Meskipun menjadi pahlawan yang sudah menyelamatkan dunia lebih dari sekali, tetapi Tony Stark telah membuat banyak kesalahan yang menyebabkan orang-orang di sekitarnya harus mengalami bahaya. Beberapa tindakan itu dilakukan secara sengaja, dan adalagi tidak disengaja. Sikapnya yang angkuh juga terkadang membuat orang lain merasa sakit hati dengannya. Meski mendapat gelar “pahlawan”, tetapi ternyata Tony Stark juga pernah menciptakan villain, meski tidak secara langsung. Siapa saja villain yang diciptakan oleh Tony Stark? Simak berikut ini Geeks!

Aldich Killian

Aldrich Killian adalah villain utama yang di hadapi Tony Stark dalam film Iron Man 3. Karakternya diperankan oleh Guy Pearce, dan dialah ilmuwan yang menciptakan sebuah program yang disebut Extremis, yang dapat memberikan kemampuan regenerasi dan kekuatan yang sangat besar kepada orang yang menerima program itu. Dan dengan program itu, Killian menciptakan pasukan supernya untuk membuat teror. Sadar atau tidak, Killian menjadi jahat akibat ulah Tony Stark yang mencampakkannya ketika Killian meminta Tony Stark untuk bergabung dengan penelitiannya. Dan setelah penolakan itu, Killian membencinya dan berniat menjadikan penelitiannya sebagai senjata untuk menjatuhkan Tony.

Ultron

Berbeda dari komik, Ultron di MCU diciptakan oleh Tony Stark dan Bruce Banner. Awalnya Ultron dibuat untuk membantu umat manusia dalam berbagai tugas. Namun Ultron menyadari bahwa ada yang salah di Bumi dan memandang manusia sebagai ancaman. Ultron lalu berniat menghancurkan umat manusia bersama pasukannya. Karena itulah Ultron menjadi villain utama dalam film Avengers: Age of Ultron, di mana Avengers harus menghancurkannya sebelum Ultron benar-benar membinasakan umat manusia. Meskipun Tony membuat Ultron karena ketakutannya yang luar biasa dari serangan dari luar angkasa, tetapi justru itu mengancam umat manusia.

Wanda & Pietro Maximoff

Wanda & Pietro Maximoff berasal dari Sokovia. Keduanya menaruh dendam yang teramat sangat kepada Tony Stark karena kedua orangtuanya meninggal di hadapan mereka akibat sebuah rudal buatan Stark Industries. Jadi secara tidak langsung, Tony Stark dan keluarganya lah yang menciptakan transformasi Wanda & Pietro menjadi villain. Keduanya kemudian bergabung dengan Hydra dan menjadi sukarelawan dalam sebuah eksperimen untuk meningkatkan kemampuan mereka. Dan kebencian Wanda dan Pietro terhadap Tony Stark mendorong keduanya untuk menjadi tangan kanan Ultron dan menciptakan kerusakan masif, meski pada akhirnya keduanya menyadari bahwa itu adalah kesalahan.

Quentin Beck

Dalam film Spider-Man: Far From Home, kita dikenalkan dengan seorang villain bernama Quentin Beck alias Mysterio yang diperankan Jake Gyllenhaal. Awalnya, Beck bekerja di Stark Industries untuk mengembangkan teknologi holografik. Namun Beck menjadi sangat marah ketika Stark mengganti teknologi yang dia ciptakan menjadi B.A.R.F (Binally Augmented Retro-Framing), sebuah alat penyembuh trauma. Karena marah kepada Tony, Tony kemudian memecat Beck dengan alasan Quentin Beck memiliki masalah emosional. Karena masih dendam, Quentin Beck bekerjasama dengan mantan karyawan Stark lainnya yang juga merasa dikecewakan untuk membuat teknologi baru dan menjadi villain bernama Mysterio.

Adrian Toomes

Mungkin Geeks lebih mengenalnya sebagai Vulture, yang menjadi jahat setelah perusahaan miliknya tersingkir oleh Damage Control, sebuah perusahaan milik Tony Stark. Yap, perusahan milik Adrian kehilangan kontrak untuk membersihkan sisa-sisa pertempuran di New York. Adrian kemudian mulai mencuri teknologi Chitauri yang tersisa di Bumi, dan menjadikannya sebagai senjata yang bisa dia jual di pasar gelap. Karena perusahaannya gulung tikar akibat Tony Stark, Adrian menjadi sangat membenci Tony Stark. Pasalnya itu mempengaruhi pendapatan dan mata pencahariannya sehingga akhirnya dia memutuskan menjadi jahat dengan menjual senjata dan menjadikannya sebagai villain di Spider-Man: No Way Home.

Baron Zemo

Baron Zemo yang diperankan oleh Daniel Bruhl sangat membenci Avengers karena dia kehilangan keluarganya setelah pertempuran Avengers melawan Ultron terjadi di Sokovia. Meski berhasil mengalahkan Ultron, Zemo kecewa dengan tidak adanya pengakuan atas kesalahan yang dilakukan Avengers. Alih-alih dimintai pertanggungjawaban atas tindakan Avengers yang memicu pertempuran di Sokovia, Avengers justru dianggap sebagai pahlawan. Karena Ultron adalah upaya Tony untuk menempatkan banyak pasukan Iron Man di seluruh dunia, kematian keluarga Zemo dan tindakan jahatnya adalah hasil dari keputusan Tony yang salah arah.

Itulah dia Geeks beberapa villain yang secara tidak langsung diciptakan oleh Tony Stark. Secara tidak langsung, apa yang Tony lakukan membuat para villain ini lahir dan membuat masalah besar di MCU. Di antara para villain tersebut, mana yang menjadi favorit kalian Geeks?

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/