Film live action Transformers ketujuh yang berjudul Rise of the Beasts baru saja merilis trailer kedua jelang penayangan filmnya yang akan jatuh pada bulan Juni nanti. Menariknya dalam trailer kali ini terungkap bahwa ternyata sosok dibalik kelompok robot antagonis Terrorcon tidak lain adalah Unicron the Chaos Bringer, villain Transformers paling mengerikan. Tahukah kalian di balik statusnya sebagai ‘big bad villain’, layaknya Thanos di Marvel Universe, sebenarnya ada banyak fakta menarik lainnya yang mengiringi sosok Unicron dalam sejarah Transformers. Apa saja? Simak di bawah ini, Geeks!

Kembaran Pencipta Transformers

Pertama kali diciptakan oleh entitas surgawi nan misterius bernama The One, Unicron terlahir bersamaan dengan kembarannya yang bernama Primus. Sejak awal mereka berdua dimaksudkan untuk menjadi penyeimbang di alam semesta, di mana Primus sendiri merupakan dewa robot yang akhirnya menciptakan para Transformers di alam semesta dan menjadikan tubuhnya sebagai tempat asal mereka yaitu Cybertron. Fakta tersebut lantas membuat Unicron yang merupakan antitesis sekaligus musuh bebuyutan Primus ingin menghancurkan seluruh alam semesta beserta semua Transformers di dalamnya.

Lebih Besar dari Planet

Selain fakta tentang ambisinya yang sangat besar, Unicron juga dikenal sebagai salah satu Transformers yang ukurannya lebih besar dari planet. Hal ini tergambar jelas dari salah satu julukannya yaitu Sang Pemakan Planet alias Planet Eater. Julukan ini muncul bukan tanpa sebab, melainkan bermula dari kesenangan Unicron yang selalu memakan planet, bulan, bintang, bahkan alam semesta secara keseluruhan. Berdasarkan hal tersebut cukup jelas bahwa ukuran Unicron sudah tidak perlu kita ragukan lagi. Pada saat kembarannya Primus menjadi Planet Cybertron bagi para Transformers, Unicron justru punya bentuk alternatif sebagai planet tanpa kehidupan yang bisa melahap planet lain.

Personifikasi Kejahatan Multiverse

Seperti yang sudah disinggung di awal, julukan lain Unicron selain Planet Eater adalah Chaos Bringer. Di mana julukan ini muncul karena kedatangannya yang selalu membawa kehancuran, bukan hanya bagi satu alam semesta saja tetapi juga seluruh multiverse. Jika Primus dikenal sebagai pembawa kehidupan dan personifikasi kebaikan di multiverse, Unicron justru terlahir sebagai personifikasi kejahatan yang bisa melakukan perjalanan lintas realitas. Fakta mengerikan ini bahkan sangat didukung dengan kekuatan Unicron yang nyaris Mahakuasa serta mampu memanipulasi segalanya, dari mulai memanipulasi kegelapan, materi, kematian, sampai merusak dan meracuni hati Transformers lain.

Musuh Semua Orang

Fakta selanjutnya yang tidak terbantahkan dari Unicron adalah keberadaannya yang selalu menjadi musuh bagi semua Transformers, termasuk bagi kelompok robot antagonis seperti Decepticon. Karena saking hebatnya kekuatan Unicron dibutuhkan kerjasama antara seluruh Autobot dan Decepticon agar bisa mengalahkannya. Hal ini terbilang cukup sering diceritakan dalam berbagai kisah Transformers, baik komik maupun animasi, yang pada akhirnya mendorong Optimus Prime dan Megatron untuk mengesampingkan perbedaan dan bersatu untuk menghalau Unicron dari Cybertron atau planet lain seperti Bumi.

Sering Mengutus Herald

Di sisi lain selain fakta bahwa Unicron sering menjadi musuh bagi semua Transformers, dia juga biasanya punya antek pribadi yang bersumpah untuk setia kepadanya. Baik secara paksa maupun sukarela, para antek yang disebut Herald of Unicron ini umumnya diberikan misi untuk membuka jalan selebar-lebarnya bagi Unicron agar bisa masuk ke sebuah realitas atau melakukan teleportasi ke planet yang menjadi incarannya. Adapun para Transformers populer yang pernah menjadi utusan Unicron di antaranya adalah Galvatron (sebelum tersadar kembali sebagai Megatron), Nemesis Prime, dan Scourge di versi animasi Transformers (Generation 1).

Takut Pada Matrix of Leadership

Kabar baiknya meskipun Unicron punya ambisi, kekuatan, serta skala ancaman yang sangat mengerikan, dia ternyata takut terhadap Matrix of Leadership. Alasannya karena artefak yang biasanya dijaga sekaligus dimiliki oleh pemimpin Autobot ini mengandung esensi dari kembarannya Primus. Dalam sejarah Transformers sendiri selain bisa dipakai untuk menghidupkan Transformers, Matrix of Leeadership juga dikenal sebagai satu-satunya artefak yang dapat dipakai untuk melukai bahkan menghancurkan Unicron. Fakta ini lantas menjadikan pemimpin Autobot seperti Optimus Prime sebagai ancaman utama Unicron dalam kisah Transformers.

Pernah Muncul di Film Sebelumnya

Fakta terakhir yang perlu kita tahu dari sosok Unicron adalah tentang kemunculannya yang sering menjadi ancaman serius di berbagai film Transformers. Sebelum nanti menjadi big bad villain di Transformers: Rise of the Beasts, sebenarnya Unicron telah lebih dahulu muncul di film animasi Transformers: The Movie yang rilis pada tahun 1986 silam. Yang lebih menariknya lagi easter egg tanduknya juga pernah diperlihatkan di ending film live action Transformers: The Last Knight (2017), yang artinya kemunculan Unicron sebenarnya sudah diisyaratkan sejak lama, sadar?

Itulah tujuh fakta menarik tentang Unicron sang big bad villain Transformers. Dengan semua fakta ini setidaknya bisa kita simpulkan bahwa kemunculan Unicron di film live action Transformers: Rise of the Beasts nanti akan jadi ancaman yang sangat serius bagi Bumi dan semua isinya. Itulah mengapa Autobot dan Beast Transformers Maximal harus menyatukan kekuatan demi menghalau Unicron dan para antek Terrorcon-nya yang dipimpin oleh herald bernama Scourge. Film ketujuh Transformers ini akan bisa segera kita saksikan di bioskop mulai tanggal 9 Juni 2023 nanti.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.