Setelah memutuskan untuk pergi dari Konoha dan berlatih demi Kawaki pertanyaan besarnya kemudian apakah Momoshiki Otsutsuki akan latih Boruto saat timeskip terjadi? Momen timeskip jadi salah satu peristiwa yang banyak dinantikan oleh para fans dari Boruto: Naruto Next Generation. Sejak awal ceritanya sudah diperlihatkan petunjuk jika momen timeskip akan terjadi.

Hal ini bisa dilihat saat Kawaki dan Boruto dewasa yang bertarung di atas reruntuhan Konoha di awal ceritanya. Dan setelah sekian lama dinantikan, pada akhirnya momen timeskip tersebut muncul. Memang, tidak ada konfirmasi mengenai hal tersebut tetapi dengan status manganya yang hiatus pasca Agustus mendatang seolah memberikan konfirmasi jika timeskip akan terjadi di chapter selanjutnya.

Momen Boruto Pergi Dari Konoha

Dalam alur cerita manganya saat ini diketahui jika sosok Boruto justru menjadi incaran dari para shinobi Konoha. Hal tersebut terjadi lantaran Kawaki dan Boruto sudah bertukar kehidupan. Kawaki meminta bantuan Eida untuk mewujudkan keinginannya tersebut seperti yang kemudian diperlihatkan dalam chapter 79 kemarin. Eida menghapus seluruh ingatan penduduk Konoha.

Dia kemudian menanamkan ingatan jika Kawaki adalah Boruto dan sebaliknya Boruto adalah Kawaki. Inilah alasan mengapa kemudian orang-orang menganggap Boruto adalah ancaman dan juga sosok yang sudah menghabisi Naruto. Sejauh ini, hanya ada dua orang yang sama sekali tidak terpengaruh oleh kekuatan Eida yaitu Sumire dan juga Sarada Uchiha.

Boruto sendiri awalnya bingung dengan apa yang terjadi. Namun, setelah Momoshiki menjelaskan semuanya Boruto pun mulai memahami situasinya. Yang menarik kemudian adalah bukannya Boruto sedih atau kecewa dengan situasi tersebut dia justru nampak bersemangat. Boruto justru bertekad ingin menyelamatkan saudaranya yaitu Kawaki dari hasrat gelap dalam dirinya.

Hal tersebut bisa kita lihat di akhir chapter 80 kemarin, di mana Boruto nampak berapi-api untuk menunjukan siapa dirinya yang sebenarnya. Dan di sisi lain, Boruto pun memutuskan untuk pergi dari Konoha sambil berusaha untuk meningkatkan kekuatannya. Namun, pertanyaan besarnya kemudian siapa yang akan latih Boruto saat momen timeskip terjadi? Terdapat beberapa nama yang bisa jadi kandidat untuk hal ini.

Momoshiki Akan Latih Boruto

Kandidat karakter pertama yang akan latih Boruto saat timeskip terjadi adalah Momoshiki Otsutsuki. Mungkin, ini adalah salah satu karakter yang memiliki peluang besar untuk melatih Boruto. Mengapa? Pertama, karena Momoshiki ada di dalam tubuh Boruto. Seperti yang diketahui, meskipun Momoshiki tidak lagi bisa melakukan reinkarnasi tetapi dia tetap “hidup” di dalam tubuh Boruto.

Kedua, Momoshiki tahu banyak tentang berbagai hal seperti seluk beluk Karma. Seperti yang Geeks ketahui, potensi besar Karma bisa jadi belum terungkap 100% dalam ceritanya. Apalagi, masih banyak misteri yang muncul seperti kemunculan sosok Shibai Otsutsuki dan juga Jougan di mata Boruto. Momoshiki tahu banyak tentang hal tersebut sehingga masuk akal jika kemudian dia akan mengajari Boruto selama momen timeskip.

