Sudah bukan hal aneh jika ukuran para Transformers sangat besar, namun ada beberapa Transformers yang dianggap memiliki ukuran tubuh paling besar bahkan ukurannya melampaui planet. Transformers merupakan salah satu franchise terbesar dan paling sukses. Ceritanya sendiri berfokus pada robot hidup yang mirip seperti manusia yang tinggal di luar planet bumi.

Bukti kesuksesannya sendiri adalah bagaimana Transformers ini sudah muncul di berbagai medium seperti komik, game, dan bahkan film layar lebar. Salah satu hal yang jadi ciri khas para robot ini, selain kemampuan mereka menjadi kendaraan atau benda lain, adalah ukuran mereka yang besar. Meskipun begitu, ada beberapa Transformers yang ukurannya paling besar dibandingkan yang lainnya. Siapa saja mereka?

The One

Transformers paling besar yang pertama adalah The One. Mungkin, banyak dari Geeks yang tidak setuju akan hal ini. Namun, faktanya, dialah sosok dewa pencipta dari para Transformers seperti namanya. The One merupakan sosok dewa atau tuhan yang sudah ada bahkan sebelum alam semesta di cerita Transformers ada. Dia yang kemudian menciptakan dua Transformers awal; Primus dan Unicron.

The One juga merupakan entitas yang melihat dan memperhatikan perkembangan alam raya tersebut, serta mengendalikan kegelapan dan keteraturan. Karena itulah, wajar jika kemudian The One menjadi Transformers yang paling besar yang pernah ada dalam sejarah.

Unicron

Transformers paling besar selanjutnya adalah Unicron. Dia dianggap sebagai sosok “Galactus” dalam franchise Transformers, karena kegemarannya untuk menghancurkan dan menyerap energi planet yang ada di multiverse tersebut. Selain itu, Unicron juga dianggap sebagai pembawa kekacauan akibat hal tersebut. Dia diketahui memiliki ukuran tubuh yang bahkan melampaui ukuran planet.

Berapa ukuran pasti dari diameter atau besar Unicron memang tidak pernah disebutkan, namun kasarnya sendiri diameter sebuah planet bisa mencapai 1.000 kilometer lebih. Sedangkan, Unicron sendiri diduga memiliki diameter yang mencapai lebih dari 100.000 kilometer. Dalam beberapa iterasi, seperti Transformers The Movie, Jazz pernah berada di salah satu bagian mata dari Unicron. Bahkan, mata dari Unicron jauh lebih besar dari Hot Rod kapal milik Quintesson.

Primus

Jika Unicron adalah pembawa kekacauan, maka Primus adalah Transformers yang diciptakan untuk membasmi kekacauan tersebut. Dalam ceritanya, Primus adalah saudara dari Unicron yang memang sengaja diciptakan untuk menandingi dan menghentikan Unicron sang raja kegelapan. Dalam ceritanya juga diperlihatkan bagaimana setelah dia berhasil mengalahkan Unicron, Primus berubah wujud menjadi Cybertron.

Primus adalah Transformers paling besar kedua setelah Unicron. Dan lagi-lagi tidak ada ukuran canon atau ukuran resmi berapa diameter dari Primus, meskipun spekulasi di kalangan fans menduga jika diameternya sama seperti planet Jupiter. Dibandingkan dengan Unicron, memang ukuran tubuh dari Primus berada satu tingkat di bawahnya. Namun, tetap saja ukuran tubuh Primus sama seperti sebuah planet.

Metrotitan

Dikenal sebagai “Titan Pertama” dalam franchise Transformers, Metrotitan adalah Transformers paling besar selanjutnya. Hal ini wajar karena Metrotitan masuk kategori Cityformers, yang artinya tubuhnya bisa berubah menjadi sebuah kota tempat tinggal para penduduk Cybertron. Diameter dari Metrotitan sendiri diciptakan oleh Violen Jygar di satelit planet Saturnus, yaitu Titan.

Diameter dari Metrotitan sendiri dispekulasikan mencapai kurang lebih 3 kilometer. Yang menarik adalah dalam cerita Transformers versi IDW, terdapat dua versi dari Metrotitan. Pertama adalah Metrotitan yang menjadi bagian dari Decepticon, sedangkan yang lainnya adalah Metroplex yang jadi bagian dari Autobots. Terlepas dari adanya dua versi tersebut, Metrotitan tetap diyakini sebagai salah satu Transformers paling besar.

Fotress Maximus

Selain Metrotitan, Cityformers atau Transformers yang mampu berubah menjadi kota dalam daftar ini adalah Fortress Maximus. Dia merupakan salah satu robot terbesar yang bergabung dengan Autobots. Bentuknya sendiri mirip seperti sebuah gedung bangunan pencakar langit yang besar dan mampu untuk berubah wujud menjadi robot raksasa. Dalam series animasi Generation 1, Fortress Maximus pernah bertarung melawan Scorponok.

Pertarungan tersebut memperlihatkan jika Scorponok memiliki ukuran yang hampir mirip seperti Forress Maximus. Namun, untungnya, Fortress Maximus memiliki pengalaman bertarung dan persenjataan yang jauh lebih unggul. Berbicara mengenai ukuran tubuh Forress Maximus, dispekulasikan diameternya tidak berbeda jauh dari Metrotitan dengan angkanya mencapai 3 kilometer.

Omega Supreme

Salah satu Transformers paling besar lainnya di kelompok Autobots adalah Omega Supreme. Dibandingkan dengan Fortress Maximuss, memang diameter dari Omega Supreme berada di bawahnya di mana dispekulasikan mencapai 800 meter. Meskipun begitu, Omega Supreme adalah salah satu pejuang tangguh dan bahkan dianggap yang paling kuat.

Omega Supreme dianggap sebagai benteng terakhir dari para Autobots, yang mana dengan semua reputasinya banyak Decepticons kuat yang takut terhadap Omega Supreme misalnya Starscream. Hal ini wajar mengingat Omega Supreme adalah mantan salah satu Guardian Robots yang merupakan kelompok robot pelindung dari planet Cybertron. Dan Omega Supreme adalah salah satu yang masih bertahan.

Metroplex

Seperti yang disebutkan di poin sebelumnya, terdapat dua versi dari Metrotitan dalam alur cerita yang dihadirkan oleh IDW. Pertama adalah Metrotitan dan kedua adalah Metroplex. Kedua Transformers ini sama-sama merupakan Cityformers, dengan perbedaan sisi yang mereka bela. Jika Metrotitan berada di pihak Decepticons, maka Metroplex sudah sejak lama ada di pihak Autobots.

Dia bahkan diketahui merupakan salah satu pemimpin atau komandan dari kelompok Autobots dan akan aktif sebagai robot ketika Megatron muncul. Selain perbedaan pihak yang dibela, Metroplex juga memiliki ukuran tubuh yang berbeda dari Metrotitan. Jika diameter tubuh Metrotitan mencapai 3 kilometer, maka diameter tubuh dari Metroplex berada di bawahnya yaitu sekitar 800 meter.

Transformers merupakan salah satu cerita robot yang epik dan juga luar biasa. Dengan sejarah panjang kemunculannya, banyak hal-hal menarik yang kemudian dihadirkan sejauh ini di franchisenya. Salah satunya adalah terdapat beberapa Transformers yang memiliki ukuran tubuh melebihi planet. Namun, yang perlu jadi catatan adalah ukuran angka di atas bukan angka yang pasti karena sejauh ini tidak pernah ada informasi canon mengenai angka tersebut.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.