Di dunia superhero seperti Marvel Universe, kematian adalah hal yang sangat lumrah untuk dialami oleh para karakter di dalamnya, tanpa terkecuali oleh para anggota Avengers. Hal tersebut biasanya dimaksudkan untuk membuat setiap kisah tim Earth’s Mighthiest Heroes menjadi lebih dramatis dan akhirnya bisa menarik lebih banyak perhatian. Seperti halnya kematian heroik Iron Man di film Avengers: Endgame yang membuat banyak penggemar merasa sangat kehilangan. Nah khusus pada artikel kali kita akan membahas lima anggota Avengers yang paling sering mati dan kembali dibangkitkan dalam sejarah Marvel!

Spider-Man

Anggota Avengers pertama yang terkenal paling sering mati adalah Peter Parker alias Spider-Man. Dibalik keceriaan karakternya yang berjiwa muda, bisa dibilang Spider-Man adalah salah satu superhero paling tragis di Marvel Universe. Selain orang-orang di sekitarnya banyak yang mati seperti Paman Ben dan kekasihnya Gwen Stacy, Spider-Man juga selalu dihantui oleh kematian.

Di semesta utama sendiri Spider-Man terbilang cukup sering mati, termasuk di tangan Doctor Octopus yang mengambil alih tubuhnya sebagai Superior Spider-Man, Thanos di peristiwa ‘Infinity Gauntlet’, Symbiote Venom, Kraven the Hunter, dan villain lainnya, sebelum akhirnya dibangkitkan kembali. Belum lagi puluhan kematian permanennya di berbagai semesta alternatif, termasuk di Ultimate Universe yang akhirnya menandai kelahiran Miles Morales sebagai Spider-Man baru.

Thor

Jika melihat latar belakangannya yang merupakan sang God of Thunder dari kalangan dewa Nordik, sangat sulit bagi Thor Odinson untuk mengalami kematian. Walaupun begitu faktanya dia adalah salah satu anggota Avengers terkuat yang paling sering mati dalam sejarah Marvel. Karena meskipun terkenal sebagai dewa, bukan berarti Thor adalah makhluk yang abadi. Hal ini pernah diperlihatkan ketika dia mati di peristiwa ‘Infinity Gauntlet’ saat Thanos mengubahnya menjadi kaca lalu memecahkannya, kemudian saat terkena racun mematikan Midgard Serpent, ketika dimakan monster mengerikan Mangog, dan yang paling sering saat peristiwa Ragnarok yang terjadi berkali-kali di Marvel Comics.

Wolverine

Siapa yang tidak kenal Wolverine? Sebagai penggemar Marvel mungkin kalian sudah tahu bahwa Wolverine adalah anggota X-Men sekaligus Avengers yang paling sering mati dan juga dibangkitkan kembali. Semuanya bisa terjadi karena dia adalah salah satu pemilik healing factor paling hebat di Marvel Universe, di mana hal tersebut membuat Wolverine sering menjemput ajalnya sendiri, entah karena dipenggal musuh, terbakar, menghilang menjadi debu, diledakan oleh Magneto, dan lain sebagainya. Salah satu kematiannya yang paling epik adalah ketika dia mati di komik Death of Wolverine karena tubuhnya terkena lelehan adamantium yang menetralkan kekuatan healing factornya.

Vision

Baik di Marvel Comics maupun di MCU, Vision dikenal sebagai anggota Avengers yang paling sering mati. Tubuh androidnya ternyata tidak serta-merta meloloskannya dari kematian, seperti yang terjadi di peristiwa Infinity Gauntlet saat Thanos merobek dadanya, kemudian She-Hulk juga pernah membelahnya menjadi dua, dan dia juga terbilang cukup sering diperlihatkan meledak dan terlahir kembali dengan tubuh baru. Dia pernah kembali dibangkitkan sebagai White Vision dan juga anggota Young Avengers bernama Jonas.

Di MCU sendiri takdir Vision juga terbilang cukup tragis, di mana dia tewas di tangan kekasihnya Wanda Maximoff yang terpaksa menghancurkan Mind Stone di dahinya agar tidak diambil Thanos. Mirisnya dia kemudian dibangkitkan oleh Thanos menggunakan Time Stone dan selanjutnya kembali mati karena Thanos mencabut Mind Stone di dahinya secara paksa. Selain peristiwa di film Infinity Wars tersebut, versi realitas buatannya di serial WandaVision juga akhirnya diperlihatkan menghilang bersama Billy dan Tommy.

Captain America

Siapa sangka anggota Avengers terakhir yang paling sering diceritakan mati adalah Captain America. Super-soldier bernama asli Steve Rogers yang lahir pada era Perang Dunia II bahkan sempat dianggap mati oleh para orang terdekatnya, sebelum akhirnya bangkit kembali pada masa modern. Mirisnya kebangkitan tersebut justru mengantarkannya pada peristiwa Civil War antara superhero Marvel yang membuatnya tewas di akhir kisah karena ditembak oleh Sharon Carter yang pikirannya dikendalikan villain Doctor Faustus. Jika dihitung secara keseluruhan termasuk kisahnya di semesta alternatif, mungkin Captain America telah mati puluhan kali dan digantikan oleh para penerusnya.

Itulah lima anggota Avengers yang paling sering diceritakan mati di Marvel Universe. Kesimpulannya bisa dibilang kematian para superhero ini telah menjadi andalan Marvel ketika mereka ingin menyajikan cerita yang sangat berdampak. Anehnya walaupun mereka sering mati dan kembali dibangkitkan, tetapi para penggemar pada umumnya tetap merasa terkejut dengan kematian lima superhero ini. Alasannya karena banyak yang menyangka karena mereka sering mati, Marvel tidak akan mematikannya lagi. Faktanya dugaan tersebut sepenuhnya salah karena mereka lagi-lagi mati dalam berbagai kesempatan.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.