Disney menjadi raksasa dunia hiburan selama lebih lebih dari 100 tahun. Sejak awal didirikan, mereka memang selalu berfokus kepada film yang ramah dengan keluarga. Kebanyakan film mereka justru dibuat khusus untuk remaja dan anak-anak. Sudah banyak film yang telah Disney telurkan, mulai dari film animasi, live action, hingga film yang diadaptasi dari kisah nyata. Menariknya nih Geeks, meski Disney membuat tayangan yang ramah keluarga, tetapi ternyata mereka juga memiliki beberapa film horor. Apa saja film horor yang dimiliki oleh Disney? Simak berikut ini Geeks!

Scream

Geeks tentunya tahu dengan film horor yang beken di tahun 90-an ini. Yap, Scream ternyata sempat dimiliki oleh Disney. Ketika itu, franchise Scream digarap oleh Miramax Studios, yang dibeli oleh Disney pada tahun 1993. Dan setelah Miramax Studios dibeli oleh Disney, mereka pun membuat dua sekuel Scream lainnya. Buat Geeks yang belum tahu, Scream adalah film yang menceritakan teror Ghostface yang membunuh orang-orang secara brutal. Scream terkenal karena mengenalkan subgenre slasher di tahun 90-an, serta menjadi inspirasi untuk film parodi berjudul Scary Movie.

Halloween: The Curse of Michael Myers

Halloween: The Curse of Michael Myers dianggap sebagai film terburuk dari franchise Halloween. Film ini digarap oleh Dimension Films, sebuah anak perusahaan yang dimiliki oleh Miramax Studios (yang juga dimiliki Disney), yang khusus untuk memproduksi film bergenre horor. Memang keterlibatan Disney ketika film ini dibuat sangat minim, tetapi secara teknis, Halloween: The Curse of Michael Myers dimiliki oleh sang perusahaan induk Miramax Studios, Disney. Film ini membintangi beberapa aktor beken seperti Mitchell Ryan, Paul Rudd, Mariah O’Brien dan beberapa aktor lain. Sayangnya, film ini mendapat review negatif.

The Crow

The Crow adalah film yang dibintangi oleh mendiang Brandon Lee. Film ini diproduksi Dimension Films yang menjadi anak perusahaan Miramax Studios (yang juga dimiliki Disney), The Crow menceritakan tentang seorang musisi yang terbunuh dan dibangkitkan kembali untuk membalas dendam atas kematiannya. Ketika film ini dibuat, ada tragedi besar yang terjadi yang akhirnya merenggut nyawa Brandon Lee. Ketika itu, Brandon Lee tertembak setelah pistol yang digunakan untuk syuting ternyata berisi peluru, sehingga membuatnya meninggal. Tidak ada yang tahu mengapa peluru asli itu bisa sampai ke lokasi syuting.

From Dusk Till Dawn

From Dusk Till Dawn menjadi mahakarya dari Robert Rodriguez dan Quentin Taranton. Film ini diproduksi oleh Miramax yang menjadi anak perusahaan Disney. Film ini menceritakan tentang dua bersaudara yang sedang dalam pelarian setelah mereka salah dalam beraksi. Pada akhirnya, mereka pun mendatangi sebuah klub yang ternyata dipenuhi oleh vampir. Film yang rilis di tahun 1996 ini menampilkan deretan aktor papan atas seperti George Clooney, Harvey Keitel, dan Quentin Tarantino sendiri. Menariknya, Rodriguez dan Tarantino membuat banyak film dengan Miramax, dan From Dusk Till Dawn menjadi salah satu yang tersukses.

The Watcher in the Woods

The Watcher in the Wood diadaptasi dari novel berjudul sama garapan Florence Engel Randall. Film ini sangat menarik karena diproduksi dan didistribusikan oleh Disney. Film ini bercerita tentang seorang gadis remaja yang mengungkap misteri tentang hilangnya seseorang di sebuah hutan di wilayah pedesaan Inggris, 20 tahun silam. Menariknya, Disney memberanikan diri membuat film ini menjadi film misteri supranatural yang benar-benar menyeramkan. Tetapi pembuatan film ini memang cukup sulit karena bagian akhir naskahnya sempat ditulis ulang selama beberapa kali, dan setiap naskahnya menampilkan ending berbeda.

