Meskipun menjadi salah satu desa ninja terkuat di dunia Naruto, nyatanya Konoha memiliki beberapa shinobi yang tega jadi pengkhianat di desanya sendiri. Desa Konoha sekilas terlihat seperti sebuah desa yang aman dan damai. Namun, hal tersebut bisa mengecoh banyak orang dengan fakta bahwa desa ini merupakan pemilik kekuatan militer ninja paling kuat di dunia shinobi.

Hal tersebut bukan tanpa sebab, karena banyak shinobi hebat lahir atau berasal dari desa ini. Contohnya adalah Uzumaki Naruto, Minato Namikaze, Hashirama Senju, atau bahkan Hiruzen. Meskipun jadi desa ninja terkuat di dunia, hal ini nyatanya juga tidak menutup untuk kemunculan paras shinobi pengkhianat di desa Konoha. Ada beberapa shinobi yang diketahui pernah jadi pengkhianat desa ini. Siapa saja?

Mizuki

Sosok Mizuki adalah karakter shinobi pengkhianat pertama yang dihadirkan dalam franchise Naruto. Dia sudah muncul di awal ceritanya, meskipun kemunculannya tidak terlalu lama atau panjang. Dari apa yang dia lakukan Mizuki benar-benar memperlihatkan sikapnya sebagai pengkhianat Konoha. Dia diketahui berusaha mencuri sebuah gulungan rahasia Konoha yang berisi Jutsu terlarang.

Bahkan, dalam prosesnya, Mizuki berusaha untuk menghabisi nyawa Naruto yang memergokinya melakukan tindakan kejahatan. Diketahui jika Mizuki ternyata mencoba mencuri gulungan tentang teknik Kagebunshin yang kemudian dipraktikan langsung oleh Naruto. Karena levelnya masih Chunin, akhirnya dia pun berhasil dikalahkan dengan mudah.

Aoi Ruokusho

Pengkhianatan yang dilakukan oleh Aoi juga memang tidak menghasilkan sebuah kehancuran besar bagi Konoha. Namun, dia kemudian dikenal sebagai salah satu mantan shinobi Konoha yang berhasil menghasilkan kerusakan bagi desa lain. Contohnya, dia pernah mencuri Sword of the Thundergod, sebuah senjata dahsyat milik Tobirama Senju. Aoi juga bahkan tidak ragu menghabisi anak-anak untuk memuluskan rencananya. Selain mencuri benda berbahaya, Aoi juga menjual informasi penting tentang Konoha ke desa lainnya yang mana wajar jika kemudian dia dianggap sebagai pengkhianat.

Orochimaru

Nama Orochimaru mungkin sudah tidak asing lagi di telingan Geeks semua sebagai shinobi pengkhianat desa Konoha. Hal ini diperlihatkan di awal cerita Naruto. Orochimaru sengaja mengkhianati desanya sendiri karena keinginannya untuk bisa menguasai setiap jutsu yang ada di dunia. Dia juga mengincar keabadian, yang mana Orochimaru tidak jarang menculik anak-anak untuk menjadi subyek penelitiannya.

Selain menghancurkan momen Ujian Chunin, Orochimaru juga bahkan berhasil menghabisi nyawa mentornya sendiri, Hiruzen Sarutobi. Apa yang dilakukan oleh Orochimaru hampir menyebabkan kehancuran besar bagi Konoha. Bahkan, dia berhasil untuk membujuk Uchiha Sasuke keluar dari desa Konoha dan berubah menjadi sosok yang jahat. Namun, di akhir cerita Naruto diperlihatkan bagaimana Orochimaru kemudian berubah menjadi baik. Apakah ini merupakan trik atau dia benar-benar berubah masih belum diketahui.

Kabuto

Selain Orochimaru, Kabuto juga adalah shinobi pengkhianat desa Konoha yang berbahaya yang muncul di awal cerita. Dia adalah mata-mata terbaik yang pernah dimiliki oleh Konoha, mengingat Kabuto mampu dengan mudah berubah identitas. Wajar jika mantan murid dari Orochimaru ini kemudian tidak bisa dipercaya. Saat menjadi tangan kanan Orochimaru, Kabuto juga memiliki peranan penting dalam kehancuran Konoha.

Bahkan, dia juga berperan serta dalam upaya untuk menghabisi Tsunade sebelum menjadi Hokage Kelima. Yang paling parah dari aksi pengkhianatan yang dilakukan oleh Kabuto adalah bagaimana dia jadi pemicu terjadinya Perang Dunia Shinobi keempat. Setelah bergabung dengan Akatsuki, dia kemudian membangkitkan para shinobi terkuat di dunia untuk kemudian menghabisi shinobi lainnya.

Obito Uchiha

Jauh sebelum Sasuke dan Itachi menjadi pengkhianat Konoha, Obito Uchiha sudah terlebih dahulu mengkhianati desanya. Namun, sebenarnya alasan Obito mengkhianati desanya sangatlah luas yaitu dia tidak tahan dengan penderitaan yang muncul akibat peperangan yang terjadi pada saat itu. Obito bahkan harus rela kehilangan sosok Rin dan juga orang-orang yang dia cintai lainnya akibat perang.

Ketika orang menyangka Obito sudah tewas, sebenarnya Obito masih hidup dan menyusun rencana terstruktur yang sudah sejak lama dibuat. Dia berencana untuk menghabisi seluruh orang yang ada di dunia ini, dan bahkan membuat dunia berada dalam kelumpuhan dengan menggunakan Infinite Tsukuyomi. Namun, pada akhirnya Naruto berhasil membuat Obito sadar akan kesalahannya.

