Mudik atau pulang kampung memang menjadi salah satu tradisi yang selalu dinanti-nanti oleh sebagian besar masyarakat Indonesia, tanpa terkecuali saat Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran tahun ini. Dengan adanya jadwal cuti bersama yang dimulai hari ini banyak orang Indonesia yang memanfaatkan momen satu tahun sekali ini untuk mudik bersama keluarga. Nah, mengingat perjalanan mudik yang tidak sebentar dan cenderung dibarengi dengan kemacetan, kali ini kita akan merekomendasikan sepuluh film menarik di saluran streaming Netflix yang bisa kalian tonton sambil mudik. Check this out, Geeks!

Expedition Happiness

Jika kalian mencari film Netflix tentang perjalanan panjang yang mirip seperti mudik, maka Expedition Happiness adalah pilihan yang tepat. Film dokumenter yang cukup populer ini mengikuti petualangan pasangan Jerman dan seekor anjingnya yang melakukan perjalanan darat menggunakan bis tua yang telah dimodifikasi agar lebih nyaman. Perjalanan yang mereka lakukan ini terbilang sangat panjang sekaligus seru, karena mereka harus melintasi Amerika Utara, termasuk Amerika, Meksiko, dan Kanada. Yang menarik adalah kita bisa melihat banyak pemandangan indah sepanjang perjalanan mereka, di mana hal tersebut mungkin akan membuat kita bersyukur juga karena bisa mudik tahun ini.

The Magician’s Elephant

Dari dokumenter sekarang kita beralih ke film animasi The Magician’s Elephant yang baru saja tayang di Netlix bulan lalu dan sangat cocok ditonton bersama keluarga saat mudik. Diadaptasi dari novel berjudul sama karya Kate DiCamillo, film bergenre fantasi ini berfokus pada seorang anak yatim piatu bernama Peter yang ingin mencari adiknya yang hilang. Di mana dalam prosesnya dia lantas diharuskan untuk melakukan tiga tugas sulit agar bisa bertemu terlebih dahulu dengan gajah ajaib yang kelak bisa mengabulkan permintaannya. Filmnya sendiri terbilang sangat menyenangkan sekaligus menyentuh untuk kita saksikan.

Chupa

Satu lagi film baru yang bisa kita tonton sambil mudik bersama keluarga adalah film original Netflix berjudul Chupa. Film bergenre fantasi dan petualangan ini bercerita tentang seorang anak bernama Alex yang memutuskan untuk pulang kampung sekaligus berlibur di rumah kakeknya yang berada di Meksiko. Siapa sangka ternyata kunjungannya ini justru malah mempertemukannya dengan anak dari makhluk mitos Chupacabra yang kemudian dia beri nama Chupa. Pada titik inilah Alex yang mulai menganggap Chupa sebagai keluarganya harus melindungi Chupa dari ilmuwan jahat yang ingin memburunya. 

Hunger

Hunger adalah salah satu film baru Thailand yang belakangan ini santer dibicarakan oleh para penggemar Netflix. Tayang sejak tanggal 8 April kemarin, Hunger bercerita tentang perjuangan koki kaki lima bernama Aoy yang awalnya menjalankan restoran mie keluarganya di Bangkok. Kehidupannya mulai berubah setelah dia mendapatkan undangan untuk bergabung dengan tim koki mewah Hunger yang dipimpin oleh chef yang terkenal sangat tegas. Intrik dan juga ‘politik’ di dapur yang berusaha disampaikan oleh film baru Netflix ini membuat kisah Aoy layak untuk kita nikmati sambil mudik.

Murder Mystery 2

Meskipun tidak berfokus pada kisah tentang keluarga dan juga perjalanan seperti film lain yang ada di daftar ini, tetapi sekuel Murder Mystery ini cocok untuk kalian yang ingin menonton film teka-teki menegangkan. Murder Mystery 2 berfokus pada pasangan detektif Nick dan Audrey yang baru saja mendirikan agensi detektif swasta sendiri. Saat temannya Maharaja diculik, mereka mau tidak mau harus menjadikan kasus temannya ini untuk kembali bertugas sebagai duo detektif profesional yang akan melangsungkan investigasi internasional. Durasinya yang kurang dari dua jam membuat film Netflix ini cukup ringan untuk ditonton saat mudik.

