DC Comics ternyata memberikan berbagai kisah origin yang menarik dari karakter Superman yang mungkin belum banyak orang-orang ketahui. Sosok Kal-El alias Superman menjadi salah satu karakter primadona dari DC Comics, selain juga beberapa karakter lain seperti Batman, Wonder Woman, Green Lantern, dan sebagainya. Superman adalah salah satu karakter yang kemudian jadi wajah bagi DC Comics.

Sejak pertama kali diperkenalkan, karakter Superman sudah memiliki banyak sekali cerita menarik. Hal ini berkat banyaknya penulis yang kemudian membuat dan menghadirkan cerita Superman, termasuk mengenai kisah origin karakternya. Beda penulis, maka akan beda juga kisah origin dan hal lainnya. Terdapat berbagai kisah origin Superman terbaik yang pernah dihadirkan dalam komiknya. Apas aja?

Action Comics #1, Superman #1, #53, dan Superman #146

Geeks mungkin familiar dengan kisah origin dari Superman, di mana dia berasal dari planet Krypton yang hancur dan kemudian kedua orang tuanya mengirim Kal-El ke bumi. Di sini, dia kemudian dirawat oleh keluarga Kent dan tumbuh serta berkembang menjadi sosok yang kita kenal sekarang. Ini memang adalah kisah origin pertama yang dihadirkan oleh DC Comics untuk karakter Superman.

Pertama kali muncul di Action Comics #1 komiknya hanya menghadirkan satu halaman tentang kisah origin Superman. Dalam komiknya mereka hanya menjelaskan jika Superman berasal dari planet yang jauh yang sudah hancur dan kemudian tiba di bumi. Dia kemudian dirawat di sebuah panti asuhan dan mengembangkan kekuatan supernya sejak bayi.

Namun, ada perubahan yang dihadirkan dalam Superman #1, di mana terungkap jika nama planetnya adalah Krypton dan Kal-El ditemukan oleh keluarga Kent dan tidak berakhir di panti asuhan. Kemudian, dalam volume #53 yang ditulis oleh Bill Finger dan #146 yang ditulis oleh Otto Binder kemudian diperlihatkan bagaimana pihak DC Comics menghadirkan cerita lengkap lainnya dari Superman.

Superman: Year One

Salah satu kisah origin Superman yang dianggap cukup menarik. Seperti halnya sosok Batman, komik Superman: Year One memperlihatkan bagaimana cerita awal mula perkembangan karakter Superman menjadi sosok pahlawan besar. Dalam cerita komiknya, Clark Kent benar-benar jadi sosok “dewa” diantara para manusia yang sama sekali tidak memiliki kekuatan super.

Meskipun begitu, secara perlahan Clark mulai belajar banyak bagaimana menjadi sosok pahlawan yang baik. Berbeda dengan versi Batman, alur ceritanya memang lambat dan diketahui banyak momen atau hal kontroversial yang muncul. Misalnya, bagaimana kemudian Clark bergabung dengan pihak militer. Dia kemudian juga jatuh cinta dengan penghuni Atlantis dan bertemu dengan Batman.

Superman: Earth One

Diperkenalkan pertama kali pada 2010 komik Superman: Earth One ditulis oleh J. Michael Straczynski dan Shane Davis. Ini adalah salah satu kisah origin dari Superman yang berasal dari realita alternatif, yaitu Earth One. Dalam komik ini, kita akan melihat fokus utama ceritanya yaitu sosok Clark Kent muda yang hidup di wilayah Metropolis. Namun, ada fakta menarik yang muncul.

Di komiknya juga diperlihatkan bagaimana justru pihak pemerintah Amerika takut dan khawatir dengan sosok Superman. Bahkan, mereka memutuskan untuk bergabung atau bekerja sama dengan Zod untuk menghancurkan Superman. Meskipun tidak memperlihatkan alur cerita yang berkaitan dengan alasan mengapa Superman bisa jadi spesial, namun menarik melihat orang-orang justru takut terhadap Superman.

Superman: New 52

Ditulis oleh Grant Morrison dan Rags Morales, sosok Superman di New 52 Action Comics sempat dibenci oleh para fans. Terlepas dari hal tersebut, kisah origin Superman dalam New 52 sebenarnya tidak berubah banyak dari versi yang kita ketahui. Namun, Grant Morrison kemudian menghadirkan beberapa perbedaan alur cerita pasca Clark menjadi sang pahlawan.

Dalam hal ini, Clark Kent muda benar-benar mendedikasikan dirinya sebagai jurnalis dan menjadi pahlawan bagi para kaum pekerja. Dia coba untuk melindungi mereka dan membongkar berbagai kasus atau skandal yang melibatkan berbagai perusahaan besar. Ini yang kemudian membuat Superman kemudian begitu dicintai oleh orang-orang dan juga sosok Superman yang disukai oleh para fans.

Superman: Speeding Bullets

Apa jadinya jika dua karakter epik yaitu Superman dan Batman kemudian menyatu dalam satu tubuh? Seperti apa sosok karakter tersebut? Inilah yang kemudian dihadirkan dalam komik Superman: Speeding Bullets yang ditulis oleh J.M. DeMatteis pada 1993. Ini adalah salah satu kisah origin Superman di realita alternatif lainnya, tepatnya dalam realita Elseworld.