Momoshiki mungkin tidak akan muncul secara fisik, tetapi dia akan memberikan petunjuk atau arahan bagaimana cara melakukan banyak hal. Misalnya, Momoshiki mungkin akan mengajarkan bagaimana cara membangkitkan kekuatan Karma dalam sesuai keinginan penggunanya. Dia juga mungkin akan memberikan informasi tentang potensi dahsyat dari Karma.

Belum lagi, Momoshiki bisa memberikan informasi terkait rahasia dari Jougan atau sekedar memberikan petunjuk. Bukankah Boruto mulai berontak dan tidak lagi mau mendengar apa yang disebutkan oleh Momoshiki seperti diperlihatkan di chapter 80? Meskipun Boruto sudah mulai bisa mengendalikan dirinya dari pengaruh Momoshiki, namun hal ini tidak bisa membantah fakta bahwa Momoshiki hidup di dalam tubuhnya.

Juga, Momoshiki jauh lebih berpengalaman yang mana tentunya membuat Boruto akan memaksa sang Otsutsuki untuk mengajarinya banyak hal. Di sisi lain, Momoshiki juga tidak akan membiarkan Boruto tewas apalagi dia menganggap Boruto adalah sesuatu yang berharga dan dia masih berusaha untuk bisa mengambil alih tubuh sang protagonis. Jadi, rasanya Momoshiki tidak akan tinggal diam dengan situasi saat ini.

Karakter Lain Yang Akan Latih Boruto

Selain Momoshiki Otsutsuki kemungkinan ada karakter lainnya yang juga memiliki peluang besar untuk latih Boruto saat timeskip terjadi. Siapa sosok tersebut? Tidak lain adalah Uchiha Sasuke. Geeks tentunya tahu jika Sasuke adalah sosok yang sangat diidolakan oleh Boruto yang mana bahkan dia menjadi mentornya di Konoha selama ini. Sasuke pun bahkan sudah menganggap Boruto seperti anaknya sendiri.

Yang menarik adalah di chapter 80 kemarin juga diperlihatkan bagaimana Sarada memohon kepada ayahnya untuk menyelamatkan Boruto. Dia merasa jika Boruto tidak bersalah dengan apa yang terjadi. Bahkan, akibat dari hal ini Sarada berhasil membangkitkan Mangekyo Sharingan miliknya. Sasuke sendiri kemudian berjanji kepada Sarada bahwa dia akan menyelamatkan Boruto.

Bukankah Sasuke jadi salah satu korban kekuatan Omnipotence milik Eida? Sasuke memang menjadi korban kekuatan dahsyat Eida, tetapi nampaknya dia berhasil mengendalikan ingatan atau pikirannya tersebut. Dalam chapter 80 diperlihatkan bagaimana Sasuke mengatakan jika dia ingat dengan ikat kepala miliknya yang diberikan kepada Boruto.

Berdasarkan hal tersebut, ada kemungkinan jika Sasuke sebenarnya tidak yakin dengan ingatannya dan menganggap jika Boruto tidak bersalah. Karena itulah, Sasuke bisa jadi kandidat kuat lainnya untuk kemudian bisa latih melatih Boruto saat timeskip terjadi selain juga sosok Momoshiki Otsutsuki. Koneksi dengan sang protagonis juga bisa jadi pertimbangan tersebut.

Selain Sasuke, bisa jadi juga Kishimoto akan memperkenalkan karakter baru lainnya. Seperti halnya Shibai Otsutsuki, bisa jadi dalam momen timeskip ini akan muncul karakter baru yang mungkin berasal dari klan Otsutsuki. Bisa jadi juga karakter barunya bukan berasal dari klan Otsutsuki. Karakter lama juga bisa jadi akan kembali muncul seperti Kashin Koji yang nasibnya saat ini masih jadi misteri. Bagaimana kemudian Kashin Koji akan jadi mentor Boruto akan mengulang apa yang dilakukan oleh Naruto dan Jiraiya sebelumnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.