Bruce Wayne yang merupakan sosok di balik topeng Batman adalah salah satu karakter pahlawan paling kaya yang pernah ada, namun dari mana asal-usul kekayaan Bruce Wayne tersebut? Dalam alur cerita komik, ada beberapa karakter yang dikenal memiliki kekayaan yang sangat luar biasa dan mereka menggunakan kekayaan tersebut untuk melakukan berbagai hal. Contohnya menjadi pahlawan.

Beberapa nama tersebut misalnya Arthur Curry, Lex Luthor, Dick Grayson, dan yang paling jelas adalah Bruce Wayne. Meskipun mereka memiliki kekayaan, namun para karakter tersebut memutuskan untuk menjadi pahlawan (meskipun ada juga yang memiliki sebagai villain) seperti sosok Bruce Wayne yang memilih menjadi Batman. Namun, Geeks tentunya penasaran dari mana sebenarnya asal-usul kekayaan Bruce Wayne?

Penguasaha Sukses

Ternyata, kata kunci dari asal-usul kekayaan Bruce Wayne adalah tradisi. Keluarga Wayne ternyata memang sudah memiliki harta yang melimpah sejak dahulu. Hal ini karena sejak puluhan tahun lalu nenek moyang keluarga Wayne memang sudah memiliki bakat handal dalam berdagang. Hal ini bisa kita lihat dalam komik Batman: Gates of Gotham, di mana di komiknya dijelaskan bahwa nenek moyang keluarga Wayne, Alan Wayne, adalah “Bapak Pembangunan” bagi kota Gotham.

Alan Wayne diperlihatkan menjadi sosok yang berjasa untuk membangun dan menghadirkan berbagai fasilitas yang ada di kota Gotham, seperti jembatan, terowongan, bahkan Wayne Tower yang ikonik. Keluarga Wayne sendiri diketahui berasal dari Eropa. Alan Wayne memiliki tujuan untuk mengubah kota Gotham menjadi sebuah kota yang besar, modern, dan industrial. Sosok alan Wayne juga dikenal sebagai pedagang dan pengusaha handal.

Hal ini terbukti di mana salah satu lini bisnis dari Alan Wayne bergerak di bidang transportasi dan perkereta apian. Dalam alur cerita komik lainnya, yaitu World’s Finest #186, diceritakan jika kakek buyut dari sosok Bruce Wayne adalah seorang pahlawan Revolusi bernama Anthony Wayne. Anthony sendiri, seperti halnya para jendral yang lain, memiliki jumlah kekayaan yang tidak sedikit.

Kekayaan tersebut kemudian dia kembangkan dan wariskan kepada keluarganya. Selain dari nenek moyang sang ayah, yaitu keluarga Wayne, nenek moyang keluarga sang ibu juga tidak kalah mentereng hartanya. Sama-sama berasal dari keluarga old money, Martha Kane merupakan anak dari keluarga Kane yang juga tidak kalah terpandang di kota Gotham, di mana mereka memiliki perusahaan yang tidak kalah besar.

Jika perusahaan keluarga Wayne bergerak di bidang industrial, maka perusahaan Kane bergerak di bidang kimia. Fakta menariknya adalah dalam cerita asal-usul Joker, di mana dia berubah menjadi tidak waras setelah terjatuh ke dalam larutan kimia, sebenarnya cairan kimia tersebut merupakan milik perusahaan Kane. Inilah alasan mengapa Bruce memiliki sosok keponakan yaitu Kate Kane, yang menjadi Batwoman.

Selain dari warisan keluarga, sebenarnya Bruce Wayne juga memiliki kekayaan yang berasal dari ayahnya, Thomas Wayne. Thomas diketahui merupakan seorang dokter bedah yang sangat terkenal. Bahkan, fakta ini juga dihadirkan dalam film Batman Begins. Yang menarik adalah dalam cerita Superman/Batman #50, DC Comics menghadirkan cerita lain dari sosok Thomas Wayne.

Diceritakan jika Thomas Wayne menemukan pod atau benda yang dikirim oleh Jor-el, ayah Superman, sebelum planet Krypton hancur. Yang menariknya dalam komik tersebut diperlihatkan bagaimana Thomas secara telepati berhasil meyakinkan Jor-El untuk mengirimkan anaknya ke bumi dan meyakinkan bahwa bumi tempat yang aman. Namun, yang Thomas lakukan tidak hanya itu.

