Kita semua mungkin sudah tahu bahwa Superman adalah salah satu superhero paling kuat di DC Universe. Di mana karakter yang bernama asli Clark Kent atau Kal-El ini memiliki beragam kekuatan super, mulai dari kemampuan terbang, menembakan heat vision, sampai napas es. Namun, dengan semua itu bukan berarti dia tidak terkalahkan. Faktanya ada lima manusia tanpa kekuatan dan kekayaan super yang secara mengejutkan berhasil kalahkan Superman. Tidak seperti Lex Luthor atau Batman, para manusia biasa ini bahkan berhasil menumbangkan Superman tanpa bantuan Kryptonite!

Sam Lane

Jika berbicara tentang manusia biasa yang bisa kalahkan Superman, keluarga Lane adalah salah satu, di mana Lois Lane berhasil membuat sang Man of Steel bertekuk lutu dengan pesona dan cintanya. Menariknya selain Lois, ayahnya yang bernama Sam Lane juga terkenal sering membuat Superman kewalahan walaupun tidak mempunyai kekuatan super. Sam adalah seorang jenderal militer yang sering berusaha menangkap Superman bahkan menyerang markasnya Fortress of Solitude. Walaupun secara fisik pada akhirnya Superman bisa membalikkan keadaan, tetapi dia mengaku bahwa ayah mertuanya ini selalu behasil menghancurkannya dari segi emosional.

Muhammad Ali

Yup kalian tidak salah membaca nama, petinju Muhammad Ali memang pernah muncul di DC Universe dan bahkan bertarung dengan Superman. Hal ini terjadi di komik Superman vs Muhammad Ali yang menceritakan keduanya diculik oleh alien dan dipaksa melakukan pertarungan tinju di sebuah ring. Pada titik inilah kekuatan Superman dihilangkan demi menghadirkan pertarungan yang seimbang. Walaupun awalnya Superman sempat memberikan perlawanan, tetapi akhirnya Ali yang merupakan manusia biasa berhasil kalahkan sang Man of Steel dengan tinju samping yang sangat kuat. Kisah unik DC ini ingin memberi pesan mulia kepada penggemar tentang kesetaraan dan keadilan.

Joker

Jika kalian penggemar setia Batman, pasti tahu bahwa musuh bebuyutannya yang bernama Joker pada dasarnya tidak mempunyai kekuatan super seperti supervillain DC lainnya. Dia hanya mengandalkan kegilaannya untuk merusak pikiran bahkan mengancam nyawa orang lain. Salah satu kisah DC yang paling epik berjudul Injustice, pernah menceritakan Joker berhasil membuat Superman berhalusinasi sehingga dia membunuh Lois yang dikira sebagai Doomsdat. Momen ini secara tidak langsung membuktikan bahwa Joker yang merupakan seorang manusia bisa kalahkan Superman secara emosional. Setelah membunuh Joker, Superman berubah menjadi villain yang ditakuti semua orang.

Harley Quinn

Satu lagi manusia biasa yang berhasil kalahkan Superman dalam pertandingan tinju adalah Harley Quinn. Di komik berjudul Harley’s Little Black Book, Superman lagi-lagi diculik alien yang memaksanya bertarung di sebuah ring yang menetralisir semua kekuatan supernya. Kali ini dia harus bertarung melawan Harley Quinn yang sejak kecil telah berlatih tinju. Bagi Superman yang terlalu sibuk melindungi dunia, sehingga tidak ada waktu untuk berlatih seni bela diri apalagi tinju, pertarungan sepertinya ini membuatnya berada di posisi sulit. Pada akhirnya Harley berhasil menumbangkan Superman dengan cara yang sama seperti Ali, sebelum keduanya berhasil kabur dari para alien yang telah menculik mereka.

Alfred

Di DC Universe, Alfred Pennyworth dikenal sebagai pelayan setia keluarga Wayne sekaligus merupakan figur ayah bagi Bruce Wayne alias Batman. Dari kacamata Alfred sendiri, dia memang telah menganggap Bruce sebagai keluarganya sendiri. Sehingga ketika Superman diceritakan telah menghancurkan hidup Batman di kisah Injustice, Alfred terpaksa memakan obat steroid 5-U-93-R yang membuatnya lebih segar bugar agar bisa melawan Superman. Sebagai manusia biasa yang berbekal kasih sayang yang sangat kuat, tekad Alfred berhasil kalahkan Superman dengan cara yang memalukan, di mana sang Man of Steel tampak bersimbah darah di tangan ‘ayah angkat’ sang Caped Crusader.

Meskipun Superman memiliki kekuatan super yang luar biasa, kelima manusia biasa ini telah membuktikan bahwa dia bukanlah sosok yang tidak bisa dikalahkan. Buktinya mereka bisa kalahkan Superman dengan berbagai cara, terlepas dari status mereka sebagai manusia yang tidak punyai kekuatan super, mulai dari kekuatan militer yang bisa merusak emosi, serangan psikologis yang membuat Sang Man of Steel menjadi jahat, bahkan dalam sebuah pertarungan tinju yang cukup adil. Yang hebatnya lagi mereka tidak perlu mengeksploitasi kelemahan mainstream Superman, seperti Kryptonite.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.