Dalam komik ini diceritakan ketika Kal-El jatuh ke bumi dia justru jatuh di wilayah Gotham dan ditemukan oleh keluarga Wayne, bukan keluarga Kent. Thomas dan Martha memanggilnya dengan nama Bruce dan bukan Clark. Saat kedua orang tua angkatnya dibunuh, Bruce menggunakan heat vision miliknya untuk membakar Joe Chill. Dengan kekuatan tersebut, Bruce pun kemudian memutuskan untuk menjadi seorang pembasmi kejahatan ketika dia tahu jika angka kejahatan di kota Gotham terus meningkat.

Man of Steel

Kisah origin dari Superman yang dihadirkan di era 1930an saat karakternya pertama kali diperkenalkan memang tidak pernah dirubah oleh pihak DC Comics selama 50 tahun. Namun, hal ini berubah pasca event fenomenal yaitu Crisis on Infinite Earths. Mereka memberikan perubahan detail terhadap kisah origin Superman sebelumnya. Misalnya, Lex Luthor bukan lagi seorang ilmuwan gila.

Dalam cerita Man of Steel karya John Bryne, dia kemudian memberikan perubahan terhadap sosok Lex di mana dia adalah seorang pebisnis. Kisah origin Superman di komik ini juga dirubah di mana Clark tidak menghadirkan kekuatan Superman miliknya sampai usianya remaja. Hal ini membuat para fans kemudian melihat perkembangan Clark sebagai pahlawan dari remaja hingga dewasa. Dan alur cerita dari John Bryne ini yang kemudian masih digunakan sampai era modern sekarang.

Superman: The Dark Side

Selain Speeding Bullet, ada versi lainnya dari kisah origin Superman versi Elseworld yang juga memiliki cerita yang hampir mirip dengan cerita tersebut. Dalam komik Superman: The Dark Side karya John Francis Moore dan Kieron Dwyer diperlihatkan bagaimana Kal-El tidak jatuh di wilayah bumi saat diselamatkan ayahnya. Dia justru mendarat di planet Apokolips yang jadi markas dari Darkseid.

Diurus dan dirawat Darkseid membuat Superman kemudian diangkat menjadi salah satu New Gods dari planet tersebut. Superman versi ini menggunakan kostum berwarna hitam, lengkap dengan helm dan senjata khas planet Apokolips. Tidak lupa juga dengan simbol ‘S’ di dadanya yang lebih mirip seperti lambang petir. Ini adalah salah satu contoh kisah origin Superman yang mengerikan dari DC Comics.

Superman: Four All Seasons

Komik ini dianggap menghadirkan salah satu kisah origin terbaik dari Superman. Komik Superman: For All Seasons adalah sebuah miniseri yang ditulis oleh John Bryne. Jumlah volumenya sendiri hanya ada empat. Yang kemudian membuat kisah origin ini unik adalah John Bryne menghadirkan kisah origin dari komik Man of Steel. Namun, kemudian para pembaca diajak untuk melihat sisi lainnya.

Dalam hal ini dari keempat volume komiknya, masing-masing komik tersebut menghadirkan cerita dari sudut pandang empat orang berbeda; Lana Lang, Lex Luthor, Lois Lane, dan Jonathan Kent. Bagaimana para fans diajak melihat sosok Superman dari sudut pandang empat orang berbeda menjadi hal yang membuat para fans menganggap komik ini sangat luar biasa.

Superman: Birthright

DC Comics memberikan kesempatan kepada Mark Waid dan Leinil Francis Yu untuk kemudian menghadirkan kisah origin Superman yang baru dalam komik Superman: Birthright. Sebenarnya, ini merupakan salah satu cerita lain dari Elseworld namun karena banyak fans menyukai ceritanya justru mereka menganggap jika ini adalah cerita canon yang baru.

Sebenarnya, premis utama dari komik Superman: Birthright tidak berbeda jauh dari apa yang dihadirkan dalam komik Man of Steel. Namun, yang kemudian jadi pembedanya adalah dalam komik Birthright diperlihatkan jika Jonathan Kent justru lebih menginginkan sang anak untuk tidak menjadi Superman dan pahlawan super yang kita kenal. Dia justru ingin Clark menyembunyikan kekuatannya dan tetap menunjukan sikapnya sebagai manusia biasa dan membaur dengan yang lain.

Superman: Red Son

Superman versi USSR? Dalam komik Superman: Red Son hal tersebut benar-benar terjadi. Sama seperti Superman dalam komik The Dark Side, dalam komik Red Son diceritakan jika Kal-El tidak jatuh di wilayah Amerika, melainkan di Ukraina. Dia tumbuh di sana dan kemudian berubah menjadi penguasa wilayah USSR. Dengan Superman yang menjadi pemimpin USSR, negara tersebut menjadi makmur dan maju.

Tapi, dengan Superman mampu mengawasi seluruh dunia artinya dia bisa mengawasi gerak-gerik setiap orang. Jika ada pemerintah atau warganya yang mencoba untuk berbuat kejahatan, tentunya mereka akan berhadapan langsung dengan Superman. Ada cara untuk menghukum para “penjahat” tersebut, yaitu Superman menjadikannya budak yang disebut ‘Superman Robots’. Meskipun pada akhirnya Superman menyerahkan kekuasaannya, warisan dari kekuasaannya dulu merubah sejarah dunia dalam cerita tersebut.

Meskipun kisah origin dari Supermah sudah sangat menarik dan bahkan banyak menginspirasi banyak karya modern lain, ternyata DC Comics juga menghadirkan berbagai cerita lainnya. Hal ini tentunya menghadirkan keunikan tersendiri bagi karakter Superman. Dan dengan karakter Superman yang masih terus menjadi karakter ikonik dari DC Comics, bukan tidak mungkin akan ada kisah origin baru lainnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.