Hagrid adalah salah satu karakter yang berpengaruh di sekolah Hogwarts, namun dia sempat diusir dari sekolah tersebut karena sebuah alasan. Franchise Harry Potter memang menghadirkan banyak sekali karakter yang memorable bagi para fans. Misalnya trio karakter utama; Harry, Hermione, dan Ron. Kemudian, sosok Draco Malfoy, Voldemort, dan masih banyak lainnya.

Salah satu karakter yang juga menarik adalah Hagrid. Hagrid adalah salah satu karakter yang cukup berpengaruh dalam franchise Harry Potter, di mana bahkan dia yang kemudian memperkenalkan Harry terhadap dunia sihir di awal filmnya. Yang menarik adalah Hagrid diketahui sempat diusir dari Hogwarts. Lalu, apa yang kemudian alasan Hagrid harus diusir dari Hogwarts?

Tugas Hagrid di Hogwarts

Ada banyak teka-teki dan misteri dari sosok Hagrid dalam franchise Harry Potter, yang mana filmnya sendiri jarang memberikan informasi mengenai hal tersebut. Meskipun begitu, Hagrid adalah salah satu karakter favorit para fans. Dia merupakan salah satu guru di Hogwarts yang mengajar Care of Magical Creatures. Hagrid akan mengajarkan para murid berbagai jenis hewan-hewan eksotik dan mengerikan yang ada di dunia sihir.

Pada 1993, Hagrid kemudian diangkat menjadi Professor ketika Silvanus Kettleburn memutuskan untuk pensiun. Salah satu momen mengajar Hagrid diperlihatkan dalam film Harry Potter and the Prisoner of Azkaban di mana dia hendak mengajarkan tentang hippogriffs. Namun, hal tersebut gagal untuk dilakukan ketika Draco Malfoy justru bertindak kurang baik terhadap Buckbeak yang merupakan salah satu dari hippogriffs.

Hagrid pun kecewa dan sedih dengan apa yang terjadi pada saat itu. Bahkan, yang ironisnya adalah sang ayah dari Draco Malfoy, Lucius Malfoy, yang bekerja di Kementrian Sihir kemudian mengetahui peristiwa itu. Mereka pun memutuskan untuk melakukan eksekusi mati terhadap Buckbeak, yang mana untungnya trio protagonis utama kemudian berhasil menyelamatkannya.

Hagrid juga merupakan sosok yang sangat penting dalam warisan sekolah Hogwarts, di mana Hagrid adalah sosok yang memperkenalkan Harry dengan dunia sihir. Hal ini diperlihatkan dalam film pertama Harry Potter, di mana Hagrid yang mengajak Harry ke Diagon Alley untuk membeli berbagai perlengkapan sekolahnya di Hogwarts. Hagrid juga merupakan sosok pelindung dan mentor yang baik, apalagi bagi trio protagonis utama.

Mengapa Hagrid Diusir Dari Hogwarts

Meskipun Hagrid sudah jadi bagian dari warisan sejarah sekolah sihir Hogwarts, namun ada masa di mana dia justru dianggap melakukan kesalahan besar. Efek dari hal tersebut Hagrid akhirnya harus diusir dari Hogwarts. Asal-usul mengenai alasan Hagrid diusir dari Hogwarts ini dibahas dalam cerita Harry Potter and the Chamber of Secrets, di mana Hagrid “difitnah” oleh sosok Tim Riddle alias Voldemort.

Saat itu, Hagrid berada di tahun ketiganya bersama dengan sosok Tom Marvolo Riddle alias Voldemort. Hagrid kemudian ditemukan sedang bersama dengan Aragog. Ternyata Tom Riddle yang menjadi dalang dari semua kejadian mengerikan tersebut. Tom sengaja ingin membuat Hagrid berada dalam masalah dan juga dia ingin menyakiti sosok Hagrid. Ini bukan hanya menjadi penjelasan mengapa kemudian Hagrid bisa diusir dari Hogwarts.

Bagaimana kemudian Tom Riddle alias Voldemort jadi dalang dari semua itu memberikan gambaran seberapa jahat dan mengerikan sang penguasa kegelapan tersebut. Pihak sekolah pun akhirnya menganggap Hagrid sudah melakukan tindakan kejahatan dengan mengeluarkan laba-laba raksasa tersebut dari Ruang Rahasia (Chamber of Secrets). Binatang tersebut sangat mengerikan dan berbahaya yang dianggap bisa menyakiti murid-murid lain.

Selain diusir dari Hogwarts, Hagrid bahkan harus dikurung di penjara Azkaban. Beruntung, Hagrid kemudian bisa bebas dari Azkaban berkat Harry Potter yang berhasil mengalahkan Basilisk di Chamber of Secrets. Tom Riddle sendiri kemudian diperlihatkan menghilang pasca kejadian tersebut dan tidak diketahui lagi apa yang terjadi selanjtunya sebelum kemudian dia menjadi sosok Voldemort.

Akhir Nasib Hagrid

Kisah menyentuh kemudian diperlihatkan di akhir franchise Harry Potter. Dalam akhir cerita Harry Potter and the Deathly Hallows, diperlihatkan bagaimana 19 tahun sudah dilewati pasca Harry Potter berhasil mengalahkan Voldemort. Hagrid sendiri diketahui kembali mengajar di Hogwarts. Dalam salah satu adegan yang cukup menyentuh, Hagrid kemudian diperlihatkan minum teh di pondok miliknya.

Dia tidak sendirian, namun ditemani oleh Albus Severus Potter, yang merupakan putri dari Ginny Weasley dan Harry Potter. Momen emosional ini seolah membawa kembali ingatan dari hubungan antara Harry dan juga Hagrid pada masa lalu. Satu hal yang pasti, akhir nasib dari Hagrid sendiri saat ini jauh lebih baik dan menyenangkan di mana dia sudah seutuhnya menjadi bagian dari warisan Hogwarts dan membantu generasi penyihir selanjutnya untuk berkembang.

Meskipun begitu, kabar buruk muncul pada 2022 kemarin di mana sang aktor pemeran Hagrid, Robbie Coltrane, diberitakan meninggal dunia. Namun, dalam dokumenter Harry Potter 20th Anniversary: Return to Hogwarts, Coltrane sempat mengatakan bahwa meskipun dalam 50 tahun kedepan anak-anak atau generasi selanjutnya masih akan bisa melihat sosok Hagrid. Bagaimana menurut kalian tentang karakter Hagrid Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.