Sejak pertama kali diceritakan pada tahun 1941, Steve Rogers alias Captain America sudah sangat terkenal sebagai simbol keadilan dan patriotisme Amerika di Marvel Universe. Ciri khasnya yang selalu muncul dengan lambang bintang di dada dan juga dibekali dengan perisai andalannya yang sangat kuat, telah membuat Captain America makin disukai oleh penggemar di seluruh dunia. Menariknya, sama seperti karakter lain di komik DC/Marvel yang tidak luput dari praktek saling tiru-meniru, ternyata DC juga punya lima Captain America versi mereka sendiri yang dimaksudkan untuk menarik lebih banyak penggemar!

Golden Guardian (1942)

Tiruan Captain America paling pertama di DC Universe adalah superhero klasik bernama Golden Guardian yang debut tepat tiga belas bulan setelah Jack Kirby menciptakan Steve Rogers. Pada saat itu tim kreatif DC yang dipimpin oleh Jim Harper bahkan sampai menambahkan sejumlah elemen yang membuatnya makin mirip dengan superhero Marvel tersebut. Mulai dari sama-sama mempunyai perisai andalan yang sangat kuat, punya sidekick muda yang disebut Newsboy Legion layaknya Bucky Barnes, sampai cerita kebangkitan pada masa modern yang membuatnya terkenal di dua era DC, entah itu sebagai superhero veteran atau sebagai anggota baru Justice League.

Commander Steel (1978)

Hank Heywood alias Commander Steel adalah simbol partriotisme Amerika di DC Universe yang pertama kali muncul pada akhir 1970-an. Sama seperti Captain America, superhero DC ini juga merupakan seorang prajurit yang memiliki kekuatan fisik super, kehebatan bertarung, keberanian, dan juga jiwa kepemimpinan yang sangat bisa diandalkan. Yang menarik adalah walaupun kostum steinless steel-nya memiliki warna dasar merah, bukan biru seperti Captain America, tetapi lambang di dada kedua superhero ini sama-sama mewakili bintang yang sering terlihat juga pada bendera Amerika. Cukup jelas bahwa Commander Steel adalah salah satu Captain America di semestanya.

General Glory (1991)

Karakter DC selanjutnya yang punya banyak kemiripan dengan Captain America adalah General Glory. Sejak pertama kali diperkenalkan di komik Justice League, General Glory memang sengaja dibuat mirip seperti Captain America yang terkenal punya jiwa patriotisme dan heroik, bedanya karakter bernama asli Joseph Jones ini punya idealisme buta yang terkadang membuatnya tampak egois. Dia juga mempunyai seorang sidekick muda bernama Ernie The Battling Boy yang sangat mirip dengan Bucky. Dari penampilannya, General Glory bahkan sama-sama mempunyai kostum dengan warna dasar biru, putih, serta garis-garis merah seperti bendera Amerika.

Super-Soldier (1996)

Super-Soldier sejatinya merupakan salah satu superhero dari semesta gabungan DC dan Marvel yang disebut Amalgam, di mana origin dan penggambaran karakternya terinspirasi dari Superman dan Captain America. Karakter bernama asli Clark Kent ini diceritakan sebagai seorang super soldier pada era Perang Dunia II yang kekuatannya berasal dari gabungan DNA manusia dan kryptonian. Hasilnya dia seperti terlahir kembali sebagai sosok yang memiliki kekuatan fisik lebih superior dari manusia biasa. Dalam setiap petualangannya Super-Soldier juga sering terlihat membawa perisai Superman, yang secara tidak langsung mempertegas kemiripannya dengan Captain America

American Crusader (2014)

Jack alias American Cursader sejatinya memang sengaja diciptakan oleh DC sebagai tiruan Captain America yang eksis di semesta parodi Marvel yaitu Earth-8. Secara penampilan mungkin America Crusader memang tidak terlihat mirip, tetapi dari segi karakter dia sama-sama dikenal sebagai pemimpin dari tim superhero Retaliators yang semua anggotanya merupakan parodi Avengers. Selain itu American Crusader juga mempunyai sebuah perisai energi yang akan muncul ketika dibutuhkan. Yang lebih menariknya lagi dialah sosok yang akan berteriak duluan ketika timnya akan bertempur dengan para villain, layaknya Captain America yang sering meneriakan “Avengers Assemble!”

Itulah lima karakter di DC Universe yang sering dianggap sebagai tiruan Captain America. Meskipun memiliki cukup banyak kesamaan dalam penampilan dan bahkan kepribadian, untungnya masing-masing karakter tersebut tetap memiliki ciri khas dan keunikannya tersendiri. Yang pada akhirnya membuat mereka menjadi karakter yang tetap menarik untuk diikuti ileh para penggemarnya. Dari kelima karakter ini mana yang menurut kalian paling ‘Captain America’, Geeks?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.