Menurut sebuah laporan terbaru, karakter Betty Ross yang dimainkan oleh Lyv Tyler di film The Incredible Hulk telah dikonfirmasi akan kembali di film Captain America: New World Order mendatang untuk peran yang masih dirahasiakan. Nah baik di MCU maupun Marvel Comics, Betty sendiri adalah salah satu karakter paling penting dalam kehidupan Bruce Banner alias Hulk. Sambil menunggu informasi selanjutnya terkait comeback karakter versi live action-nya di MCU, pada artikel kali ini, kita akan membahas lima fakta menarik tentang Betty Ross, dari mulai sejarah komiknya sampai peran pentingnya di MCU!

Love Interest Utama Hulk

Meskipun versi live action-nya hanya muncul satu kali di film The Incredible Hulk (2008), di mana pada saat itu karakter Bruce Banner alias Hulk masih diperankan oleh aktor Edward Norton, Betty Ross sejatinya adalah love interest utama Hulk. Hal ini bahkan tidak hanya berlaku di MCU saja, tetapi juga di Marvel Comics sejak dia debut di Incredible Hulk #1 (1962) bahkan sampai menikah dengan Bruce di Incredible Hulk #319 (1986), sebelum akhirnya bercerai karena seperti itulah cara komik bekerja. Di berbagai tayangan Hulk sebelumnya Betty juga digambarkan dengan cara yang sama, di mana dia adalah love interest utama bagi sang Green Goliath.

Anak Semata Wayang Red Hulk

Selain hubungannya yang cukup dekat dengan Hulk, faktanya Betty adalah anak semata wayang dari karakter penting lainnya, yaitu Thaddeus Ross. Baik di MCU maupun di Marvel Comics, Thaddeus Ross sendiri dikenal sebagai seorang jenderal tegas yang sangat ingin melindungi Betty Ross, hal inilah yang kemudian membuatnya sering digambarkan sebagai antitesis Hulk. Di komik Hulk Vol. 2 #1 (2008), Betty pernah menyaksikan langsung bagaiamana Hulk dan ayahnya ini bertarung dalam mode monster, karena Thaddeus diceritakan menjadi supervillain berkekuatan gamma bernama Red Hulk.

Pernah Jadi Supervillain Harpy

Berbeda dari versi MCU, di Marvel Comics Betty Ross mempunyai kisah manusia supernya sendiri yang membuat banyak penggemar lebih mengenalnya. Di komik  Incredible Hulk #168 (1973) Betty diceritakan mengalami transformasi menjadi monster Harpy yang mempunyai kekuatan super dan bisa terbang, karena MODOK sengaja menempatkannya dalam transformator sinar gamma. Sebagai Harpy, Betty pernah bertarung melawan Hulk dan ayahnya yang pada saat itu masih aktif di militer Amerika. Betty baru bisa sembuh dari mutasinya setelah bertemu dengan entitas aneh bernama Bi-Beast.

Terkenal Sebagai Red She-Hulk

Selain menjadi Harpy, Betty juga sempat menjadi Red She-Hulk di komik Hulk #15 (2009). Asal-usul dan identitas aslinya baru terungkap di akhir kisah Incredible Hulk #609, di mana ternyata Betty sengaja diubah oleh Leader dan MODOK dari tim supervillain rahasia Intelligencia menjadi senjata hidup Red She-Hulk yang kuat sekaligus pemarah. Meskipun awalnya sempat bertarung melawan Hulk, She-Hulk, bahkan Red hulk, tetapi pada akhirnya Red She-Hulk lebih dikenal sebagai superhero yang berjasa di peristiwa Chaos War dan Fear Itself, sebelum dirinya kembali lagi sebagai Harpy berwarna merah di komik Immortal Hulk #14 (2019). Sepertinya akan menarik jika arc Betty Ross ini diadaptasi juga di MCU.

Seorang Ilmuwan Cerdas di MCU

Jika di Marvel Comics Betty lebih dikenal sebagai salah satu karakter yang mempunyai banyak alter ego super kuat, di MCU justru Betty Ross digambarkan sebagai salah satu wanita cerdas di bidangnya. Dia bekerja di Universitas Culver sebagai seorang ilmuwan yang sangat ahli dalam bidang biologi dan radiasi. Pekerjaan sel primer myostatik-nya lah yang kemudian memberi Bruce kemampuan untuk menyerap radiasi gamma tanpa membunuhnya, sehingga dia mampu bertahan saat berubah menjadi Hulk. Kecerdasan Betty inilah yang mungkin akhirnya membuka jalan baginya untuk kembali di MCU.

Itu dia lima fakta menarik Betty Ross yang mungkin jarang diketahui oleh penggemar MCU maupun Marvel Comics. Kembalinya aktris Lyv Tyler sebagai Betty di Captain America: New World Order mendatang secara tidak langsung telah memicu banyak pertanyaan, salah satunya alasan mengapa dia muncul di film solo pertama Sam Wilson sebagai Captain America? Kemungkinan karena filmnya sendiri akan melibatkan Thaddeus Ross (Harrison Ford) sebagai presiden Amerika. Kita lihat saja nanti seperti apa peran Betty saat film Captain America: New World Order dirilis tanggal 3 Mei 2024 mendatang.

Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.