Spider-Verse adalah sebuah istilah yang merujuk pada cerita lintas dimensi yang menggabungkan berbagai Spider-Man dari universe berbeda. Cerita ini pertama kali muncul dalam komik pada tahun 2014, dan kemudian diadaptasi menjadi sebuah film animasi di tahun 2018 dengan judul Spider-Man: Into the Spider-Verse. Dalam Spider-Verse, berbagai karakter Spider-Man dari berbagai universe, termasuk versi wanita, dan bahkan versi hewan, bersatu melawan ancaman.

Dan tidak lama lagi, kita akan kembali menyaksikan kisah Spider-Verse, yang diperlihatkan dalam film Spider-Man: Across the Spider-Verse. Dalam film tersebut, Spider-Man versi Miles Morales menjadi karakter utamanya. Dia dibantu dengan beberapa Spider-Man lain untuk mengalahkan sang villain utama yaitu The Spot. Meski Spider-Verse versi film animasinya masih akan terus berlanjut, tetapi sepertinya Spider-Verse akan berakhir di komiknya.

Baru-baru ini, Marvel sepertinya telah mengakhiri cerita Spider-Verse dalam komik terbaru mereka berjudul Spider-Man #7. Komik itu ditulis oleh Dan Slott dan diilustrasikan oleh John Dell, Andrew Hennessy, dan Edgar Delgado. Komiknya sendiri melanjutkan kisah yang dihadirkan dalam Spider-Man #6, di mana Silk alias Cindy Moon menusuk Morlun dengan Totem Dagger, sebuah senjata yang dapat menghapus keberadaan umat manusia.

Hasilnya, semua pahlawan Spider-Verse yang sebelumnya dibunuh oleh Morlun dibangkitkan kembali dan realitas baru tercipta. Arana pun menggambarkan bahwa kejadian itu mereset ulang semuanya. Dan dalam Spider-Man #7, para pahlawan dari seluruh Spider-Verse tiba di Earth-616. Setelah bergabung bersama untuk mengalahkan Shathra, para pahlawan kemudian berkumpul kembali dan mendiskusikan bagaimana mereka bisa kembali ke dunia masing-masing. Silk kemudian ditunjuk sebagai pemimpin baru dari Spider-Verse setelah dia dinyatakan sebagai ‘the chosen one” alias sosok yang terpilih di edisi sebelumnya.

Dan menariknya, ada pertemuan Silk dan Peter Parker, di mana keduanya meluangkan waktu sejenak untuk berbicara. Peter menegaskan kembali status kepemimpinan baru Silk, sambil juga menyatakan sudah waktunya baginya untuk memulai peralanan waktu. Tak lupa Peter juga mengatakan bahwa ini adalah akhir dari Spider-Verse. Kita nantikan aja ya Geeks cerita apalagi yang dihadirkan Marvel Comics tentang Spider-Verse nanti.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/