Stay Alive

Stay Alive mungkin mirip dengan Scream karena filmnya bergenre slasher. Film yang rilis tahun 2000-an ini menceritakan tentang sekelompok remaja yang memainkan game horor secara online. Mereka penasaran karena konon seseorang yang mati dalam game itu juga akan benar-benar mati di kehidupan nyata. Meski plotnya terdengar konyol, tetapi film ini terbukti sangat sukses, dan memberikan pelajaran bahwa jika digunakan secara bijak, video game juga akan menuntun pada perilaku kekerasan. Menariknya, film ini juga diproduksi langsung oleh Disney, dan juga didistribusikan langsung oleh mereka.

Mimic

Mimic digarap oleh Miramax Studios dan menjadi salah satu film berbahasa Inggris pertama yang pernah dibuat oleh Guillermo del Toro, jauh sebelum dia membuat Hellboy pertama dan kedua. Film ini menceritakan tetang seorang ahli biologi yang diperankan Mira Sorvino saat dia menciptakan spesies serangga baru yang digunakan untuk memerangi wabah yang dibawa oleh kecoak yang menghancurkan kota. Meski punya premis yang aneh, tetapi filmnya sangat sukses meski mendapat review negatif. Kabarnya film ini menjadi “rusak” karena campur tangan petinggi Miramax, yaitu Harvey Weinstein.

eXistenZ

eXistenZ adalah film horor garapan David Cronenberg yang diproduksi oleh Miramax Studios dan Dimension Films. Film ini menceritakan tentang desainer game yang harus melarikan diri dari seorang pembunuh. Dan di waktu yang sama, dia juga harus memainkan mainan terbarunya bersama dengan rekan kerjanya untuk menentukan apakah gamenya telah rusak atau tidak. Film ini dibintangi oleh Jude Law, Willem Dafoe, dan Jennifer Jason Leigh, dengan David Cronenberg yang menjadi penulis naskah sekaligus menyutradarainya. Karena digarap oleh Miramax Studios, maka film inipun dimiliki oleh Disney.

Cursed

Sama seperti mayoritas film lainnya dalam daftar ini, Cursed diproduksi oleh Miramax Studios, dengan Wes Craven yang menyutradarainya. Namun film ini dianggap gagal, bahkan oleh Craven sendiri. Craven menganggap bahwa Cursed menjadi film terburuknya. Menurutnya hasil buruk didapat setelah adanya campur tangan petinggi Miramax Studios yaitu Harvey Weinstein. Film yang dibintangi Christina Ricci dan Jesse Eisenberg ini menceritakan tentang kakak beradik yang diserang oleh manusia serigala di Los Angeles, dan setelah kejadian itu, keduanya menyadari hal-hal aneh yang terjadi.

They

Diproduksi oleh Dimension Films dan Miramax, They menjadi salah satu film horor Disney yang terlupakan. Filmnya menceritakan tentang empat orang-orang yang berusaha menyelamatkan diri dari teror yang terjadi kepada mereka. Disutradarai oleh Robert Harmon dan dibintangi Laura Regan, film tersebut sayangnya juga mengalami kegagalan besar, baik dari segi jumlah penonton maupun kritik. Mungkin film ini bernasib sama seperti Cursed, dimana Weinstein kabarnya sangat ikut campur tangan dalam pembuatan film ini, sehingga akhirnya filmnya berujung dengan kegagalan.

Itulah dia Geeks beberapa film yang pernah dimiliki oleh Disney. Meski Disney identik dengan film yang ramah dengan keluarga, tetapi mereka terbukti pernah memiliki beberapa film horor. Diantara film horor tersebut, mana yang pernah kalian tonton Geeks?

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/