Uchiha Sasuke

Sejak usianya masih kecil, Sasuke sebenarnya tidak ada niatan untuk menjadi seorang shinobi kuat yang melindungi Konoha. Tujuannya adalah menjadi kuat demi bisa membalas dendam kematian keluarganya dan mengalahkan sang kakak. Semua hal dia lakukan, termasuk mau bekerja sama dengan Orochimaru. Semuanya demi bisa membuatnya menjadi kuat.

Sasuke pun kemudian pergi dari desa dan menjadi pengkhianat desa Konoha. Sasuke sendiri pernah menghadirkan kekacauan besar di Konoha, meskipun dia tidak menyerang Konoha secara keseluruhan. Sasuke pernah juga mengacaukan pertemuan lima kage dan menyerang para Kage tersebut. Namun, kini Sasuke sudah berubah menjadi lebih baik. Dia bahkan menjadi Hokage bayangan bagi Naruto.

Danzo Shimura

Rasanya, banyak Geeks yang setuju jika Danzo adalah salah satu shinobi pengkhianat besar di desa Konoha. Banyak fans dari franchise Naruto mengenal sosok Danzo sebagai sosok yang jahat, haus kekuasaan, dan memberikan pengaruh buruk bagi Konoha. Namun, di balik itu semua, Danzo adalah “partner” dari Hiruzen Sarutobi. Danzo adalah Hokage bayangan dari Hiruzen ketika dia menjabat sebagai Hokage ketiga Konoha.

Seperti perannya selama ini, Danzo tidak pernah bergerak di depan layar. Dia selalu bergerak di balik layar, memengaruhi atau memanipulasi yang lain. Bahkan, ada sebagian shinobi yang justru lebih mengikuti perintah Danzo. Meskipun begitu, faktanya dia memiliki hasrat besar untuk menjadi seorang shinobi. Terlepas dari jasanya pada masa itu, Danzo justru berubah menjadi sosok villain yang mengerikan yang berusaha untuk mengusai Konoha. Karena hal itulah, dia kemudian menjadi sosok pengkhianat.

Itachi Uchiha

Diantara semua shinobi pengkhianat desa Konoha, mungkin Itachi adalah yang paling populer. Kisah tentang pengkhianatan Itachi benar-benar berbekas di hati para fans. Bukan tanpa sebab memang, hal ini dikarenakan bukan hanya Itachi harus tewas secara mengenaskan tapi juga sangat tragis. Itachi sebenarnya adalah sosok yang sangat mencintai kedamaian. Dia rela melakukan apapun untuk mewujudkan perdamaian tersebut.

Puncak dari kecintaannya pada perdamaian adalah dia rela membunuh semua keluarga dan klan Uchiha dengan hanya menyisakan sang adik, Sasuke. Dia rela dianggap sebagai shinobi pengkhianat desa Konoha. Hanya Hiruzen Sarutobi yang mengetahui fakta sebenarnya. Tragisnya, Itachi harus tewas di tangan adiknya sendiri karena menganggap bahwa kakaknya adalah sosok yang jahat. Namun, Sasuke kemudian mengetahui fakta yang sebenarnya sesaat sebelum Itachi tewas.

Madara Uchiha

Sosok keluarga Uchiha lainnya yang menjadi shinobi pengkhianat Konoha adalah Madara Uchiha. Bisa dibilang, dia adalah shinobi pengkhianat pertama di desa Konoha. Sebenarnya, Madara tidak pernah berniat untuk menjadi pengkhianat desanya apalagi dia adalah salah satu pendiri dari desa ini bersama rekannya, Hashirama Senju. Namun, respon masyarakat yang membuatnya berubah menjadi pengkhianat.

Setelah berbagai kejadian buruk yang dia alami dan juga klan Uchiha, pada akhirnya dia pun memutuskan untuk menghancurkan desa Konoha. Bahkan, Madara bertanggung jawab atas pengkhianatan yang dilakukan oleh Obito. Dan pengkhianatan Madara juga akhirnya berakibat besar terhadap umat manusia, di mana dia jadi salah satu sosok yang harus dihadapi aliansi shinobi dunia saat perang dunia shinobi keempat.

Sumire Kakkei

Sumire adalah sosok shinobi pengkhianat Konoha yang paling baru di mana dia muncul dalam series Boruto. Mantan anggota dari Team 15, Sumire Kakei adalah seorang shinobi atau Kunoichi yang sangat handal dari desa Konoha. Dia berada di kelas yang sama dengan Boruto. Sumire Kakkei adalah seorang ninja yang sangat berbakat dan memiliki kemampuan yang luar biasa.

Bahkan, Sumire sanggup untuk berhadapan dengan Mitsuki, salah satu shinobi kuat dari Team 7. Namun, ternyata, di balik semua sikapnya tersebut Sumire adalah pion untuk upaya pengkhianatan desa Konoha. Sumire adalah anak dari seorang mantan anggota Root Anbu yang coba balas dendam untuk menghancurkan Konoha. Sumire menjadi wadah bagi Nue, yang kemudian akan dilepaskan untuk menyebabkan kekacauan. Beruntung, Sumire kemudian dimaafkan oleh Naruto dan sekarang dia berada di pihak Konoha dengan menjadi asisten dari Katasuke.

Masing-masing desa ninja memang memiliki shinobi pengkhianat, seperti yang diperlihatkan dari kelompok Akatsuki. Namun, di desa Konoha sendiri terdapat beberapa nama shinobi yang kemudian memutuskan jalannya untuk menjadi pengkhianat bagi desanya. Ironisnya, sebagian dari mereka sebenarnya tidak benar-benar membenci desanya. Mereka melakukan pengkhianatan karena alasan tertentu. Meskipun begitu, tetap saja apa yang mereka lakukan salah.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.