Marvel merupakan salah satu waralaba multimedia tentang superhero Amerika yang belakangan ini bisa dibilang telah menguasai industri perfilman Hollywood. Namun, tahukah kalian bahwa dalam sejarah perfilman Hollywood sendiri ternyata ada sejumlah film live action Marvel yang justru dilarang tayang di beberapa negara, baik yang kini termasuk dalam Marvel Cinematic Universe maupun tidak. Mulai dari karena dianggap menghina sebuah negara, sampai yang karena menghadirkan berbagai isu yang bertntangan dengan norama negara, berikut ini tujuh film Marvel yang pernah dibanned.

Daredevil (2003)

film marvel dibannedDaredevil adalah film pertama Marvel non-MCU yang pernah dibanned di negara tertentu. Filmnya sendiri bercerita tentang petualangan superhero tunanetra bernama asli Matt Murdock (Ben Affleck) yang mempunyai kemampuan untuk ‘melihat’ dengan indra pendengaran, penciuman, perabanya. Dengan identitasnya sebagai Daredevil, dia harus berusaha mengalahkan Kingpin (Michael Clarke Duncan), pemimpin mafia di Hell’ Kitchen, New York. Terlepas dari kegagalan filmnya yang dianggap melenceng dari materi asli di komik, ternyata film ini pernah dilarang tayang di Malaysia karena sang superhero menggunakan kata ‘devil’ di namanya dan adegannya sendiri dianggap terlalu kejam.

Deadpool 2 (2018)

film marvel dibanned

Film Marvel non-MCU selanjutnya yang sempat dibanned adalah Deadpool 2. Film sekuel ini bercerita tentang petualangan Wade Wilson (Ryan Reynolds) yang harus berurursan dengan masalah dari masa depan. Di mana dia harus berhadapan dengan Cable yang berusaha mengubah masa depan dengan membunuh seorang anak kecil. Dalam prosesnya mereka justru malah bersekutu untuk melawan villain mutan tangguh bernama Juggernaut. Meskipun filmnya sangat sukses di sejumlah negara termasuk di negara-negara Asia seperti Indonesia, tetapi filmnya justru tidak boleh tayang di Tiongkok karena alasan terlalu kejam dan vulgar walupun sudah diberi rating dewasa.

Captain Marvel (2019)

film marvel dibannedDari non-MCU sekarang kita beralih ke era film Marvel Cinematic Universe, dimulai dengan Captain Marvel yang sempat dibanned di Pakistan. Sebagai pengingat, Captain Marvel sendiri adalah film tentang Carol Danvers yang menjadi superhero kosmik Captain Marvel setelah terpapar Tesserack sekaligus terlibat dalam perang Kree-Skrull di MCU. Dalam prosesnya dia akhirnya mengetahui bahwa yang harus dibelanya adalah bangsa alien skrull yang hanya ingin mencari rumah baru. Alasan mengapa salah satu film di akhir Infinity Saga ini dilarang adalah karena Pakistan belum mengantongi izin tayang, sehingga Disney cabang India terpaksa melarangnya.

Eternals (2021)

film marvel dibanned

Memasuki Fase 4 MCU, memang banyak film Marvel yang sempat dipertimbangkan untuk dibanned karena kisahnya yang mengandung isu sensitif tentang cinta sesama jenis. Salah satu contohnya adalah film Eternals yang pertama kali memperkenalkan makhluk kosmik ciptaan Celestial ke MCU. Di mana di dalamnya seorang Eternal Phastos yang merupakan seorang laki-laki diceritakan punya anak dari sesama laki-laki juga. Karena isu itulah, Eternals akhirnya tidak jadi ditayangkan di negara-negara Timur Tengah, seperti Arab Saudi, Qatar, dan Kuwait, padahal filmnya sendiri dimeriahkan oleh banyak sekali aktor papan atas Hollywood, seperti Salma Hayek, Angelina Jolie, dan aktor berbakat lainnya.BERSAMBUNG KE HALAMAN 2!

1
2
Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.