Dalam universe Naruto ada berbagai jenis Sharingan yang sudah dihadirkan oleh Masashi Kishimoto dan diketahui memiliki kekuatan yang sangat dahsyat. Doujutsu atau yang bisa diartikan sebagai jurus mata, merupakan Kekkei Genkai khusus yang tidak bisa dimiliki oleh semua ninja. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi seorang ninja memiliki Doujutsu contohnya seperti keturunan.

Masing-masing Doujutsu memiliki fungsi dan kegunaannya masing-masing. Mereka juga memiliki kekuatan dan keunikannya masing-masing. Dari sejumlah Doujutsu yang ada, salah satu yang sangat populer di kalangan fans adalah Sharingan. Doujutsu milik klan Uchiha ini diketahui merupakan yang terkuat. Dan ada beberapa jenis Sharingan yang ada dalam ceritanya. Apa saja?

Sharingan

Sharingan juga merupakan Doujutsu “klasik” yang rasanya hampir semua orang mengenalnya. Sharingan merupakan Kekkei Genkai yang diturunkan oleh Hagoromo Otsutsuki kepada salah seorang anaknya yaitu Indra. Keturunan Indra, yaitu klan Uchiha, merupakan penerus dari Doujutsu ini. Sharingan ini akan aktif ketika seorang Uchiha merasakan kepedihan dan kehilangan yang sangat mendalam.

Sharingan mampu menjadi sebuah senjata yang mematikan. Sharingan mampu membaca gerakan musuh, menirukan jutsu musuh, dan jika tingkatannya sudah tinggi penggunanya bisa mengunci dan mengurung musuhnya di sebuah dunia atau dimensi dan kemudian menyiksanya sampai tidak sadarkan diri. Sharingan sendiri memiliki beberapa tingkatan, tergantung dari titik atau tomoe di matanya. Satu adalah jumlah yang paling sedikit dan paling dasar, sedangkan tiga adalah tingkatan paling tinggi. Dan butuh hal luar biasa untuk kemudian membangkitkan masing-masing tomoe tersebut.

Mangekyo Sharingan

Setelah seorang Uchiha berhasil menguasai Sharingan, mereka memiliki kesempatan untuk menguasai jenis Sharingan lainnya yaitu Mangekyo Sharingan. Mangekyou Sharingan adalah peningkatan dari doujutsu Sharingan. Ketika seseorang menggunakan atau mengaktifkan Mangekyou Sharingan, tampilan bola matanya akan berubah dan berbeda dari Sharingan biasa.

Selain tampilannya akan berubah, pengguna dari Mangekyou Sharingan juga akan memiliki sebuah kekuatan yang sangat dahsyat. Itachi dan Sasuke Uchiha adalah dua contoh nyata dari karakter yang memiliki kekuatan dahsyat Mangekyo Sharingan. Ketika mengaktifkan Mangekyou Sharingan mereka bisa menggunakan kekuatan dahsyat Susasnoo dan digunakan dalam pertempuran besar. Selain itu terdapat juga jurus Amaterasu, Kotoamatsukami, dan teleportasi Kamui.

Eternal Mangekyo Sharingan

Eternal Mangekyo Sharingan adalah bentuk evolusi atau peningkatan terakhir dari Doujutsu Sharingan. Ini adalah tingkatan paling tinggi dari Doujutsu tersebut. Namun, untuk bisa mengaktifkan Doujutsu dahsyat ini tidaklah sembarangan. Karena, seorang Uchiha perlu melakukan transplantasi Mangekyo Sharingan milik orang lain terhadap dirinya. Dalam universe Naruto sendiri hanya ada dua karakter yang memiliki Doujutsu ini.

Mereka adalah Madara dan Sasuke Uchiha. Madara mendapatkan Doujutsu ini setelah melakukan transplantasi Mangekyo Sharingan milik Izuna Uchiha. Sedangkan, Sasuke mendapatkan Doujutsu tersebut setelah melakukan transplantasi Mangekyo Sharingan milik Itachi. Ciri-ciri dari Eternal Mangekyo Sharingan biasanya bisa dilihat dari bentuk atau pola di pupil karakternya. Dan jika mereka terlalu sering menggunakannya, resiko kebutaan bisa saja terjadi.

Rinnegan

Rinnegan merupakan salah satu dari tiga Doujutsu legendaris, selain Sharingan dan Byakugan. Berbeda dengan Byakugan dan Sharingan, Rinnegan merupakan sebuah Doujutsu yang sangat langka. Rinnegan hanya bisa didapatkan oleh seseorang yang pernah mendapatkan chakra dari klan Otsutsuki dan keturunannya atau menggabungkan Sharingan dengan sel Hahsirama.

Karena Doujutsu ini langka, kekuatannya pun benar-benar sangat dahsyat. Ketika penggunanya mengaktifkan Rinnegan, dia bisa menguasai lima elemen chakra, mengendalikan daya tarik bumi, dan yang paling dahsyat adalah pengguna Rinnegan bisa mengendalikan tubuh orang lain. Hal luar biasa lainnya dari Rinnegan adalah mampu membuka jalan menuju dimensi yang lain atau menyerap chakra dari tubuh musuh.

Rinnesharingan

Rinnesharingan adalah jenis Sharingan yang paling kuat sekaligus Doujutsu yang juga paling mengerikan selain Rinnegan. Hal ini karena Rinnesharingan memiliki kekuatan yang bukanhanya mampu mengendalikan satu atau puluhan orang, melainkan seluruh penghuni bumi atau planet lain. Doujutsu ini pertama kali dimiliki oleh Kaguya Otsutsuki setelah dia mengonsumsi buah Chakra.

Selain Kaguya, orang yang menjadi Jinchuuriki bijuu ekor 10 juga bisa mengaktifkan Kekkei Genkai khusus ini contohnya adalah Madara Uchiha. Kekuatan epik yang bisa dilakukan oleh pengguna Rinnesharingan adalah Mugen Tsukuyomi, di mana seluruh penduduk sebuah planet akan terkena Genjutsu dahsyat tanpa terkecuali. Sepintas Rinne Sharingan ini seperti gabungan antara Sharingan dan juga Rinnegan, namun terdapat sembilan tomoe di mata tersebut dan posisinya ada di dahi penggunanya.

Berbagai jenis sharingan ini memang sangat luar biasa, di mana jadi salah satu bukti epik dari klan Uchiha dan juga dunia shinobi dalam universe Naruto. Saat ini, Sarada jadi satu-satunya karakter yang diketahui memiliki Sharingan dalam cerita Boruto: Naruto Next Generation. Apakah kemudian dia akan mengalami peningkatan seperti sang ayah? Kita nantikan saja ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.