Mencuri Raden Saleh

Dari film-film luar negeri sekarang kita bahas juga deretan tayangan menarik versi Indonesia, dimulai dengan film Mencuri Raden Saleh yang saat ini tengah populer di saluran streaming Netflix. Film drama aksi yang dibintangi Iqbaal Ramadhan, Angga Yunanda, Rachel Amanda, Umay Shahab, Aghniny Haque, dan Ari Irham ini bercerita tentang komplotan anak muda yang mendapatkan tugas untuk mencuri lukisan legendaris karya Raden Saleh yang berjudul ‘Penangkapan Pangeran Diponegoro’. Trik dan aksi pencurian berencana di dalamnya membuat film Netflix Indonesia ini bisa menjadi pilihan tontonan saat mudik.

Cek Toko Sebelah 2

Sebagai film bioskop Indonesia yang baru saja dirlis ulang di saluran streaming Netflix, Cek Toko Sebelah 2 layak untuk kita tonton saat mudik bersama keluarga. Alasannya film sekuel garapan Ernest Prakarsa ini berfokus pada kisah keluarga yang mungkin relate dengan masyarakat Indonesia pada umumnya. Ada dua premis menarik dari film ini yang mungkin akan sering ditanyakan juga saat bertemu sanak saudara saat Lebaran nanti. Yang pertama adalah Erwin yang menemui kendala dari mertuanya saat ingin melamar kekasihnya dan yang kedua adalah desakan Koh Afuk yang ingin anak pertamanya Yohan segera memiliki anak.

Qorin

Qorin adalah film horor Indonesia yang belum lama ini tayang di saluran Netflix dan menjadi pilihan yang cukup menarik untuk ditonton saat mudik. Plot film Qorin sendiri terbilang cukup ringan untuk diikuti, dimulai dari sekelompok wanita yang melakukan ritual Qorin sampai akhirnya mendatangkan jin yang berusaha mengambil alih tubuh mereka dan melakukan hal-hal jahat dengannya. Meskipun ringan, adegan penampakan dan kesurupan di filmnya yang terlihat cukup nyata justru mungkin akan membuat kita terus melek dan merasa segar jika menonton Qorin sambil mudik.

Ngeri-Ngeri Sedap

Ngeri-Ngeri Sedap adalah film bioskop tahun lalu yang baru saja tayang di saluran streaming Netflix. Film yang mempunyai judul Inggris ‘Missing Home’ ini pada dasarnya bercerita tentang pasangan suami istri, Pak Domu dan Mak Domu, yang pura-pura hendak bercerai agar anak-anak mereka yang sudah lama merantau merasa harus mudik ke kampung halamannya. Kisah yang sedikit banyak relate dengan perjalanan mudik Lebaran tahun 2023 ini menjadikan film drama Indonesia di Netflix ini sangat layak untuk ditonton saat mudik bersama keluarga. Ada banyak pesan menyentuh tentang pentingnya berkumpul bersama keluarga saat kita tengah disibukan dengan perantauan di kota.

Mighty Morphin Power Rangers: Once & Always

Terakhir, tayangan Netflix yang cocok untuk ditonton saat mudik adalah Mighty Morphin Power Rangers: Once & Always yang dibintangi oleh sebagian besar pemeran aslinya pada tahun 1990-an. Film ini dapat menjadi nostalgia yang menyenangkan apalagi jika ditonton dengan keluarga yang dahulu tidak lepas dari tayangan Mighty Morphin Power Ranger di RCTI. Tayang perdana mulai hari ini, film original Netflix ini dimaksudkan untuk merayakan ulang tahun ke-30 serialnya, di mana nantinya para Ranger akan kembali bertarung melawan Rita Repulsa dan para anteknya yang jahat.

Itulah sepuluh rekomendasi film Netflix yang bisa kita tonton saat mudik, entah di rest area bersama keluarga atau bahkan mungkin di kereta. Pilihan yang terbentang dari berbagai genre dan juga negara ini dimaksudkan agar kita tidak bosan selama melakukan perjalanan mudik. Dan yang terpenting adalah membuat setiap kilometer dari perjalanan kita tetap menyenangkan, sampai akhirnya bisa berkumpul bersama keluarga tercinta di kampung halaman dengan perasaan bahagia.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.