Dengan semua sikap dan hal yang sudah dihadirkan oleh sosok Shanks di cerita One Piece, apakah Shanks merupakan sosok yang jahat. Rasanya hampir semua orang terkesima dan terkesan dengan kharisma seorang Shanks si rambut merah. Dengan sikapnya yang dingin, serta perilakunya yang santai, memperlihatkan bahwa Shanks merupakan sosok yang kuat.

Shanks juga diperlihatkan beberapa kali bisa menandingi karakter-karakter yang memang memiliki kekuatan, seperti Whitebeard atau Akainu. Wajar jika kemudian banyak orang senang dengan karakter Shanks. Meskipun Shanks sering kali diperlihatkan sebagai tokoh yang kuat serta keren, sayangnya masih ada banyak misteri yang menyelimuti karakter ini. Namun, para fans sendiri penasaran apakah Shanks adalah karakter yang jahat?

Berbagai Aksi Shanks

Sejak diperkenalkan lebih dari dua dekade lalu, Shanks memang tidak banyak muncul dalam ceritanya. Meskipun begitu, setiap kali Shanks beraksi atau berbagai aksi Shanks yang dia lakukan pasti memberikan dampak signifikan. Contohnya adalah apa yang dia lakukan terhadap sosok Monkey D. Luffy. Shanks merupakan orang yang dianggap bertanggung jawab atas apa yang terjadi kepada Luffy.

Hal ini karena telah Shanks “memengaruhi” Luffy untuk mewujudkan mimpinya sebagai bajak laut dan berpetualang di laut. Kemudian, Shanks juga meminta Whitbeard untuk menarik mundur Ace dalam pencarian Blackbeard karena dia tahu Blackbeard terlalu kuat untuk Ace. Dan dalam puncak pertempuran Marineford, dia bahkan menghentikan pertempuran tersebut.

Di arc Wano, Shanks menghentikan upaya admiral Green Bull untuk menghancurkan Wano dengan menangkap Momonosuke dan yang lainnya. Shanks menggunakan Haki miliknya untuk mengusir Green Bull dari Wano. Yang paling baru diperlihatkan dalam beberapa chapter terakhir. Misalnya, dia meminta seluruh armadanya untuk mundur demi melindungi mereka dan juga Elbaf dari serangan kelompok Kid.

Shanks juga bertanya tentang kondisi Kid dan juga krunya sebelum memulai pertempuran apakah mereka sudah pulih sepenuhnya pasca pertempuran di Wano. Ini seolah mengindikasikan jika Shanks tidak ingin mengalahkan musuh yang memang tidak dalam kondisi sempurna. Dan juga mungkin Shanks sadar jika Kid adalah teman atau kenalan dari sosok Luffy.

Shanks baru benar-benar marah dan bertindak ketika dia melihat situasi di masa depan jika serangan Railgun dan Damned Punk dari Kid mengakibatkan kehancuran yang besar, terutama bagi armadanya dan juga Elbaf. Sebelum hal itu terjadi, Shanks masih nampak tenang dan masih memiliki waktu untuk berdikskusi tentang berbagai hal.

Apakah Shanks Sosok Jahat

Lalu, apakah artinya Shanks merupakan sosok yang jahat? Untuk saat ini, jawaban dari pertanyaan tersebut adalah Shanks bukanlah sosok yang jahat. Hal ini berdasarkan dari apa yang sudah Shanks lakukan di sepanjang cerita One Piece atau berbagai aksi yang sudah dia hadirkan. Seperti yang disebutkan di atas, jika setiap aksi yang Shanks lakukan selalu memberikan dampak signifikan.

Logikanya, jika Shanks adalah sosok yang jahat atau gemar melakukan kekerasan dan kekacauan, seperti Blackbeard atau Kid, mungkin dia tidak akan melakukan berbagai hal yang sudah disebutkan di poin sebelumnya. Shanks akan cenderung melakukan berbagai tindakan mengerikan atau tidak simpatik. Misalnya, dia tidak akan menghentikan pertempuran besar di Marineford.

Dia juga mungkin akan langsung menyerang Kid tanpa basa-basi atau membiarkan seluruh armadanya hancur, karena merasa mereka jauh lebih lemah dari krunya.Tapi, fakta yang terjadi justru sebaliknya. Melihat hal tersebut seolah sejalan dengan salah satu spekulasi atau teori yang menyebutkan jika Shanks adalah penjaga kedamaian atau keseimbangan dunia.

Dalam teorinya disebutkan jika semua hal yang Shanks lakukan, seperti meminta Ace mundur atau bahkan bertemu dengan Gorosei, adalah upayanya untuk menjaga keseimbangan atau perdamaian dunia. Apa yang kemudian melatar belakangi hal tersebut memang masih menjadi misteri. Namun, hal ini dianggap sesuai dengan apa yang Shanks lakukan selama ini.

Punya Niatan Jahat

Meskipun semua hal yang Shanks lakukan adalah untuk kebaikan dan terdapat teori jika Shanks adalah seorang penjaga kedamaian, terdapat juga spekulasi lainnya tentang Shanks. Dalam hal ini, semua yang Shanks lakukan adalah cara untuk mendapatkan perhatian dan kepercayaan orang sebelum kemudian dia memanfaatkannya untuk kepentingannya sendiri.

Banyak yang menduga jika Shanks memiliki koneksi tertentu dengan World Government dan juga Gorosei. Hal ini dikarenakan dengan sikap banyak pihak yang berbeda terhadap Shanks. Mereka seolah menghormati dan memahami apa pun keputusan dan perkataan yang diucapkan Shanks. Jika bukan karena ada satu atau dua hal, rasanya mereka tidak mungkin akan bersikap seperti itu.

Di chapter 907 kita melihat Shanks mencoba untuk berdiskusi tentang seorang bajak laut, bersama Gorosei. Banyak fans yang menduga jika Shanks akan membicarakan tentang Blackbeard. Tapi, bagaimana jika sosok yang dimaksud sebenarnya adalah Luffy? Salah satu teori menyebutkan bahwa Shanks mungkin adalah perwakilan dari Gorosei atau Im.

Dia kemungkinan bertanggung jawab untuk mencari dimana pun dan siapa pun keturunan dari klan D dan mencoba menghentikan mereka untuk mencapai pulau Laugh Tale dan mengetahui abad yang hilang. Teori lainnya juga menyebutkan jika Shanks juga memiliki ambisi untuk menguasai dunia. Hal ini bisa dilihat dari bagaimana Shanks dan kelompoknya berusaha mengambil seluruh salinan Road Poneglyph milik Kid. Dan dia juga diketahui memiliki ambisi untuk menguasai dan mendapatkan One Piece.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.