Planet Vegeta alias planet Saiya adalah salah satu planet yang jadi rumah bagi bangsa terkuat dalam franchise Dragon Ball, yaitu Saiyan, dan terdapat beberapa Saiyan terhebat yang muncul dari planetnya. Franchise Dragon Ball karya Akira Toriyama menghadirkan berbagai hal yang menarik dalam ceritanya. Salah satunya adalah bangsa Saiyan. Bangsa Saiyan merupakan salah satu bangsa yang ada di franchise ini.

Para Saiyan tersebut diketahui banyak berasal dari planet Vegeta, planet yang menjadi rumah bagi salah satu karakter utama dalam serinya, Vegeta. Bangsa saiyan dikenal sebagai bangsa yang brutal, gemar untuk bertarung, sering menaklukan planet lainnya, dan sebagainya. Kekuatan fisik mereka yang sangat dahsyat juga menjadi salah satu faktor mengapa mereka ditakuti. Terdapat beberapa Saiyan terhebat yang berasal dari planet Saiya. Siapa saja?

Bardock

Jika menyebut nama Saiyan, tentunya sebagian besar orang akan selalu mengingat nama Gohan, Vegeta dan Goku atas kontribusi mereka dalam melindungi Bumi. Tapi sebenarnya ada beberapa Saiyan lain yang memiliki peran penting dalam cerita Dragon Ball. Contohnya adalah Bardock yang merupakan ayah dari Goku. Sebenanya, pada awalnya Bardock bukan merupakan Saiyan terkuat.

Namun, hal ini berubah ketika Dragon Ball Super menghadirkan retcon dari karakternya dalam arc Granolah the Survivor. Dalam arc tersebut diperlihatkan bagaimana Bardock mampu menggunakan kekuatan terbesarnya sebagai Saiyan untuk mengalahkan Gas. Bahkan, Gas sendiri masih trauma dengan kekalahan tersebut saat dia bertarung menghadapi Goku. Sayangnya, memang pada akhirnya Bardock memang tetap harus tewas.

Caulifla

Caulifla pertama kali diperkenalkan dalam cerita Dragon Ball Super, di mana dia bukan berasal dari Universe utama yaitu Universe 7. Caulifla diketahui berasal dari Universe 6 dan menjadi salah satu sosok Saiyan paling kuat di universe tersebut. Caulifla dikenal sebagai Super Saiyan wanita pertama di franchise Dragon Ball yang semakin menambah popularitas dari karakter ini.

Di sisi lain, fakta tentang Caulifla tersebut juga menunjukan jika dia adalah salah satu Saiyan terkuat. Hal ini diperlihatkan dalam momen Tournament of Power yang muncul dalam cerita Dragon Ball Super sebelumnya. Caulifla menjadi salah satu perwakilan dari Universe 6 selain juga Cabba. Banyak fans yang menantikan untuk kembalinya sang karakter dalam cerita.

Kale

Kale merupakan sosok Legendary Saiyan terbaru yang muncul di Universe 6. Sebenarnya, Kale menghadirkan sifat yang berbeda dari Saiyan lain. Dia sangat mirip dengan Goku, di mana perilaku dan sikapnya sangat baik terhadap orang lain. Hal ini membuat rekannya, Cabba, marah dengan hal tersebut. Meskipun begitu, apa yang Kale hadirkan tersebut akan berubah 180 derajat ketika dia berada dalam mode berserk.

