Justice League adalah tim super DC paling terkenal yang terdiri dari beberapa superhero ikonis seperti Superman, Batman, Wonder Woman, dan lain sebagainya. Meskipun para anggota Justice League berasal berbagai lokasi, bahkan beberapa di antaranya merupakan alien dari luar angkasa, tetapi tim ini justru lebih sering dianggap sebagai wajah superhero Amerika. Hal inilah yang kemudian mendorong DC Comics memperkenalkan tim superhero dari negara lain yang tidak kalah menarik. Salah satunya yang paling populer adalah cabang Justice League dari Tiongkok yang menjadi wajah baru superhero Asia!

Lahir Bersama ‘Super-Man’ Tiongkok

Kemunculan Justice League yang berbasis di Tiongkok ini tidak lepas dari sosok Superman Asia bernama Kong Kenan yang melakukan debutnya di komik New Super-Man (2016). Kenan sendiri awalnya hanyalah seorang remaja arogan yang tidak bisa menerima fakta bahwa ibunya meninggal dunia dalam sebuah kecelakaan pesawat. Kehidupannya mulai berubah setelah Ministry of Self-Reliance Tiongkok menunjuknya sebagai subjek untuk eksperimen ‘Super-Man’ dengan memindahkan energi Qi Kryptonian kepada tubuhnya. Sejak saat itulah dia mulai belajar untuk menjadi seorang superhero yang sesungguhnya.

Dalam proses pencarian jati diri Kenan, pemimpin Ministry of Self-Reliance’ Doctor Omen sengaja memasukan Super-Man ke dalam tim superhero Justice League Tiongkok ciptaan mereka. Di mana di dalamnya sudah terdapat dua superhero lain, Wang Baixi dan Peng Deilan yang identitas superheronya sama-sama terinspirasi dari superhero Amerika juga, yaitu Bat-Man dan Wonder-Woman. Sejak saat itulah anggota tim mereka bertambah dan lebih banyak melakukan misi yang berfokus di Tiongkok dan Korea Utara, salah satunya melawan kelompok pemberontak supervillain yang bernama Freedom Fighters.

Rooster Mirip Justice League Amerika

Terlepas dari berbagai misi yang mereka lakukan di Asia, secara garis besar sebenarnya bisa dibilang Justice League Tiongkok ini tidak punya sejarah yang terlalu menonjol, misalnya melakukan misi luar angkasa atau melawan big bad villain yang ingin menguasai dunia. Walaupun begitu, para anggotanya justru lebih terkenal sebagai individu, di mana banyak penggemar Asia dan bahkan Amerika yang menyukai mereka. Berikut ini para anggota Justice League Tiongkok di DC Universe:

  • Super-Man: Sesuai dengan nama superheronya, karakter bernama asli Kong Kenan ini memang memiliki energi Qi Kryptonian yang mengalir deras dalam tubuhnya. Di kemampuan supernya meliputi kemampuan untuk terbang, kekuatan fisik super, panca indra super, napas es, heat vision, dan semua kelebihan serta keleman Superman para umumnya. Bedanya setelah gurunya mewarisi kekuatan Yin Yang, Super-Man jadi sosok yang menguasai ilmu sihir dan kebal terhadap sihir.
  • Bat-Man: Bernama asli Wang Baixi, Bat-Man dari Tiongkok ini terkenal karena kecerdasannya dalam menciptakan teknologi dan persenjataan canggih. Salah satu senjatanya yang disebut Inhibitor bahkan mampu menggulingkan Super-Man dalam pertemuan pertama mereka. Selain itu Bat-Man juga terkenal mahir bertarung serta sering terlihat ditemani oleh robot sidekick bernama Robinbot.
  • Wonder-Woman: Sama seperti Wonder Woman, Wonder-Woman yang mempunyai nama asli Peng Deilan ini adalah seorang pejuang wanita yang terkenal lebih tangguh dari pria pada umumnya. Faktanya Wonder-Woman adalah siluman Green Snake dari kisah Legend of the White Snake yang berfokus pada sahabatnya. Kemampuan utama Wonder-Woman sendiri adalah keabadian, kekuatan fisik super, dan kemampuan untuk berubah bentuk menjadi ular dengan taring yang sangat mematikan.
  • Flash: Setelah terpapar Speed Force Storm di Kota Central, kota Barry Allen alias Flash, karakter bernama asli Avery Ho ini akhirnya menjadi seorang speedster di DC Universe. Tertarik dengan kekuatannya, Super-Man lantas merekrut Avery Ho untuk menjadi anggota timnya dengan nama superhero yang juga mengambil dari superhero Amerika, yaitu Flash. Secara kekuatan Avery sangat mirip dengan Barry yang terkenal karena kecepatan supernya.
  • Aqua-Man: Anggota Justice League Tiongkok selanjutnya adalah Ahn Kwang-jo alias Dragonson yang juga berasal dari Korea Utara. Dia adalah anak dari King Munmu yang konon dahulu menguasai seluruh kerjaan kuno di Korea. Ketika menyadari silsilah keluarganya, Kwang-jo lantas menggunakan tulang King Munmu untuk berubah menjadi superhero Dragonson yang dapat memanipulasi elemen air, bergerak dengan cepat di dalam air, serta mampu memilik kemampuan penyembuh.

Para rooster Justice League Tiongkok inilah yang kemudian menjadi wajah baru superhero Asia sekaligus menjadi perpanjangan tangan Justice League utama di benua Asia. Bukan hanya identitas mereka saja yang terdengar sama, tetapi secara kekuatan super, mulai dari Super-Man, Bat-Man, Wonder-Woman, Flash, dan Aqua-Man dari Korea Utara ini tidak bisa kita anggap remeh.

Nasib Justice League Tiongkok Sekarang

Karena sering berurusan dengan kelompok Freedom Fighters, Super-Man dan Justice League Tiongkok akhirnya sadar bahwa musuh yang selama ini mereka lawan sebenarnya adalah kelompok pro demokrasi. Di mana Fredoom Fighter justru terinspirasi dari Justice League Amerika, sehingga para anggotanya menggunakan kostum dan identitas super untuk melawan komunis. Nah pada titik inilah Justice League Tiongkok terakhir kali terlihat memutuskan untuk keluar dari Ministry of Self-Reliance yang merupakan bagian dari pemerintah dan memilih untuk berdiri sendiri sebagai tim superhero yang independen.

Sekian pembahasan tentang origin, rooster, dan nasib Justice League Tiongkok sekarang di DC Universe. Meskipun kisah mereka sebagai tim sudah lama tidak dibahas lagi, tetapi eksistensi para anggotanya sudah cukup untuk menjadi bukti bahwa tim Justice League yang menjadi wajah Asia ini masih belum berakhir. Kong Kenan sebagai pemimpinnya senidir terbilang cukup sering terbang ke Amerika dan terlibat dalam peristiwa besar seperti Superman Family yang rilis tahun lalu. Berdasarkan hal tersebut bukan tidak mungkin tim Justice League-nya juga akan kembali suatu hari nanti.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.