Dia kemudian menggunakan teknologi tersebut dan melakukan reversed engineered atau rekayasa balik. Thomas memanfaatkan teknologi yang berasal dari luar bumi itu untuk mengembangkan berbagai teknologi di Wayne Industries dan akhirnya menyelamatkan perusahaannya dari kebangkrutan. Bahkan, semenjak saat itu bisnis Wayne Enterprises di bidang teknologi terus melaju.

Kekayaan Terus Berkembang

Karena keluarga Wayne dan juga Kane adalah bagian dari generasi old money, maka tidak mengherankan jika kemudian keluarganya terus mengajarkan berbagai teknik bisnis secara turun temurun sampai akhirnya pada sosok Bruce Wayne. Seperti yang Geeks ketahui, Bruce Wayne adalah pemimpin dari semua sektor bisnis yang dikuasai oleh Wayne Enterprises.

Dalam perkembangannya, Thomas dan Bruce berhasil semakin memperluas jaringan dan hal yang diciptakan oleh Wayne Enterprises misalnya. Contohnya, Wayne Enterprises diketahui menjalin kerja sama dengan pihak militer untuk menciptakan dan mengembangkan berbagai alat atau senjata canggih namun tentunya tidak mematikan. Seperti halnya di dunia nyata, bisnis ini tentunnya menghasilkan keuntungan yang sangat besar.

Bahkan, tidak jarang Bruce juga memanfaatkan teknologi militer tersebut untuk dia gunakan dalam berbagai gadget yang dia ciptakan. Selain dari sektor militer, ada juga sektor lain yang jadi sumber pemasukan bagi Wayne Enterprises seperti pengembangan sumber energi. Energi tentunya akan selalu dibutuhkan dan Wayne Enterprises mencoba untuk menghadirkan berbagai energi yang terbarukan.

Bruce juga menguasai lini bisnis diluar hal di atas, misalnya dia menguasai sebagian besar saham dari Daily Planet, perusahaan surat kabar terbesar di Metropolis yang jadi tempat kerja bagi Clark Kent dan juga Lois Lane. Atau mereka juga bergerak dalam bidang transporasi, pengiriman, saham, dan sebagainya. Intinya, Thomas dan Bruce berhasil untuk membuat perusahaan Wayne terus hidup dan bahkan semakin berkembang.

Sumber Untuk Melawan Kejahatan

Berdasarkan informasi yang ada, jumlah kekayaan dari sosok Bruce Wayne mencapai angka 100 miliar Dollar Amerika atau sekitar satu quadrliun Rupiah. Dengan angka dan uang sebanyak itu, bagaimana kemudian dia menghabiskan uangnya? Seperti yang Geeks ketahui, bahwa Bruce Wayne adalah seorang pahlawan di balik topeng Batman dan merupakan salah satu anggota Justice League.

Dengan sumber kekayaan yang dimiliki oleh Bruce sebagian besar dia habiskan untuk menciptakan berbagai hal untuk membantunya membasmi kejahatan. Misalnya mengebangkan alat ciptaanya, menciptakan sesuatu, dan sebagainya. Bahkan, tidak jarang Bruce adalah sosok yang bertanggung jawab untuk membantu rekan-rekannya yang lain.

Misalnya, dalam film Dawn of Justcice kita melihat bagaimana Bruce membeli bank yang menyita rumah Clark Kent. Dalam cerita komik atau animasinya, Bruce adalah karakter yang menciptakan markas Justice League di luar angkasa yaitu Justice League Satelite. Dia juga menciptakan satelit paling canggih yang pernah ada, Brother Eye, dan menciptakan armor epik.

Uang ini juga digunakan untuk menghadirkan berbagai gadget ikonik seperti Batarang, Bat-Computer, dan juga bahkan Batmobile. Meskipun kekayaan Bruce Wayne digunakan untuk membasmi kejahatan, sebagian menilai bahwa hal tersebut salah sasaran. Bruce dianggap bisa menuntaskan masalah kemiskinan dan hal lain yang menggerogoti Gotham, sehingga berubah menjadi tempat yang dipenuhi penjahat.

Meskipun hal tersebut ada benarnya, namun di sisi lain Bruce Wayne sendiri mungkin sudah mempertimbangkan semuanya. Lagipula, Bruce juga memanfaatkan bagian dari Wayne Enterprises yaitu Wayne Foundation untuk melakukan berbagai kegiatan amal.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.