Super Skrull akan jadi villain utama yang muncul dalam series Secret Invasion yang rilis pada Juni mendatang di platform Disney Plus dan ada beberapa fakta menarik terkait hal ini. Sosok Nick Fury diperlihatkan harus bertarung menghadapi peperangan besar yang mengancam keberadaan bumi dalam series Secret Invasion. Dia diperlihatkan harus menghadapi bangsa Skrulls.

Namun, bangsa Skrulls yang dia hadapi berbeda dengan Skrulls yang pernah dia temui puluhan tahun lalu seperti Talos dan kelompoknya. Dalam ceritanya, diketahui jika Nick Fury harus berhadapan dengan sosok villain kuat dari bangsa Skrulls yaitu Super Skrull beserta pasukannya. Terdapat beberapa fakta menarik mengenai Super Skrull yang jadi villain utama di Secret Invasion. Apa saja?

Perbedaan Dengan Skrull Biasa

Lalu, apa yang membedakan antara Skrull biasa dan Super Skrull? Bangsa Skrull merupakan alien yang terobsesi untuk menaklukan bumi yang pertama kali muncul dalam komik Fantastic Four #2 (1962). Skrull biasa sendiri sebenarnya sudah cukup kuat dengan kekuatan yang mereka miliki. Misalnya, kemampuan berubah wujud dan mengambil/menirukan wujud atau benda yang mereka pikirkan.

Namun, yang kemudian membedakan Skrull biasa dan super Skrull adalah jelas level kekuatan mereka. Selain mampu berubah wujud seperti halnya Skrull biasa, Super Skrull memiliki kemampuan dan kekuatan lain yang jauh lebih dahsyat. Contoh yang paling nyata tentunya adalah kemampuan untuk menirukan berbagai kekuatan dari para superhero epik Marvel lainnya. Hal ini tidak bisa dilakukan oleh Skrull biasa.

Mampu Menirukan Kekuatan Para Superhero

Salah satu bukti kedahsyatan dari Kl’rt sebagai Super Skrull adalah bagaimana dia mampu untuk menirukan kekuatan berbagai superhero yang ada di bumi. Dalam cerita komiknya, pada awalnya Kl’rt didesain untuk mampu menirukan seluruh kekuatan dari tim Fantastic Four. Tujuannya tidak lain untuk membalas dendam kekalahan bangsa Skrulls yang ditaklukan oleh kelompok superhero tersebut.

Namun, semenjak kesuksesan dari Kl’rt sebagai Super Skrull akhirnya membuat bangsa Skrulls melanjutkan perogram serupa untuk melahirkan karakter lainnya. Dan salah satu hal yang dipertahankan dalam program ini adalah bagaimana mereka mampu menirukan kekuatan milik para superhero. Diketahui mulai dari Wolverine, Hulk, sampai Thor, semuanya pernah ditirukan kekuatannya oleh Super Skrull.

Kemunculan Perdana Super Skrull

Lalu, kapan Super Skrull pertama kali muncul? Super Skrull pertama kali muncul di komik Fantastic Four #18 yang rilis pada tahun 1963. Sosok Kl’rt diketahui merupakan Super Skrull pertama yang diciptakan oleh bangsa Skrull dan merupakan yang terkuat dari seluruh Super Skrull lainnya. Mengapa kemudian bangsa Skrulls menciptakan Kl’rt? Tidak lain untuk mengahancurkan tim Fantastic Four.

Mempelajari kekalahan mereka dari tim superhero kosmik tersebut, bangsa Skrulls kemudian muncul dengan ide di mana mereka menciptakan sosok Skrulls khusus dengan kekuatan yang mirip tim Fantastic Four. Kl’rt kemudian dikirim menuju bumi untuk menjalankan misi balas dendam. Sayangnya, Kl’rt nampak bukan saingan bagi tim Fantastic Four meskipun dia memiliki kekuatan mereka dan akhirnya harus gagal dalam misi tersebut.

Ada Super Skrulls Lainnya

Meskipun Kl’rt gagal dalam menjalankan misinya, bangsa Skrull melihat hal ini sebagai sebuah “kemenangan” dan peluang untuk menciptakan pasukan terkuat mereka. Akhirnya, mereka pun melanjutkan program Super Skrull dengan melahirkan berbagai karakter lainnya. Contohnya adalah Xavin, yang merupakan Super Skrull muda yang mirip dengan Kl’rt.

Diketahui dia memiliki kemampuan yang sama dengan Kl’rt di mana dia memiliki kekuatan dari keempat anggota Fantastic Four. Namun, karena masih minim pengalaman, Xavin tidak bisa menggunakan semua kekuatan tersebut sekaligus. Namun, yang menariknya adalah Xavin justru kemudian bergabung dengan tim superhero pahlawan the Runaways. Bangsa Skrulls sendiri kemudian banyak menciptakan Super Skrull lain yang jumlahnya bisa mencapai ribuan.

