Star Wars adalah salah satu waralaba film sci-fi paling populer di seluruh dunia. Sejak pertama kali merilis film pertamanya pada tahun 1977, kini Star Wars telah mempunyai banyak sekuel, prekuel, spinoff, dan sejumlah tayangan serial yang semua kronologisnya saling tumpang tindih sampai membentuk timeline yang cukup rumit. Sekarang melalui acara Star Wars Celebration, presiden Lucasfilm Kathleen Kennedy baru saja memberikan penjelasan terkait timeline resmi Star Wars Universe yang mencakup sembilan era dari setiap kisah canon yang berlangsung sampai hari ini. Apa saja? Simak di bawah ini, Geeks!

Dawn of the Jedi

Timeline Star Wars Universe dimulai dengan era Dawn of the Jedi yang berlangsung sekitar 25.000 tahun sebelum peristiwa di film Star Wars: Episode I – The Phantom Menace. Pada titik ini dunia dan galaksinya belum seluas sekarang, di mana sejumlah orang baru pertama kali menyadari kekuatan mistis Force sampai akhirnya ada satu orang yang merangkul kekuatan tersebut dan menjadi Jedi pertama yang menggunakan Protosaber dalam sejarah Star Wars. Nah menariknya dalam acara Star Wars Celebration, telah diumumkan juga bahwa sutradara James Mangold akan mulai mengembangkan film baru yang berfokus pada era yang melahirkan kelompok Jedi Order ini.

The Old Republic

The Old Republic merupakan era selanjutnya di timeline Star Wars Universe yang terjadi sekitar 4000 tahun sebelum The Phantom Menace. Salah satu kisah yang berlangsung pada era ini adalah peristiwa di Star Wars: The Old Republic yang dirilis dalam versi game, novel, dan komik. Di gamenya sendiri diceritakan bahwa pada era ini banyak Jedi yang memutuskan keluar dari Jedi Order dan menjadi seorang Sith, salah satunya adalah Darth Malak dan Darth Revan. Menurut legenda, pada era inilah banyak para pengguna Force yang mulai beralih dari pedang tradisional Protosaber ke Lightsaber yang dianggap lebih efektif dan efisien seperti yang kita lihat dalam kisah Star Wars pada umumnya.

The High Republic

Era ketiga yang juga terjadi pada timeline lampau Star Wars Universe adalah The High Republic. Berdasarkan komik Star Wars yang berjudul The High Republic, era ini dimulai setelah runtuhnya Old Republic yang terbentang sekitar 350 tahun sebelum The Phantom Menace. Salah satu kisah penting yang terjadi pada era ini adalah peristiwa The Great Disaster yang menceritakan pertempuran epik antara ‘Viking Luar Angkasa’ yang disebut Nihil dengan sekelompok Jedi yang terus berusaha mengaja keseimbangan galaksi. Serial live action mendatang yang berjudul The Acolyte dipastikan akan berlangsung pada era The High Republic ini, tepatnya sekitar satu abad sebelum The Phantom Menace.

Fall of the Jedi

Nah setelah daritadi kita menyinggung film The Phantom Menace, sekarang waktunya kita masuk ke era yang menjadi salah satu bagian penting di timeline Star Wars Universe yaitu Fall of the Jedi. Bagi yang belum tahu, era ini sebelumnya lebih kita kenal sebagai The Clone Wars, di mana Galactic Republic dengan pasukan kloning Stormtrooper-nya tengah bertempur melawan pasukan droid dari Confederacy of Independent Systems. Era yang diceritakan di ‘trilogi prekuel’ The Skywalker Saga ini berfokus pada perubahan Jedi tangguh Anakin Skywalker menjadi salah satu Sith paling ditakuti yaitu Darth Vader. Di film trikuelnya Revenge of the Sith, Republic juga diceritakan runtuh karena intrik Palpatine.

