Siapa yang akan menggantikan Uzumaki Naruto sebagai Hokage Konoha yang baru dalam alur cerita Boruto: Naruto Next Generation? Manga Boruto saat ini menghadirkan salah satu cerita yang menarik dengan masih berjalannya arc Code. Apalagi, dalam beberapa chapter terakhir alur ceritanya benar-benar sangat luar biasa yang menjadi bahan perbincangan para fans.

Banyak para fans sendiri yang yakin jika alur cerita yang berjalan sekarang menjadi jalan untuk segera memunculkan timeskip. Ini artinya puncak cerita dari arc ini sudah semakin dekat. Situasi di Konoha sendiri saat ini tidak dalam keadaan baik, apalagi setelah apa yang terjadi kepada Naruto. Lalu, siapa kandidat yang akan menggantikan Naruto sebagai Hokage baru Konoha?

Nasib Uzumaki Naruto

Apa yang sebenarnya terjadi kepada Naruto? Saat ini, para shinobi Konoha sedang kehilangan sosok Uzumaki dari dunia nyata. Dia menghilang dari dimensi ini dan bahkan dianggap sudah tewas. Meskipun begitu, pada kenytaaanya Naruto masih belum tewas melainkan diculik oleh Kawaki. Hal ini terungkap dalam chapter 77 kemarin. Dalam chapternya, Kawaki memutuskan untuk kembali ke rumah Naruto.

Hal ini dia lakukan setelah mengetahui masih ada sosok Otsutsuki lain yang hidup, yaitu Momoshiki Otsutsuki. Kawaki sudah memaksa Momoshiki untuk keluar dari tubuh Boruto, namun tidak ada respon yang terjadi. Akhirnya, Kawaki pulang ke rumah dan melakukan tindakan di luar dugaan. Dia memanfaatkan Doujutsu Isshiki untuk menculik Naruto dan juga Hinata dan menyembunyikannya di sebuah dimensi khusus.

Dalam dimensi khusus tersebut waktu benar-benar berhenti. Masih belum diketahui sampai kapan Naruto dan Hinata terjebak di sana. Namun, Kawaki sendiri meyakinkan jika Naruto dan Hinata aman berada di sana karena mereka tidak lagi membutuhkan keperluan dasar. Alasan kemudian Kawaki melakukan hal tersebut adalah karena dia ingin melindungi kedua orang tersebut, yang dia anggap sebagai sosok penting.

Kawaki ingin melindungi keduanya dari para Otsutsuki yang mengancam bumi. Dia bahkan mengatakan bahwa Naruto dan yang lainnya boleh untuk menghabisi nyawanya ketika semua sudah berakhir. Di sisi lain, Kawaki juga berpikir bahwa ini adalah cara untuk menghentikan Naruto mencegahnya menghabisi nyawa dari Boruto yang sudah dikendalikan oleh Momoshiki.

Di chapter 79, kemudian diperlihatkan bagaimana Kawaki dan Boruto bertarung. Eida kemudian membantu Kawaki mewujudkan mimpinya untuk bertukar nasib dan merubah kenangan orang-orang, di mana Kawaki yang kemudian dianggap menjadi sosok anak Naruto. Sementara, Boruto berubah menjadi sosok mengerikan yang dibenci oleh banyak orang atas tindakan yang dia lakukan. Bahkan, Boruto dianggap sebagai “pembunuh” dari Uzumaki Naruto.

Para Kandidat Hokage Baru

Dengan Uzumaki Naruto sekarang tidak lagi berada di Konoha artinya posisi yang dia tinggalkan sebagai Hokage terbuka untuk karakter lain. Meskipun banyak Geeks yang berpikir jika Naruto akan kembali dan meduduki jabatannya sebagai Hokage, yang perlu jadi catatan adalah timeskip akan segera terjadi. Pasca timeskip, usia Boruto diketahui adalah 16 tahun.

Artinya, timeskip yang akan berlangsung dalam cerita Boruto terjadi selama kurang lebih 4 tahun. Tentunya, selama 4 tahun tersebut Konoha tidak mungkin membiarkan posisi Hokage dalam keadaan kosong. Karena itulah, mereka harus segera menunjuk untuk Hokage ke 8. Terdapat beberapa kandidat yang mungkin bisa atau cocok untuk mengisi posisi Hokage.

Contohnya adalah Haruno Sakura, yang dianggap bisa jadi seorang Hokage hebat. Jika hal ini terjadi, maka Sakura akan mengikuti jejak dari mentornya yaitu Tsunade yang juga pernah menjadi seorang Hokage. Dengan sosoknya yang kuat, rasanya tidak ada salahnya untuk menunjuk Sakura menjadi salah satu kandidat Hokage ke delapan di desa Konoha.

Kandidat selanjutnya adalah Shikamaru. Dia adalah salah satu kandidat yang santer diprediksi akan menggantikan Naruto suatu saat nanti. Banyak yang kemudian kurang setuju dengan ide Shikamaru menjadi Hokage menggantikan Naruto. Pasalnya, dengan kecerdasan yang dia miliki Shikamaru lebih cocok untuk menjadi seorang penasihat Hokage seperti yang dia jalankan sekarang.

Meskipun begitu, bukan berarti Shikamaru tidak bisa atau mustahil untuk menjadi seorang Hokage. Dari dua kandidat di atas, mungkin kandidat terkuat untuk mengisi posisi dari Hokage yang ditinggalkan oleh Naruto adalah Uchiha Sasuke. Seperti yang Geeks ketahui,d dalam hal kekuatan sosok Sasuke sama kuatnya dengan Naruto. Bahkan, dia jauh lebih cerdas dari Naruto.

Sasuke paham bagaimana dan apa yang harus dia lakukan ketika Konoha membutuhkan sosok kuat seperti dirinya saat ini. Di sisi lain, selain ini juga Sasuke sering menjadi Hokage bayangan bagi Naruto. Jika kemudian Sasuke benar-benar terpilih menjadi Hokage, maka ini akan menciptakan sejarah baru di mana seorang Uchiha berhasil menduduki posisi tersebut. Bahkan, dia juga bisa memimpin pasukan shinobi Konoha untuk berperang menghadapi Code.

Kemungkinan Lain

Selain memilih kandidat baru, skenario lainnya adalah para tetua Konoha akan menunjuk kembali para shinobi lama untuk mengisi posisi kosong Naruto. Hal ini pernah terjadi ketika Minato tewas di awal cerita Naruto, di mana Hiruzen kembali ditunjuk untuk mengisi posisi Hokage sampai ada sosok lainnya yang mengisi. Untuk saat ini, mereka bisa kembali memilih sosok Tsunade atau Hatake Kakashi.

Tsunade merupakan mantan Hokage kelima yang sekarang menduduki posisi sebagai salah satu petinggi atau tetua di Konoha. Selain Tsunade, Kakashi juga pernah menjadi Hokage keenam meskipun saat itu sifatnya hanya sementara atau masa jabatannya sebentar. Yang pasti, kemungkinan salah satu dari kedua mantan Hokage tersebut juga bisa saja berpeluang kembali.

Skenario terakhir, meskipun kecil kemungkinan untuk terjadinya, adalah membiarkan posisinya kosong. Saat ini, situasi di Konoha sedang dalam situasi darurat setelah apa yang terjadi kepada Naruto. Mungkin, Konoha akan melakukan tindakan ekstrim yaitu membiarkan posisinya kosong sampai batas waktu yang tidak ditentukan. Atau setidaknya sampai kemudian sosok “pembunuh” dari Naruto berhasil untuk ditangkap.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.