Ketika dia berada dalam mode berserk, Kale tidak ubahnya seorang Saiyan lain yang ganas dan brutal serta kuat. Cabba juga kemudian mengajarkan Kale bagaimana mengaktifkan form Super Saiyan. Meskipun pada awalnya sulit, namun pada akhirnya upayanya tersebut berhasil. Kale sendiri bahkan sempat mengaktifkan transformasi Legendary Super Saiyan miliknya saat berhadapan dengan Goku

Cabba

Bukan hanya Caulifla, karakter dari Universe 6 yang masuk dalam daftar Saiyan terhebat dari planet Saiya lainnya adalah Cabba. Dia merupakan seorang Saiyan muda yang sangat mengidolakan Vegeta. Berkat bimbingannya, Cabba membuktikan dirinya mampu menggunakan form Super Saiyan 2. Jika dia memang ingin menjadi petarung yang baik, dia bisa datang ke Universe 7 dan menjadi murid dari Vegeta. Kekuatan Cabba juga diperlihatkan dalam Tournament of Power di cerita Dragon Ball Super yang mana rasanya bisa jadi bukti kedahsyatan dari Cabba.

Vegeta

Sejak debutnya di seri Dragon Ball Z dan kemunculannya kembali di masa sekarang dalam seri Dragon Ball Super, sosok Vegeta selalu digambarkan dengan dua hal: dia adalah perwakilan dari semangat para Saiyan dan juga sosok rival yang menandingi kekuatan Goku. Untuk waktu yang lama, Vegeta nampak menaruh rasa benci yang begitu mendalam terhadap Goku.

Vegeta sendiri merupakan salah satu karakter terkuat dalam franchise Dragon Ball, di mana peningkatan kekuatan yang terjadi kepada karakternya sudah hampir sama dengan sang protagonis utama, Goku. Bukti kedahsyatan dari Vegeta sendiri bisa kita lihat dalam beberapa waktu belakangan di cerita Dragon Ball Super, contohnya ketika dia berhasil membangkitkan Ultra Ego berkat latihannya bersama Beerus.

Goku

Rasanya sudah tidak asing dan tidak aneh jika Goku berada di posisi tinggi dalam daftar ini. Sosok Son Goku dikenal sebagai petarung terkuat di bumi yang diperlihatkan selalu berhasil menjadi penyelamat bagi planet ini. Banyak momen di mana Goku rela mengorbankan dirinya untuk melindungi bumi. Contohnya adalah ketika Goku berhasil melindungi bumi dari serangan Raditz, Vegeta, dan bahkan Cell serta Buu.

Goku memang diketahui merupakan sosok pelindung planet bumi seperti halnya Vegeta. Namun, jauh sebelum itu, Goku sebenarnya berasal dari planet Vegeta. Karena kemudian Bardock tahu jika planetnya akan hancur akibat Frieza, akhirnya dia pun mengirimkan Goku ke bumi. Dan setelah berlatih bersama banyak guru, seperti Master Roshi dan Whis, akhirnya Goku jadi salah satu Saiyan terhebat dari planet Saiya.

Broly

Nama Broly tentunya sudah tidak asing di telinga Geeks semua. Dalam franchise Dragon Ball, para fans mengenal Broly sebagai karakter yang menjadi wajah bagi Legendary Saiyan. Broly dikenal sebagai Super Saiyan Legendaris karena kedahsyatan dari kekuatannya, yang membuat dia menjadi sosok paling kuat di seluruh ras Saiyan. Bahkan, Goku dan Vegeta sendiri pun hampir saja tidak berhasil untuk mengalahkan Broly.

Meskipun awalnya Broly merupakan karakter non-canon, semenjak kemunculannya di film Dragon Ball Super: Broly kini karakternya sudah menjadi bagian dari canon Dragon Ball. Menarik tentunya untuk melihat bagaimana peran dari Broly selanjutnya pasca dia menjadi bagian dari cerita utamanya. Artinya, ada banyak kemungkinan yang bisa saja muncul dari hal ini.

Bangsa Saiyan memang jadi bangsa utama yang muncul dalam cerita Dragon Ball selain juga manusia. Meskipun sebagian besar dari mereka jahat karena senang bertarung, namun kita juga melihat ada sebagian dari mereka yang rela melindungi bumi. Satu hal yang pasti, bangsa Saiyan akan selalu jadi bangsa yang terkuat dan sulit untuk dikalahkan.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.