Terdapat beberapa perbedaan yang cukup signifikan antara versi live-action Knights of the Zodiac: Saint Seiya serta versi aslinya. Setelah bertahun-tahun lamanya menunggu, akhirnya proyek live-action dari series populer di era 80an, Saint Seiya, akan segera rilis. Teaser perdana untuk mempromosikan filmnya sendiri sudah dirilis oleh pihak studio, yaitu Sony Pictures.

Teasernya juga diketahui sudah menghadirkan beberapa karakter penting seperti Seiya, Sienna, Alman Kido, dan beberapa nama lainnya. Ini menjadi proyek ambisius pertama dari franchise Saint Seiya untuk menghadirkan ceritanya dalam versi live-action. Dari teaser yang dihadirkan ada beberapa hal yang muncul di mana membedakan versi live-action dan aslinya. Lalu, apa saja perbedaanya?

Desain Kostum

Perbedaan pertama yang muncul atau terlihat dari teaser yang dihadirkan adalah perbedaan kostum dari Seiya. Dalam versi live-action, yang dihadirkan dalam teasernya, diperlihatkan jika desain kostum Seiya cenderung dipenuhi oleh semacam ukiran atau hiasan di atasnya. Misalnya terdapat ornamen sayap di bagian bahu. Kemudian, dari segi helm atau penutup kepalanya pun memiliki desain berbeda.

Yang juga cukup menonjol perbedaan dari desain kostum ini adalah warnanya. Dalam versi anime atau manga, kostum atau armor yang digunakan oleh Seiya memiliki kombinasi warna merah dan perak. Dalam teasernya, warnanya justru cenderung gelap dengan dominasi warna abu-abu dan emas serta merah. Masih belum diketahui apakah akan ada perubahan warna armor tersebut kedepannya atau dalam proses ceritanya.

Setting Alur Cerita Lebih Modern

Selain dari segi desain kostum, yang juga menjadi perbedaan besar dari live-action Saint Seiya adalah setting alur cerita yang jauh lebih modern. Dalam versi live-action, sepertinya para pembuat film mencoba untuk menghadirkan pendekatan cerita yang jauh lebih baik dengan sentuhan modern. Hal ini bisa kita lihat dalam teasernya. Misalnya, adanya pasukan bayaran dengan menggunakan senjata otomatis.

Bahkan, jika Geeks perhatikan, terdapat sebuah detail yang memperlihatkan semacam kapal eksplorasi canggih yang mungkin menjadi milik kelompok villain di dalam ceritanya. Perubahan setting cerita dengan menghadirkan sentuhan modern tentunya memang diperlukan untuk menghadirkan pendekatan yang berbeda. Dalam versi anime atau manganya, hal ini tidak pernah dihadirkan.

Perbedaan konsep Galaxian Wars

Galaxian War merupakan sebuah turnamen bela diri yang diadakan oleh Graude Foundation, sebuah organisasi yang didirikan oleh Mitsumasa Kido. Tujuannya adalah untuk mengumpulkan kembali para Bronze Saints. Dalam versi aslinya 100 orang anak yatim piatu sengaja dikumpulkan untuk mencari sosok Bronze Saints selanjutnya. Seiya sendiri menjadi salah satu peserta dalam turnamen tersebut. Namun, dari apa yang dihadirkan dalam teasernya Sony sepertinya memberikan perubahan detail dari konsep Galaxian Wars ini.

Latar Belakang Seiya

Berbicara mengenai Seiya, versi live-action dari Knights of the Zodiac: Saint Seiya juga menghadirkan asal-usul yang berbeda dengan versi aslinya. Contohnya adalah alasan utama mengapa kemudian Seiya menjadi salah satu Saints bagi Athena. Dalam versi aslinya, Seiya merupakan yatim piatu yang berusaha untuk mencari adiknya, Seika. Namun, dia kemudian harus “terjebak” dalam situasi yang membuatnya kemudian menjadi salah satu Saints.

Sedangkan, dalam versi live-action, Seiya diceritakan memang sudah ditakdirkan untuk menjadi salah satu Saints bagi Athena. Inilah yang kemudian disebutkan oleh karakter yang diperankan oleh Sean Bean, Alman Kido, jika Seiya memang memiliki potensi besar dalam dirinya untuk menjadi salah satu penjaga Athena. Dan dia pun kemudian merekrut Seiya.

Perbedaan Musuh Yang Dihadapi

Sejauh ini, memang masih belum informasi detail mengenai proyek film live-action ini selain sinopsis singkat serta beberapa informasi cast. Berdasarkan dari apa yang dihadirkan dalam teasernya, Seiya harus menghadapi beberapa musuh. Contohnya adalah organisasi atau kelompok misterius yang memiliki teknologi canggih yang mungkin juga mengincar armor dari para Saints.

Kemudian, dalam teasernya dijelaskan jika Seina takut bila dirinya sendiri kembali berubah menjadi Athena. Dan berdasarkan penglihatan yang dia miliki, Athena akan menyebabkan kekacauan dunia karena mampu menghancurkan apa pun. Dalam versi aslinya, yang justru menjadi musuh adalah para dewa Yunani lainnya. Hal ini tentunya menjadi salah satu twist besar yang dihadirkan oleh versi live-action. Namun, memang, Guraad tetap jadi villain yang akan dihadapi oleh Seiya meskipun Athena yang kemudian harus dia takuti.

Alman Kido Seorang Saints

Alman Kido merupakan nama barat dari karakter Mitsumasa Kido, pendiri dari Graude Foundation. Dalam versi live-action ini, karakternya akan diperankan oleh Sean Bean. Yang menarik adalah terdapat satu adegan di trailernya yang memperlihatkan jika Alman Kido menggunakan armor Saints. Hal ini menarik karena dalam versi animenya Mitsumasa tidak mengenakan armor tersebut, meskipun dia melakukan eksperimen dengan armornya dan merasakan potensi yang luar biasa. Dalam versi aslinya, Mitsumasa memang pernah bertemu salah satu Saints yang kemudian menjadi awal dia membentuk Galaxian Wars.

Perubahan Karakter

Dan juga, berbicara mengenai Alman Kido, dia menjadi salah satu karakter yang mengalami perubahan dari versi aslinya. Selain nama, asal-usul dari Alman Kido dan juga Mylock. Dalam cerita aslinya, Mylock memiliki nama asli Tokumaru Tatsumi. Dia adalah penjaga dan pelayan dari Mitsumasa Kido dan juga Saori – yang dalam hal ini adalah Sienna.

Dalam versi aslinya, mereka seharusnya adalah karakter berdarah Jepang atau berasal dari Jepang. Tetapi, dalam versi live-action ini kedua karakternya diperankan oleh aktor dari barat. Dan karakter villain yang akan diperankan oleh Famke Janssen, yaitu Guraad, seharusnya adalah seorang pria. Namun, dalam film ini, terdapat perubahan di mana karakternya justru diperankan wanita.

Proyek film ambisius kerja sama tiga studios besar ini diharapkan akan mendulang kesuksesan besar seperti versi 1980an. Mereka bahkan sudah menyiapkan sekuel untuk menghadirkan berbagai cerita lanjutan dari versi pertama ini. Film Knights of the Zodiac: Saint Seiya akan rilis pada Mei 2023 mendatang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.