Dalam industri Hollywood mungkin sudah menjadi hal yang cukup lumrah bagi aktor atau aktris yang seharusnya memerankan karakter protagonis dalam sebuah tayangan malah mendapatkan peran sebagai antagonis. Dan yang lebih menariknya lagi, hal seperti ini ternyata pernah terjadi juga di waralaba sepopuler Marvel Cinematic Universe. Mulai dari aktor yang langsung dapatkan peran pengganti di film yang sama, sampai yang harus menunggu untuk di-casting ulang. Berikut ini lima aktor MCU yang incar peran superhero, tetapi pada akhirnya malah menjadi villain. Siapakah mereka? Simak di bawah ini, Geeks.

Tom Hiddleston

Saat ini kita semua mungkin mengenal aktor Tom Hiddleston sebagai Loki, villain yang menjadi anti-hero di MCU. Pertama kali muncul di film Thor (2011), banyak penggemar yang langsung jatuh hati pada karakter Loki yang diperankan Hiddleston. Apalagi setelah dia tampil memukau sebagai dewa licik yang ingin disembah manusia di The Avengers (2012). Namun tahukah kalian bahwa sebenarnya sebelum menjadi Loki, Hiddleston sendiri sempat mengincar peran Thor yang akhirnya jatuh kepada Chris Hemsworth. Untung saja Marvel Studios tahu peran yang tepat untuk Hiddleston, sehingga comeback-nya di Loki season 2 tahun ini menjadi penampilan yang sangat diantisipasi oleh para penggemar MCU.

Sam Rockwell

Aktor MCU selanjutnya yang casting sebagai superhero tetapi malah dapat peran villain adalah Sam Rockwell. Dahulu sebelum Robert Downey Jr. menjadi bintang utama di film Iron Man (2008), sebenarnya sutradara Jon Favreau sempat mempertimbangkan Rockwell untuk peran Tony Stark, yang sempat bekerja sama dengannya di film berjudul Made. Setelah gagal menjadi superhero andalan MCU, Rockwell akhirnya kembali dikontak oleh Favreau untuk memainkan peran miliuner lain di film Iron Man 2 (2010), yaitu villain Justin Hammer yang berhasil ciptakan Arc Reactor sendiri dan juga pasukan Hammer Drones dengan bantuan Ivan Vanko alias Whiplash.

Lee Pace

Jika kalian penggemar tim Guardians of the Galaxy di MCU mungkin kalian sudah tidak asing lagi dengan aktor Lee Pace, pemeran villain Ronan the Accusser yang tampil sangat mengintimidasi di film pertama GOTG (2014). Meskipun karakternya tidak diceritakan secara detail, tetapi Pace telah berhasil menghidupkan karakter Ronan yang merupakan antek Thanos sekaligus Accuser terkuat dari bangsa alien Kree. Siapa sangka di balik perannya yang memukau, ternyata pada saat itu Pace sempat mengikuti castin untuk peran Peter Quill alias Star-Lord. Namun karena Marvel Studios merasa dia lebih cocok tampil sebagai Ronan, akhirnya peran Peter jatuh ke tangan Chris Pratt sampai sekarang.

Jake Gyllenhaal

Tahukah kalian Geeks sebelum Jake Gyllenhaal mendapatkan peran villain Quentin Beck alias Mysterio di film Spider-Man: Far From Home (2019), ternyata bertahun-tahun sebelumnya dia juga sempat mengikuti casting untuk peran superhero MCU. Dengan sejarah panjangnya sebagai aktor yang sering terlibat dalam film kelam seperti Donnie Darko dan Enemy, ternyata Gyllenhaal hampir memerankan karakter Doctor Strange di film solo pertamanya (2016). Namun seperti yang kita tahu pada akhirnya peran Strange justru jatuh kepada Benedict Cumberbatch yang memang lebih cocok memerankan karakternya.

Ethan Hawke

Aktor terakhir yang diketahui sempat dipertimbangkan untuk peran superhero tetapi malah jadi villain MCU adalah Ethan Hawke. Sama seperti Gyllenhaal, ternyata Hawke pernah hampir memerankan karakter Stephen Strange di film Doctor Strange. Hal itu bisa terjadi karena sutradara filmnya, Scott Derrickson, sempat bekerja sama dengannya di film Sinister. Nah alasan Hawke melepaskan peran tersebut adalah karena pada saat itu menurutnya fanbase Doctor Strange masih kecil. Walaupun begitu enam tahun kemudian, Hawke akhirnya memutuskan untuk berperan sebagai villain Arthur Harrow, mantan avatar Dewa Khonsu yang jadi pengikut dewi jahat Ammit di serial Moon Knight.

Itu dia lima aktor yang pernah casting sebagai superhero tetapi malah mendapatkan peran villain di MCU. Tidak bisa dibayangkan bagaimana jadinya jika para aktor ini berhasil mendapatkan peran superheronya, misalnya Rockwell yang menjadi Iron Man atau Hiddleston yang tampil sebagai Thor sampai sekarang. Untungnya hal tersebut tidak pernah terjadi, sehingga kelima aktor ini bisa tampil memukau sebagai karakter villain yang mungkin memang ditakdirkan untuk mereka.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.