Kelahiran Power Skrull

Selain Super Skrull, bangsa Skrull juga menghadirkan sebuah program lainnya untuk menciptakan anggota Skrull dengan kekuatan yang dahsyat. Setelah mereka menciptakan Kl’rt, Skrull kemudian mengembangkan lagi program Super Skrull ke tahapan yang lebih maju dan ekstrem. Mereka kemudian melakukan uji coba program baru tersebut terhadap sosok bernama Paibok.

Tanpa diduga, ternyata hasil tes dari Paibok sukses besar. Sosok Paibok sendiri lebih dikenal sebagai Power Skrull. Dia memiliki kemampuan seperti merubah kulitnya menjadi besi, terbang, bahkan mampu menembakan energi listrik dar kedua tangannya. Seperti halnya Super Skrull lain, Power Skrull juga tidak kalah mengerikan dan dahsyat dan bisa jadi ancaman besar.

Pernah Berhadapan Dengan Superhero Lain

Fakta Super Skrull lainnya adalah mereka pernah berhadapan dengan superhero lain. Meskipun Skrull atau Super Skrull lebih sering berhadapan dengan tim superhero kosmik Fantastic Four, tetapi mereka juga tidak jarang berhadapan dengan para superhero Marvel lainnya. Misalnya, mereka pernah bertarung menghadapi Thor, Spider-Man, Captain Marvel, dan masih banyak lainnya.

Yang uniknya adalah tidak jarang Super Skrull dan Skrull lainnya saling berseteru satu sama lain. Dalam kondisi seperti ini, Super Skrull bahkan pada akhirnya harus bekerja sama dengan para pelindung bumi seperti Fantastic Four atau bahkan Silver Surfer. Dan pertarungan menghadapi para superhero Marvel ini juga menjadi awal mula mengapa kemudian mereka mampu menirukan berbagai kekuatan para superhero tersebut. Sebagian superhero tersebut ada yang pernah diculik oleh Skrulls dan DNA mereka kemudian dijadikan contoh untuk menghadirkan kekuatan dahsyat tersebut.

Pemimpin Para Super Skrull

Siapa yang kemudian jadi petinggi atau pemimpin dari para Super Skrull? Dalam cerita komik Secret Invasion yang rilis pada 2008, diketahui jika Kl’rt menjadi pemimpin dari seluruh program Super Skrull yang ada. Dalam komiknya, Kl’rt pernah mengirimkan ribuan pasukan Super Skrull untuk misi menginvasi bumi. Pertempuran pun kemudian terjadi di berbagai tempat.

Selain di bumi, di bulan juga terjadi pertempuran yang dahsyat dengan para Super Skrull. Di bumi sendiri, pertempuran menghadapi Super Skrull terjadi di New York, Savage Land, Wakanda, dan sebagainya. Meskipun begitu, misi yang dihadirkan oleh Kl’rt sendiri harus gagal total karena semua serangan invasi tersebut berhasil dihentikan. Namun, bangsa Skrull sendiri tetap mempercayakan kepemimpinan dari para Super Skrull ini kepada Kl’rt. Dia pun kemudian mengembangkan program ini dengan membangun berbagai fasilitas Super Skrull dan menugaskan mereka sebagai pelindung atau pasukan penyerbu.

Jadi Momen Awal Secret Invasion

Fakta terakhir dari Super Skrull mereka adalah penyebab cerita Secret Invasion terjadi. Meskipun Marvel Comics memiliki berbagai peristiwa atau event besar dalam beberapa dekade belakangan, namun salah satu yang menarik dan cukup menarik banyak perhatian para fans adalah Secret Invasion. Dalam alur cerita crossover ini para superhero bumi menyadari bahwa banyak dari mereka yang justru bukan sosok aslinya alias merupakan para Super Skrull yang menyamar.

Program invasi ini dipimpin oleh Kl’rt dan juga program Super Skrull yang dia jalankan. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, para Super Skrull bukan hanya memiliki kemampuan Skrull biasa untuk menyamar menjadi siapa pun. Mereka juga memiliki kekuatan para superhero bumi, yang membuat penyamaran mereka sempurna. Hal ini bahkan memunculkan rasa tidak percaya diantara para superhero.

Kemunculan Talos dan bangsa Skrull di MCU menjadi jalan untuk kemunculan para Super Skrull untuk juga bisa muncul dalam jagat sinematik Marvel. Dan akhirnya, hal tersebut benar-benar terwujud di mana mereka akan muncul dalam series terbaru Secret Invasion yang alur ceritanya diadaptasi dari judul komik yang sama. Kita nantikan saja penampilan para Super Skrull tersebut pada Juni mendatang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.