Sebagai calon ahli pedang terbaik di dunia One Piece sosok Roronoa Zoro kemungkinan akan mampu untuk gunakan salah satu teknik berpedang paling dahsyat yaitu Kamusari. Zoro adalah salah satu karakter penting yang diperkenalkan di awal cerita. Dia juga ternyata memiliki mimpi yang sangat besar yang ingin dia wujudkan dengan berpetualang bersama Luffy.

Zoro diketahui merupakan salah satu ahli pedang terbaik di seriesnya. Hal ini bisa kita lihat di sepanjang petualangan Topi Jerami, di mana sudah banyak musuh yang berhasil dia kalahkan. Yang paling baru, dia bahkan berhasil mengalahkan anggota terakhir dari bangsa dewa yaitu King the Wildfire. Sebagai calon ahli pedang terbaik apakah Zoro akan mampu gunakan teknik Kamusari?

Teknik Pedang Zoro

Sebagai salah satu ahli pedang terbaik dalam cerita One Piece, tentunya tidak mengherankan jika Zoro menguasai berbagai teknik berpedang. Hal ini bisa kita lihat di awal ceritanya dimulai hingga sekarang. Sebelum timeskip, Zoro diketahui menguasai berbagai teknik berpedang. Mulai dari teknik tanpa pedang, satu pedang, bahkan sampai teknik sembilan pedang.

Semua kemampuan berpedang yang dikuasai oleh Zoro benar-benar membantunya untuk bisa meningkatkan level kekuatannya. Dia mampu mengalahkan berbagai musuh-musuh kuat di sepanjang ceritanya. Meskipun Zoro menguasai berbagai teknik berpedang yang sudah dia pelajari, ternyata Zoro juga memiliki keahlian lain dalam hal teknik berpedang yaitu menirukan teknik berpedang milik orang lain.

Contoh yang paling nyata dari hal ini terjadi dalam pertempuran di Onigashima. Zoro merupakan salah satu bajak laut Worst Generation yang ikut bertempur di atap istana Kaido. Dalam momen tersebut, para fans dikejutkan dengan Zoro yang menggunakan teknik Foxfire Style untuk kemudian mampu membelah api. Dia akhirnya mampu untuk membelah Promotheus dengan teknik ini.

Yang luar biasanya adalah di sepanjang arc Wano, Zoro tidak diperlihatkan melatih teknik berpedang milik Kinemon tersebut. Dalam artikel sebelumnya, sempat dibahas bahwa kemungkinan Zoro mampu untuk menirukan kemampuan berpedang milik orang lain hanya dengan melihat saja. Hal ini bisa jadi ada kaitannya dengan mata tertutup dari Zoro, yang bisa “menyerap” kemampuan orang lain.

Jadi, dengan hanya melihatnya, Zoro akan mampu menirukan gerakan atau kemampuan berpedang milik orang lain seperti dia menirukan kemampuan Foxfire Style milik Kinemon. Berdasarkan hal tersebut, apakah kemudian Zoro akan mampu menirukan kemampuan berpedang milik karakter lainnya? Kemampuan berpedang apa yang akan mampu Zoro tirukan selanjutnya?

Mampu Gunakan Kamusari

Selain Foxfire Style milik Kinemon, besar kemungkinan Zoro akan mampu menirukan atau gunakan kemampuan berpedang milik Roger, yaitu Kamusari. Teknik berpedang Kamusari saat ini menjadi perhatian banyak fans One Piece, karena sosok Shanks menggunakannya untuk menghancurkan Eustass Kid hanya dalam satu serangan dahsyat tersebut.

Meskipun tidak diketahui dari mana Shanks mempelajari tekniknya, namun kemungkinan Roger atau Rayleigh yang mengajari teknik luar biasa tersebut. Lalu, apakah Zoro kemudian akan mampu melakukan hal yang sama? Apakah Zoro mampu untuk menggunakan teknik Kamusari? Jawabannya adalah ya, Zoro akan mampu menggunakan teknik Kamusari milik Roger.

Roronoa Zoro diperlihatkan akan sudah memiliki persyaratan untuk bisa menggunakan teknik dahsyat tersebut. Contohnya adalah dia memiliki pedang dengan kualitas tinggi. Baik Shanks atau Roger, diketahui memiliki pedang dengan kualitas tinggi yaitu Ace dan Gryphon. Sedangkan, Zoro memiliki pedang Enma yang bisa dia pilih untuk menggunakan teknik tersebut.

Selanjutnya, Zoro juga sudah mampu menggunakan Conqueror Haki untuk melapisi pedang miliknya. Untuk menggunakan teknik Kamusari, Roger dan Shanks akan melapisi pedang mereka dengan Conqueror Haki dan kemudian melakukan satu serangan ayunan yang sangat dahsyat ke arah musuh. Setelah apa yang terjadi di Onigashima, Zoro perlahan sudah mulai mampu untuk mengendalikan Conqueror Haki miliknya.

Dia juga bisa melapisi Enma dengan Haki tersebut yang mana inilah kunci untuk mengalahkan King. Berdasarkan penjelasan tersebut, rasanya cukup masuk akal jika kemudian Zoro mampu untuk menggunakan teknik Kamusari. Yang perlu Zoro lakukan sekarang adalah melihat penggunaan teknik tersebut atau ada seseorang yang akan mengajarinya.

Teknik Kalahkan Mihawk

Seperti yang disebutkan di atas bahwa Zoro memiliki mimpi untuk menjadi ahli pedang terbaik di dunia One Piece. Namun, untuk bisa mewujudkannya, Zoro harus mampu menggeser sosok mentor yang mengajarinya berpedang, Dracule Mihawk. Dalam ceritanya diperlihatkan bagaimana kemampuan Mihawk masih belum mampu untuk disaingi oleh Zoro, bahkan untuk sedikit pun.

Bahkan, Zoro pun mengakui jika dia masih belum mampu untuk mengalahkan Mihawk atau bahkan sanggup untuk mendekati kemampuannya. Karena itulah, dia memutuskan untuk berguru kepada Mihawk saat timeskip terjadi. Saat ini, peningkatan kemampuan berpedang Zoro sudah sangat drastis meskipun mungkin masih butuh banyak lagi pengalaman dan latihan untuk bisa mengalahkan Mihawk.

Di sisi lain, Zoro juga perlu memperkaya teknik berpedang miliknya. Setelah mampu menirukan Foxfire Style milik Kinemon, Zoro bisa memanfaatkan teknik Kamusari sebagai salah satu teknik untuk bisa kalahkan Mihawk. Kamusari adalah sebuah serangan pedang hebat yang bahkan membuat Kozuki Oden mampu dihempaskan oleh Roger. Artinya, jika kemudian Zoro mampu menggunakan tekniknya bukan tidak mungkin Mihawk akan terkejut dan sulit menahan serangannya. Menarik tentunya untuk melihat bagaimana reaksi dari Mihawk ketika Zoro menggunakan Kamusari untuk melawannya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.