Spider-Man: Across the Spider-Verse atau Spider-Verse 2 adalah film animasi mendatang yang akan kembali bercerita tentang petualangan Miles Morales di multiverse. Berdasarkan apa yang terlihat di trailer terbarunya cukup jelas bahwa nantinya Miles akan bertemu dengan puluhan bahkan mungkin ratusan Spider-People, termasuk Spider-Man 2099 alias Miguel O’Hara yang bertindak sebagai pemimpin mereka. Yang menarik adalah pada salah satu cuplikan di trailer Spider-Verse 2, Miguel sempat menyinggung nama Doctor Strange dan Spider-Man MCU sebagai penyebab masalah multiverse. So, mari kita bahas, Geeks!

Petunjuk di Trailer Baru Spider-Verse 2

Petunjuk mengenai hubungan Doctor Strange dan Spider-Man MCU dengan Spider-Verse 2 bisa kita dengar sekilas ketika Miguel O’hara tengah berbicara dengan nada serius kepada Miles Morales. Trailernya sendiri dimulai dengan Gwen yang memperkenalkan lobi Spider-Verse kepada Miles dan mengungkapkan bahwa yang menjalankan semuanya adalah Miguel. Nah ketika Miles mengatakan bahwa dia ingin menjadi bagian dari ‘Spider Team’, Miguel justru langsung menolaknya dan malah menyinggung peristiwa besar MCU yang terjadi di film Spider-Man: No Way Home.

“Jangan memaksaku untuk membahas [masalah] Doctor Strange dan kutu buku (Peter Parker) di Earth-199999 (MCU),” kata Miguel pada Miles di trailer Spider-Verse 2. Dari sini bisa kita simpulkan bahwa Miguel mengetahui kejadian di No Way Home. Di mana permintaan Peter kepada Strange untuk menghapus ingatan orang lain tentang identitas rahasianya, justru malah membuka portal multiverse. Meskipun pada akhirnya masalah tersebut berhasil diselesaikan, tetapi dari sudut pandang Miguel ternyata hal tersebut telah menyebabkan masalah multiverse yang sangat berbahaya.

No Way Home Mengguncang Multiverse

Jika kalian sudah menonton No Way Home, pasti kalian sudah tahu seperti apa serunya peristiwa multiverse di petualangan terbaru Spider-Man MCU tersebut. Semuanya bermula dari kegagalan Strange dalam merapal mantra larangan, yang pada akhirnya malah menarik orang-orang yang mengenal ‘Peter Parker’ di multiverse ke MCU, termasuk dua Spider-Man lain bersama para villain seperti Green Goblin, Doc Ock, Sandman, Electro, Green Goblin, dan Lizard. Pada pertempuran finalnya, Strange yang merasa bertanggung jawab harus memulangkan mereka semua sekaligus menutup portal multiverse.

Menariknya sebelum filmnya berakhir, kita sempat diperlihatkan pada portal raksasa di langit Amerika yang menampilkan siluet para karakter yang berhubungan dengan Peter Parker dari berbagai media. Setelah portalnya tertutup mungkin Doctor Strange dan Spider-Man sempat merasa bahwa peristiwa multiverse tersebut sangatlah berbahaya bagi MCU. Namun dengan terungkapnya pernyataan Miguel di trailer terbaru Spider-Verse 2, faktanya justru mungkin sebaliknya, di mana peristiwa MCU tersebut secara tidak langsung telah mengguncang seluruh multiverse sampai dicap masalah besar oleh Miguel.

Alasan Miguel cukup jelas karena semua karakter yang mengenal Peter, baik yang sudah mengetahui eksistensi multiverse maupun tidak, jadi bersinggungan di sebuah peristiwa sama yang disebabkan oleh Doctor Strange dan Spider-Man di MCU. Bisa kita bayangkan betapa paniknya Miguel yang menjalankan lobi Spider-Verse setelah mengetahui masalah tersebut. Secara off-screen pada saat itu mungkin dia melakukan segala upaya agar tidak ada lagi karakter yang mengenal Peter Paker masuk MCU. Dari sinilah Miguel tidak ingin lagi ada masalah dan kejadian yang sama terulang di Spider-Verse 2.

Jadi Masalah Miles dan Para Spider-People

Selain menyinggung peristiwa besar yang disebabkan oleh Doctor Strange dan Spider-Man di MCU, trailer Spider-Verse 2 juga telah mengisyaratkan masalah yang akan dihadapi oleh Miles Morales di filmnya nanti. Di mana dia menjadi buruan Miguel dan para Spider-People karena dianggap terlalu egois dengan keputusannya sendiri. “Semua orang terus memberitahu bagaimana kisahku yang seharusnya. Tidak, aku akan melakukannya dengan caraku sendiri,” ungkap Miles. kalimat tersebut terdengar seperti keegoisan Spider-Man dan Doctor Strange di MCU yang sempat tidak mau mendengarkan saran orang lain.

Nah di Spider-Verse 2 nanti mungkin akan ada kejadian yang membuat Miles ingin melakukan sesuatu dengan caranya sendiri, tanpa memperhitungkan konsekuensinya seperti di peristiwa No Way Home. Misalnya dia mungkin ingin membangkitkan ayahnya yang terlihat terjatuh dari ketinggian di trailernya atau sebagainya. Lagi-lagi dari sudut pandang Miguel hal ini justru malah berpotensi menciptakan masalah yang sama atau bahkan mungkin lebih besar dari peristiwa multiverse sebelumnya MCU. Itulah mengapa Miguel terlihat sangat marah dan menyuruh yang lain menangkap Miles.

Sekian pembahasan teori tentang Doctor Strange dan Spider-Man di MCU yang tercatat telah menyebabkan masalah multiverse di Spider-Verse 2. Nah Miles yang tidak tahu betapa besarnya konsekuensi yang harus dibayar karena keegoisannya, sepertinya akan mengulang masalah yang serupa. Sehingga mau tidak mau Miguel alias Spider-Man 2099 harus menghentikannya sebelum terlambat. Bagaimana menurut kalian, Geeks? Kita lihat saja nanti seperti apa keseruannya saat filmnya dirilis tanggal 2 Juni mendatang.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.