Marvel Cinematic Universe adalah waralaba Hollywood yang sejauh ini telah melibatkan banyak sekali aktor dan aktris terkenal dari seluruh dunia. Hal inilah yang kemudian menjadi alasan mengapa hampir semua tayangannya sukses secara finansial di seluruh dunia, baik itu serial maupun film layar lebar. Karena para aktor dan aktris yang terlibat di dalamnya memiliki latar belakang agama yang berbeda-beda, termasuk beberapa di antarnya yang beragama Islam dan kini mungkin tengah ikut berlebaran dengan umat muslim di seluruh Dunia. Siapa saja bintang yang dimaksud? Simak selengkapnya di artikel ini!

Faran Tahir – Raza Al-Wazar

Lahir di Los Angeles sekitar enam puluh tahun lalu, Faran Tahir dikenal sebagai aktor keturunan Pakistan-Amerika yang terbilang cukup sering membintangi berbagai film sukses di Hollywood. Salah satunya adalah film pertama MCU yang berjudul Iron Man, di mana aktor muslim ini berperan sebagai secondary villain sekaligus pemimpin cabang teroris Ten Rings Afganistan bernama Raza Al-Wazar. Dialah orang yang bertanggung jawab dalam penculikan Tony Stark di Afganistan atas perintah villain utama Obadiah Stane. Karakter Raza tewas di tangan Obadiah yang di ending filmnya memutuskan untuk mengenakan armor Iron Monger untuk membunuh Iron Man dengan tangannya sendiri.

Shaun Toub – Ho Yinsen

Masih dengan film yang sama, aktor Shaun Toub yang berperan sebagai Ho Yinsen versi MCU di film Iron Man ternyata merupakan seorang muslim. Sebagai aktor asal Iran yang kini aktif di Hollywood, Toub terbilang berhasil menghidupkan karakter Yinsen yang dikenal sebagai orang pertama yang mendorong Tony untuk menjadi Iron Man. Jika Tony tidak bertemu dengan Yinsen saat diculik oleh Raza, mungkin Iron Man tidak akan pernah terlahir, karena dialah orang yang membantu Tony menciptakan armor Mark I sekaligus menguatkan hatinya agar mau bertahan hidup dan menjadi orang yang lebih baik. Meskipun tewas di film pertama, Yinsen sempat kembali di kisah flashback Iron Man 3.

Kumail Nanjiani – Kingo

Berbeda dari dua aktor sebelumnya yang karakternya sama-sama tewas, karakter Kingo yang dimainkan oleh Kumail Nanjiani di film Eternals justru sampai hari ini masih eksis di MCU. Kingo adalah salah satu Eternal ciptaan Celestial Arishem the Judge yang mempu menembakan energi kosmik dari kedua tangannya. Nah terlepas dari perannya di MCU, Nanjiani terkenal sebagai aktor sekaligus komedian muslim yang lahir di Pakistan dan kini tengah aktif berkarier di Amerika. Meskipun sebagian penggemarnya merasa Nanjiani adalah seorang ateis, tetapi faktanya dalam berbagai sesi wawancara dan penampilan open mic-nya Nanjiani sendiri terbilang tidak malu mengakui bahwa dia bergama Islam.

Arian Moayed – Agent P. Cleary

Arian Moayed adalah aktor muslim yang belum lama ini gabung dengan MCU melalui perannya sebagai agen Departement of Damage Control bernama P. Cleary. Dia pertama kali tampil di film Spider-Man: No Way HomeĀ ketika menginterogasi Peter Parker terkait tuduhan pembunuhan Quentin Beck alias Mysterio. Cleary kemudian sempat tampil juga di tiga episode Ms. Marvel yang tayang di saluran streaming Disney+. Moayed sendiri adalah seorang muslim kelahiran Iran yang sekarang berkarier sebagai aktor, penulis, dan bahkan sutradara di Hollywood.

May Calamawy – Scarlet ScarabĀ 

Selain para aktor, ternyata ada juga aktris muslim yang bergabung dengan MCU, dia adalah May Calamawy yang berperan sebagai Layla El-Faouly di serial Moon Knight. Yang lebih menariknya lagi di ending Moon Knight yang tayang di Disney+, karakter Layla diceritakan menjadi avatar Dewi Taweret, di mana dia memilih Scarlet Scarab sebagai nama superheronya. Sekarang dengan statusnya sebagai salah satu superhero yang eksis di MCU, bukan tidak mungkin Calamawy akan mengulang perannya pada masa mendatang. Calamawy sendiri adalah aktris Mesir-Palestina yang belakangan memang aktif di industri perfilman Hollywood.

Iman Vellani – Ms. Marvel

Kalian mungkin sudah tahu bahwa Iman Vellani adalah aktor muslim yang memerankan superhero muslim pertama di MCU, yaitu Kamala Khan alias Ms. Marvel. Di serial Ms. Marvel sendiri kekuatan super Kamala diceritakan muncul ketika dia mengenakan gelang misterius pemberian neneknya, sejak saat itulah dia bisa memproyeksikan kristal solid berwarna ungu hanya dengan pikirannya.

Sebagai aktris Kanada-Pakistan, Vellani sendiri sempat mengaku sangat senang bisa menjadi perwakilan muslim Amerika di waralaba film raksasa sekelas MCU. Selain Vellani, sebenarnya serial Ms. Marvel sendiri banyak dibintangi oleh aktor muslim lainnya yang memainkan peran minor, termasuk Yasmeen Fletcher, Azhar Usman, dan Nimra Bucha. Ms. Marvel sendiri sebentar lagi dipastikan akan kembali sebagai salah satu karakter utama di film The Marvels, yang akan ditayangkan pada 10 November 2023.

Mahershala Ali – Blade

Terakhir, aktor muslim yang saat ini tengah dipersiapkan untuk terlibat dalam proyek besar MCU adalah Mahershala Ali, pemeran karakter Eric Brooks alias Blade di film solo mendatang. Ali yang memeluk agama Islam sejak berusia 20 tahun ini sebelumnya sempat melakukan cameo suara di credit scene Eternals, ketika karakter Dane Whitman membuka peti berisi pedang kutukan Ebony Blade. Meskipun plot film Blade yang akan tayang pada 6 September 2024 masih dirahasiakan, tetapi di komiknya sendiri cukup jelas bahwa Eric Brooks adalah manusia setengah vampir yang sengaja beraksi pada malam hari agar bisa menghabisi para vampir jahat.

Itulah para aktor MCU yang sampai hari ini masih berstatus sebagai seorang muslim. Tidak seperti pemeran Heimdall di waralaba Thor, yaitu Idris Elba yang tertutup dengan agamanya walaupun lahir dari keluarga muslim, para aktor ini justru secara terbuka mengakui keislamannya. Terlepas dari kadar ketaatan yang menjadi tanggung jawab masing-masing individu, para aktor ini pada umumnya mengaku bangga bisa memberi warna di Hollywood. Mereka semua adalah bukti bahwa keberagaman justru membuat segala sesuatunya lebih menarik dan menyenangkan, termasuk jagat sinema MCU.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.