DC Universe dikenal sebagai salah satu semesta komik superhero terbesar yang di dalamnya terdapat banyak mahkluk mitologi dengan kekuatan luar biasa. Sama halnya dengan kisah fiksi yang ada di seluruh dunia, salah satu makhluk mitologi DC yang paling menarik perhatian banyak penggemar adalah naga. Di DC sendiri naga sering digambarkan sebagai makhluk legendaris yang bentuknya sangat khas sekaligus menarik, di mana hal tersebut dibarengi dengan kemampuannya yang sangat mematikan. Pada artikel kali ini kita akan membahas lima naga paling mengerikan yang eksis di DC Universe!

Three Face of Evil

Naga pertama yang akan kita bahas adalah Three Face of Evil yang sering diceritakan menjadi musuh bagi Marvel Family, nama lama Shazam Family di DC Universe. Sesuai dengan nmanya, Three Face of Evil adalah naga berkepala tiga yang masing-masing wajahnya menggambarkan betapa mengerikannya mereka. Selain bisa menyeburkan api dan mempunyai kekuatan fisik yang luar biasa, kemampuan utama Three Face of Evil adalah mampu mengendalikan orang-orang yang pikirannya lemah. Satu-satunya cara untuk mengalahkan mereka adalah dengan mengurungnya di Rock of Eternity yang berada di luar ruang dan waktu, sehingga Three Face of Evil tidak bisa lari kemana-mana.

Ladon

Ladon adalah naga DC lainnya yang mempunyai hubungan erat dengan Shazam. Selain muncul di komik, Ladon juga baru saja melakukan debut live action-nya di film Shazam! Fury of the Gods, di mana dia dikendalikan oleh Daughters of Atlas khususnya Calypso. Baik di film, komik, maupun mitologi Yunani, Ladon dikenal sebagai naga yang menjaga pohon apel emas milik Zeus dan Hera. Jabatan tersebutlah yang kemudian membuat Ladon terkenal sebagai salah satu naga terkuat yang mempunyai kemampuan untuk terbang melesat serta menyemburkan napas api berwarna biru yang sangat mematikan.

Goliath

Penggemar setia Batman pasti tahu siapa Damien Wayne, anak Bruce Wayne dan Talia Al Ghul yang akhirnya menjadi Robin kelima. Nah menariknya di DC Universe sendiri Damien mempunyai hewan kesayangan berbentuk naga kelelawar bernama Goliath. Pertama kali ditemukan saat Damien masih berlatih dengan ibunya di League of Assassins, Goliath yang beranjak remaja akhirnya memilih untuk setia kepada Damien sekaligus membantunya dalam banyak kesempatan. Kemampuan terbang dan kekuatan fisiknya yang sangat kuat menjadikan Goliath rekan yang sangat berharga bagi Damien. Untungnya dibalik semua elemen mengerikan yang dimilikinya, Goliath tetap setia berada di sisi para superhero.

Joker Dragons

Dari nama dan penampilannya mungkin kalian sudah bisa menebak bahwa Joker Dragons adalah Joker versi naga yang eksis di multiverse DC, atau lebih tepatnya Dark Multiverse. Tidak diketahui secara pasti bagaimana mahkluk mengerikan ini bisa terlahir, entah dia Joker yang menjadi naga atau naga yang disuntikan Laugh Venom sehingga menjadi seperti Joker, yang jelas dia adalah monster yang sangat berbahaya bagi para superhero. Dikendalikan oleh sejumlah varian jahat dari Dark Multiverse sampai akhirnya jatuh ke tangan Barbatos, Joker Dragons mempunyai kemampuan untuk menyemburkan api serta bergerak dengan kecepatan yang luar biasa dan sulit ditebak layaknya Joker.

Barbatos

Siapa di antara kalain yang baru mengetahui bahwa sebenarnya penguasa Dark Multiverse Barbatos adakah seekor naga? Terlepas dari fisiknya yang seperti ‘manusia kelelawar’, sejatinya Barbatos adalah naga ciptaan entitas World Forger yang dimaksudkan untuk memakan alam semesta yang rusak. Alih-alih setia kepada tuannya, Barbatos malah berkhianat dan mengumpulkan semesta yang rusakĀ  sampai akhirnya terlahir Dark Multiverse. Dengan kemampuannya yang nyaris Mahakuasa, Barbatos lantas mengumpulkan banyak varian jahat Batman termasuk Batman Who Laughs dan menyuruh mereka menghancurkan multiverse utama DC.

Itulah lima naga paling mengerikan yang sebagian besarnya justru mengancam kestabilan DC Universe sendiri. Eksistensi mereka secara tidak langsung telah menjadi bukti bahwa DC sama sekali tidak kekurangan ide untuk menghadirkan makhluk mitologi di semesta komiknya. Selain mengambil referensi dari mitologi dunia nyata seperti Ladon dan Three Face of Evil, DC juga telah memperkenalkan makhluk yang desainnya unik seperti Goliath, Joker Dragons, dan bahkan Barbatos. Dari semua naga kuat ini mana yang jadi favorit kalian, Geeks?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.