Reign of the Empire

Runtuhnya Republic secara tidak langsung telah memulai era baru di timeline Star Wars Universe yang disebut Reign of the Empire. Pada era yang berlangsung sebelum ‘trilogi utama’ The Skywalker Saga ini Palpatine alias Darth Sidious yang dibantu Darth Vader mulai mendirikan Galactic Empire dan membangun senjata penghancur planet, Death Star, yang menjadi kekuatan utama dalam politik serta propaganda mereka di galaksi. Selain itu era ini juga menandai terlahirnya Rebel Alliance yang berusaha melawan tirani Galactic Empire, seperti di film Rogue One: A Star Wars Story, serial Obi-Wan Kenobi, The Bad Batch, dan juga Andor yang season keduanya tengah dikembangkan.

Age of the Rebellion

Age of the Rebellion adalah era di mana trilogi utama The Skywalker Saga berlangsung pada timeline Star Wars Universe secara keseluruhan. Selain bercerita tentang perang antara Galactic Empire melawan Rebel Alliance, di film Star Wars: Episode IV – A New Hope inilah untuk pertama kalinya kita diperkenalkan pada karakter ikonis seperti Luke Skywalker, Leia Organa, dan Han Solo. Di mana mereka berhasil membantu Rebel Alliance untuk menghancurkan Death Star. Kemudian film trikuelnya yang berjudul Return of the Jedi menceritakan kekalahan Palpatine dan Galactic Empire sekaligus mengungkap bahwa selama ini Darth Vader adalah ayah Luke dan Leia.

The New Republic

Sesuai dengan namanya, The New Republic adalah era di mana Galactic Empire digantikan oleh pemerintahan baru yang dianggap dapat mengembalikan kedamaian galaksi. Salah satu era penting di timeline Star Wars Universe ini sekarang bisa dibilang tengah dieksplor melalui banyak tayangan MandoVerse, seperti The Mandalorian yang saat ini tengah menayangkan season ketiganya, The Book of Boba Fett, serta serial mendatang Ahsoka dan Skeleton Crew. Tanpa disadari oleh banyak orang, sebenarnya pada era ini pecahan dari Galactic Empire masih berupaya untuk bangkit, di mana sebagian besar tokohnya berusaha menyusup ke dalam New Republic setelah mendapatkan pengampunan.

Rise of the First Order

Rise of the First Order adalah era di timeline Star Wars Universe yang diceritakan secara utuh melalui ‘trilogi sekuel’ The Skywalker Saga. Di mana penerus Empire berhasil kembali bangkit dan mencoba berkuasa melalui sejumlah tokoh berbahaya, termasuk Snoke, Sith baru bernama Kylo Ren, Jenderal Hux, dan Captain Phasma. Pada titik ini mereka berhasil menghancurkan pusat pemerintahan New Republic’ Hosnian Prime dengan versi terbaru dan terbesar Death Star yang disebut Starkiller Base. Di film trikuelnya yang berjudul The Rise of Skywalker, Kylo akhirnya bertobat dan mengorbankan diri agar Rey Skywalker bisa mengalahkan Palpatine yang ternyata masih hidup dan menjadi dalang di balik First Order.

New Jedi Order

Era terkahir di timeline Star Wars Univese adalah New Jedi Order yang sampai hari ini masih belum ada tayangan yang menceritakan kisah di dalamnya. Namun, dalam pengumuman terbaru Star Wars Celebration terungkap bahwa film mendatang Star Wars yang dikembangkan oleh Sharmeen Obaid-Chinoy akan berfokus kembali pada karakter Rey Skywalker yang berusaha membangkitkan kembali Jedi Order baru. Mengingat Kylo telah mati, untuk saat ini hanya Rey satu-satunya yang diketahui mempunyai kekuatan Force, kemungkinan dia akan pergi berkeliling galaksi untuk mencari calon Jedi lainnya yang disebut Padawan.

Sekian penjelasan tentang sembilan era di timeline Star Wars Universe. Dengan ini setidaknya kita sudah tidak perlu bingung lagi dengan urutan kronologi dari kisah atau tayangan Star Wars. Karena cukup dengan mengetahui eranya, kita seharusnya sudah bisa menyimpulkan letak dari sebuah kisah Star Wars, entah itu film, serial, komik, novel, bahkan game yang dianggap sebagai canon dari keseluruhan ceritanya.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.