Transformers adalah salah satu waralaba mutimedia terbesar di dunia yang terbentang dari mulai mainan sampai film live action. Selama puluhan tahun waralabanya juga telah melahirkan banyak robot ikonis yang bisa berubah bentuk menjadi kendaraan atau hewan buas. Menariknya khusus untuk versi hewan buas sendiri, sebentar lagi mereka akan kembali unjuk gigi di film Rise of the Beasts mendatang. Nah, berbicara tentang Beast Transformers, tahukah kalian siapa robot paling pertama dari jenisnya? Dia adalah Onyx Prime yang eksistensinya tidak bisa dipisahkan dari sejarah panjang Transformers!

Onyx Prime, Beast Cybertronian Pertama

Sama seperti para leluhur Cybertronian yang dikenal dengan sebutan Thirteen, Onyx Prime sejatinya adalah satu dari tiga belas Transformers pertama yang langsung diciptakan oleh Primus untuk melawan saudara jahatnya Unicron the Chaos-Bringer. Bedanya dengan Thirteen lain yang biasanya punya satu karakteristik unggulan, Onyx yang bentuknya seperti robot centaur bersayap ini justru digambarkan sebagai Transformers yang karakternya paling seimbang. Hal itu bisa terjadi karena sejak awal Primus memang menciptakannya sebagai ‘Lord of Beasts’ yang mewakili keseimbangan mesin dan alam.

Selain kemunculannya bersama Thirteen yang dimaksudkan untuk memukul mundur Unicron dari Cybertron, kisah Onyx Prime sebernarnya terbilang sangatlah minim. Salah satu kisahnya yang paling heroik dimulai ketika salah satu Thirteen bernama Megatronus berkhianat kepada para saudaranya dan membunuh Solus Prime karena haus akan kekuatan. Tidak lama setelah Megatronus diasingkan dari Cybertron dan nantinya menjadi pendiri Decepticon, Onyx yang merasa sangat dekat dengan Solus pada akhirnya memutuskan untuk menjadi katalis bagi pemakaman Solus di Well of All Sparks.

Onyx Prime sengaja ikut melelehkan dirinya di Well of All Sparks bersama Solus, dengan harapan ke depannya bisa lahir penerus Transformers dengan jenis yang lebih beragam. Dalam prosesnya, pengorbanan Onyx yang bercampur dengan kekuatan dari Thirteen lain seperti Quintus Prime, Alchemist Prime, dan Amalgamous Prime, pada akhirnya memang berhasil melahirkan banyak jenis dan kelompok Cybertronian baru. Khusus untuk sumbangsih Onyx sendiri ditandai dengan lahirnya Predacon dan Maximal, dua kelompok Beast Transformers yang saling berlawanan di era Beast Wars.

Pemilik Artefak Langka Triptych Mask

Sebagai satu-satunya Thirteen yang bisa menyelaraskan diri dengan dunia makhluk hidup dan juga alam roh, Onyx Prime dikenal sebagai Transformers paling spiritual yang pernah ada. Kemampuan ini muncul karena dia mendapatkan artefak yang sangat langka sekaligus luar biasa dari Primus, yaitu Triptych Mask. Artefak berbentuk topeng dengan tiga wajah ini memungkinkan Onyx untuk mengeluarkan rohnya sendiri dan kemudian mengirimnya untuk melintasi ruang dan waktu untuk berkomunikasi dengan makhluk lain melalui mimpi. Hal inilah yang menjadikannya sangat berpengaruh dalam sejarah Transformers.

Yang lebih hebatnya lagi, kombinasi antara kemampuan spritual dan artefak Triptych Mask milik Onyx ini juga memungkinkannya untuk melakukan perjalanan ke akhirat. Di mana dia biasanya memanfaatkan kekuatan yang satu ini untuk melacak Spark atau jiwa dari para Transformers yang telah mati. Setidaknya kekuatan ini terbukti berguna untuk memberi inspirasi kepada makhluk atau Transformers lain, sampai Onyx memutuskan untuk mengakhiri perjalanan hidupnya sendiri dengan melakukan pengorbanan heroik demi masa depan Cyberton dan juga Beast Transformers.

Apakah Onyx akan Muncul Rise of the Beasts?

Meskipun kisahnya sebagai leluhur Beast Transformers terbilang minim, tetapi bukan berarti eksistensi Onyx Prime telah tetelan oleh zaman. Pada kenyataanya banyak di antara keturunannya yang masih terus menghiasai berbagai kisah Transformers, termasuk di film live action Rise of the Beasts mendatang melalui kemunculan Optimus Primal dan kelompok Maximal-nya. Terlepas dari nanti apakah Onyx akan muncul di filmnya atau tidak, tetapi originnya yang kita bahas di atas dapat menjadi penjelasan sederhana mengapa jenis robot Maximal bisa tiba-tiba muncul di film Transformers ketujuh.

Sekian pembabahan tentang sosok Onyx Prime yang dikenal sebagai Beast Tranformers paling pertama dalam sejarah. Selain karakternya yang dianggap paling seimbang dan juga jiwanya yang lebih spritual dari Thirteen lain, sejak awal Onyx Prime memang mempunyai bentuk yang unik dan berbeda dari robot lain. Di mana tampilannya sebagai robot centaur bersayap sudah menjadi tanda awal mengapa akhirnya ada Transformers yang punya bentuk alternatif sebagai hewan buas seperti Maximal dan Predacon.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.