Kang the Conqueror adalah salah satu big bad villain yang paling berbahaya di Marvel Universe. Karakter bernama asli Nathaniel Richards ini adalah seorang penjelajah waktu jenius dari masa depan yang mengandalkan teknologi untuk menaklukkan berbagai timeline Marvel bahkan multiverse. Sepanjang sejarahnya, Kang dan para variannya terus mencari dan bahkan menciptakan sendiri berbagai teknologi paling mengerikan di Marvel Universe. Berikut ini adalah lima teknologi Kang yang terkenal sangat berbahaya karena memungkinkan dia melakukan perjalanan waktu sekaligus menamanipulasi timeline!

Cosmic Cube

Berbeda dari versi MCU, Cosmic Cube di Marvel Comics bukan merupakan nama lain dari Tesseract atau Space Stone. Faktanya di komik justru Cosmic Cube adalah artefak yang mungkin jauh lebih sakti dari Infinity Stone, di mana artefak kota yang memancarkan sinar kebiruan ini mampu memanipulasi materi dan energi di sekitarnya. Itulah mengapa big bad Marvel seperti Kang sering memanfaatkan Cosmic Cube untuk meningkatkan fungsi dari teknologinya. Kolaborasi Cosmic Cube dan teknologinya ini pernah Kang gunakan untuk mengubah sejarah dan bahkan menciptakan timeline alternatif. Itulah mengapa Cosmic Cube menjadi jauh lebih berbahaya di tangan Kang the Conqueror.

Forever Crystal

Pada dasarnya fungsi utama dari Forever Crystal yang diciptakan langsung oleh Kang ini adalah untuk mengubah sebuah peristiwa tanpa memengaruhi masa depan. Dengan kata lain dengan teknologi ini Kang bisa mengubah sejarah alam semesta tanpa perlu khawatir dapat menciptakan semesta alternatif, tentunya hal ini dapat memudahkan dia untuk menaklukan sebuah semesta di multiverse satu demi satu. Forever Crystal juga berfungsi sebagai pusat sumber daya Chronopolis, markas Kang yang berada di luar ruang dan waktu. Mirisnya, versi masa depan Kang yang bernama Immortus justru pernah menggunakan teknologi canggih ini untuk menghancurkan Chronopolis dan semua isinya.

Infinite Hourglass

Sama seperti dua teknologi sebelumnya, Infinity Hourglass adalah teknologi andalan Kang yang dapat mengontrol waktu dan memanipulasi timestream sesuai dengan keinginannya. Bedanya jika tadi Cosmic Cube dan Forever Crystal mencegahnya untuk melahirkan cabang waktu, Infinity Hourglass justru sengaja diciptakan untuk menciptakan paradox waktu bahkan menghapus timeline secara keseluruhan. Dengan batasan yang tidak jelas, Infinity Hourglass bisa dibilang sebagai teknologi sekaligus senjata yang sangat berbahaya di Marvel Universe. Di mana para superhero harus benar-benar berhati-hati ketika melawan Kang yang membawa teknologi ini.

Time Chair

Time Chair pada dasarnya berfungsi seperti Time Ship atau kapal penjelajah waktu yang punya fungsi dan ukuran lebih efisien. Ketika Kang menggunakan teknologi berbentuk singgasana ini dia masih bisa terhubung dengan markasnya Chronopolis untuk memberikan komando sekaligus mengawasi langsung para pasukannya dari jauh. Di versi live action MCU sendiri Time Chair yang baru saja diperkenalkan di film Ant-Man and the Wasp: Quantumania mempunyai fungsi untuk membawa Kang kapan pun dan ke mana pun dia mau. Kemudian ketika dihubungkan dengan teknologi lainnya, Time Chair memungkinkan Kang untuk membawa semua pasukannya saat melakukan penjelajahan waktu.

Light of the Centuries Sphere

Light of the Centuries Sphere adalah salah satu teknologi Nathaniel Richards yang sudah dia pakai sejak dirinya melakukan penaklukan timeline sebagai Kang the Conqueror. Teknologi yang sering disebut juga sebagai Centuries Sphere ini memungikan Kang untuk memindahkan benda atau orang lain dari suatu timeline ke timeline lain. Ajaibnya meskipun sering melawan arus waktu, tetapi Centuries Sphere tidak pernah diceritakan hancur. Bedanya dengan teknologi Kang yang lain, Centuries Sphere lebih berfungsi sebagai alat kendali jika Kang ingin mengacaukan sebuah timeline dari jauh, misalnya dari Chronopolis atau tempat pesembunyian lainnya.

Itulah lima teknologi waktu yang sering Kang gunakan untuk mencapai tujuannya. Dengan akses terhadap berbagai teknologi canggih seperti Time Chair, Forever Crystal, Cosmic Cube, Infinite Hourglass, dan Centuries Sphere, sang Conqueror tentunya dapat dengan mudah mengubah sejarah, menciptakan timeline baru, bahkan menghancurkannya sesuai dengan keinginannya sendiri. Dari sini bisa kita simpulkan bahwa yang berbahaya bukan hanya teknologinya saja, tetapi juga penggunanya yang membuat semuanya menjadi lebih mengerikan sekaligus mengancam Marvel Universe secara keseluruhan.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.