Aktor yang berbeda pendapat dengan sutradara maupun studio memang sering kita jumpai. Sudah banyak aktor yang menyerukan penolakan besar ketika mereka melakukan syuting filmnya. Tentu saja penolakan itu terjadi untuk memastikan filmnya berakhir dengan baik, meski ujung-ujungnya membuat adanya perseteruan antara para kru. Ada beberapa aktor yang ternyata juga pernah menolak untuk menggunakan CGI. Siapa saja aktor yang menolak CGI? Simak berikut ini Geeks!

Jason Statham

Jason Statham terkenal sebagai bintang yang enggan berada di film yang banyak menggunakan CGI. Bahkan dia secara terang-terangan membenci berbagai proyek MCU. Pada tahun 2015, Statham pernah mengejek ketergantungan CGI yang berlebih kepada proyek-proyek MCU dengan mengatakan, “Saya bisa membawa nenek saya dan mengenakan jubah, dan mereka (Marvel) akan menempatkannya di layar hijau dan mereka akan melakukannya. Pemeran pengganti kemudian datang dan melakukan semua aksi.” Bahkan lebih jauh, Statham mengatakan siapapun bisa memerankan superhero. Sepertinya film dengan banyak CGI tidak akan memikat Statham untuk membintanginya.

Tom Cruise

Ketika Tom Cruise dipilih untuk kembali beraksi di film kedua Top Gun, dia kesulitan membayangkan bagaimana membuat film kedua. Tetapi Tom Cruise ingin membuat film tersebut terasa otentik secara sinematik dan menolak penggunaan CGI. Tom Cruise mengaku bahwa dia sangat bersemangat karena tertantang membuat film tanpa CGI. “Dan saya mulai bersemangat dengan tantangan besar ini. Bagaimana kita melakukannya? Jadi saya berkata kepada Jerry (produser), ‘saya akan melakukannya jika…’ Artinya saya tidak akan melakukannya dengan CGI.” Apa yang dilakukan Tom Cruise pun pada akhirnya sukses besar.

Jet Li

Pada tahun 1999, Jet Li pernah diajak bergabung dalam film The Matrix, dan beradu akting dengan beberapa aktor lainnya seperti Keanu Reeves, Laurence Fishburne dan Carrie Ann-Moss. Namun Jet Li menolak tawaran itu karena pihak studio akan menggunakan banyak CGI kepada karakter yang diperuntukan untuknya yaitu Seraph. “Saya berpikir, saya telah melatih seluruh hidup saya. Dan kami ahli bela diri hanya bisa bertambah tua. Padahal mereka bisa menampilkan gerakan asli saya. Jadi saya bilang saya tidak bisa melakukan itu.” Meski Jet Li tidak membintangi film The Matrix yang sukses besar, tetapi dia mendapat film penggantinya yaitu Hero, yang juga sempat merajai box office di Amerika Serikat.

Michael Jackson

Raja Pop legendaris satu ini ternyata juga bukan pecinta CGI. Yap Michael Jackson sebenarnya sangat menyukai Star Wars dan pernah menawarkan diri untuk memerankan Jar Jar Bink untuk beberapa film yang menampilkan karakter itu. Namun Michael Jackson meminta bahwa dia bisa memerankan karakter itu dengan cara yang sepraktis mungkin yaitu tanpa CGI. Jackson meminta agar dirinya mendapat riasan sedemikian rupa agar mirip seperti Jar Jar Bink. Tetapi sepertinya Lucasfilm sudah menetapkan caranya sendiri di mana mereka menggunakan CGI sepenuhnya untuk karakter itu. Michael Jackson sendiri memang mengaku tidak terlalu menyukai CGI.

Henry Cavill

Saat Henry Cavill ditunjuk sebagai pemeran Superman, dia menolak menggunakan CGI. Yap, Cavill pernah menekankan kepada pihak DC Studios agar mereka tidak menggunakan CGI untuk membuat tubuhnya terlihat lebih seperti dewa. Cavill justru ingin melakukannya sendiri dengan membuat tubuhnya tampak lebih atletis dengan melakukan latihan ekstra. “Saya memiliki rasa bangga yang besar. Saya seperti tidak ingin anda mengubah perut saya. Saya tidak ingin anda menempatkan sesuatu di perut saya. Saya hanya ingin melakukannya sendiri. Saya menginginkan tubuh itu sendiri.” Tetapi dalam film Justice League, apa yang dipertahankan oleh Henry Cavill sirna, karena Joss Whedon menggunakan CGI untuk menghilangkan kumis Cavill.

Itulah dia Geeks para aktor yang pernah menolak menggunakan CGI dalam film yang mereka bintangi.Tentu saja ada alasan khusus bagi mereka untuk menolak CGI, demi keberhasilan filmnya.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/