Marvel Universe. Bagi yang belum tahu Galactus sendiri adalah entitas kosmik Marvel yang sering menunjuk seorang kaki tangan dan memberinya tugas  penting untuk mencarikan sebuah planet yang nantinya akan menjadi makanan Galactus. Nah Unicron sendiri tidak jauh berbeda dari Galactus yang mempunyai ukuran lebih besar dari planet dan mempunyai hobi melahap planet, itulah mengapa dia juga membutuhkan seorang herald yang secara tidak langsung akan menjadi pertanda awal kemunculannya.

Penggunaan istilah Herald of Unicron sendiri pertama kali disebutkan oleh Decepticon Ramjet yang dikenal sebagai herald paling berbahaya di komik Transformers. Setelah itu istilah ini juga kembali dipopulerkan oleh Galvatron di komik Beast Wars. Ada pun sosok yang pernah menjabat sebagai Herald of Unicron di antaranya adalah Bludgeon, Cyclonus, Dirge, Nemesis Prime, dan juga Scourge yang nanti akan muncul di film Rise of the Beasts. Selain itu ada juga Minion of Unicron dan Four Horsemen yang rata-rata mereka semua berasal dari kelompok robot antagonis, khususnya Decepticon dan Terrorcon.

Misi Utama Herald di Transformers

Seperti yang sudah disinggung di atas, secara garis besar peran Herald of Unicron di Tranformers adalah bersumpah setia kepada Unicron dan bersedia menjalankan semua perintahnya. Jika diuraikan perintah Unicron sendiri umumnya bisa dibagi menjadi empat misi penting yang harus dicapai. Yang pertama adalah memberikan tubuh baru bagi Unicron agar dia bisa merealisasikan tujuannya. Misi ini bisa diartikan juga sebagai upaya untuk memberi jalan atau membangkitkan Unicron di sebuah alam semesta, karena sejatinya dia adalah entitas multiverse yang bisa muncul kapan dan di mana saja.

Misi yang kedua adalah menyiapkan pasukan yang nantinya akan mengabdi kepada Unicron. Untuk mencapai ini biasanya Unicron akan lebih dahulu meminjamkan sedikit kekuatannya agar heraldnya bisa menghimpun lebih banyak lagi Transformers jahat yang bersedia membantunya. Yang ketiga adalah memberitahu letak Matrix of Leadership dan membawakannya kepada Unicron, karena Matrix adalah kelemahan utamanya yang konon bisa langsung menghancurkan eksistensinya. Terakhir, Herald of Unicron juga harus bisa mencegah Transformers lain menggunakan Matrix kepada Unicron.

Siapa Herald di Rise of the Beasts?

Setelah mengetahui apa itu Herald of Unicron dan seperti apa detail tugasnya, sekarang tiba saatnya bagi kita untuk membahas siapa herald di film Rise of the Beasts nanti. Berdasarkan cuplikan adegan yang telah terlihat di dua trailer filmnya, cukup jelas bahwa Scourge akan jadi kaki tangan Unicron di Rise of the Beasts. Sebagai pemimpin kelompok robot antagonis Terrorcon, villain yang disuarakan oleh Peter Dinklage ini akan ditemani juga oleh robot jahat lainnya, termasuk Nightbird, Battletrap, Transit, dan Freezer. Mereka semua nantinya akan menjadi ancaman pertama bagi para Autobot dan Maximal.

Dengan kehadiran Terrorcon, itu artinya Scourge setidaknya telah berhasil melaksanakan misi kedua, selanjutnya dia tinggal mencarikan jalan agar Unicron bisa muncul seperti perintah pertama. Di sisi lain dia juga mungkin harus menemukan Matrix of Leadership, itulah mengapa dia datang lebih awal ke Bumi, karena sejatinya Matrix biasanya ada di tangan pemimpin kelompok robot protagonis, misalnya Optimus Prime dari Autobot atau Optimus Primal dari Maximal. Dan yang jelas Scourge dan para Terrorcon juga harus menghabisi Autobot dan Maximal agar tugasnya sebagai Herald of Unicron sempurna.

Sekian pembahasan tentang Herald of Unicron dan potensi Scourge sebagai herald pertama yang akan datang ke Bumi di film Transformers: Rise of the Beasts. Jika Scourge dan kelompok Terrorcon berhasil menjalakan misinya di filmnya nanti, bukan tidak mungkin Unicron akan menampakan wujud aslinya sebagai Lord of Chaos di sekuel Rise of the Beasts mendatang. Namun sebelum itu kita lihat saja bagaimana keseruan film Transformers: Rise of the Beasts saat tayang perdana pada tanggal 9 Juni nanti.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.