Selain menandai awal Fase 5 MCU, film terbaru Ant-Man and the Wasp: Quantumania juga baru saja memperkenalkan salah satu varian Nathaniel Richards alias Kang sebagai villain utamanya. Di mana Ant-Man dan keluarga superheronya harus berurusan dengan Kang yang berambisi untuk menciptakan dinasti baru di luar Quantum Realm. Nah menariknya kemunculan Kang di MCU ini telah mengindikasikan salah satu rencana besarnya yang mungkin juga dimiliki oleh varian lain, yaitu ingin mengalahkan entitas kosmik Eternity. Bagaimana bisa, apa alasannya? Mari langsung saja kita bahas, Geeks!

Sumber Kebencian Kang di MCU

Jika kalian sudah melihat film Quantumania, mungkin kalian sudah paham apa rencana besar Kang. Menjelang ending filmnya, setelah Kang menemukan cara untuk keluar dari Quantum Realm, dia langsung menyiarkan pidato besarnya secara langsung dan mengatakan, “kita akan segera keluar dari benteng ini. Aku akan segera melakukan pembalasan dendam kepada mereka yang telah membuangku. Hari ini kita akan menaklukkan Eternity, dan dinasti baru Kang…” Sayangnya siaran tersebut disabotase oleh Cassie, sehingga kita tidak tahu apa kelanjutan pidato Kang tersebut.

Walaupun begitu, dari pidato tersebut setidaknya ada dua rencana besar Kang yang bisa kita tangkap. Yang pertama adalah melakukan pembalasan dendam kepada Council of Kang, karena mereka telah mengasingkan dirinya ke Quantum Realm di awal film, dan rencana besar yang kedua adalah menaklukkan Eternity di MCU. Meskipun kalimatnya bisa diartikan juga sebagai menaklukkan ‘keabadian’, tetapi bukan tidak mungkin juga bahwa yang dimaksud Kang adalah Eternity yang terlihat sekilas di film Thor: Love & Thunder.

Jika kita mundur sedikit ke film Love & Thunder, Eternity mempunyai penampilan seperti wadah dari alam semesta dan seluruh isinya, layaknya ‘penjara kosmik’. Dari sini bisa kita simpulan bahwa mungkin alasannya ingin menaklukkan entitas kosmik tersebut adalah karena dia sangat membenci Eternity yang dianggap telah mengurung semua takdir MCU. Di Quantumania sendiri, Kang pernah mengatakan kepada Janet bahwa “waktu adalah kurungan yang harus dihancurkan agar tahu betapa kecil semuanya.” Berdasarkan hal tersebut cukup jelas bahwa dia sangat benci ‘terkurung’ bahkan oleh takdir Eternity.

Pernahkah Kang Kalahkan Eternity di Komik?

Di Marvel Comic, Eternity dikenal sebagai personifikasi keabadian yang mewakili keberadaan alam semesta. Eternity adalah entitas yang berada pada level kosmik seperti Infinity dan Death, di mana dia abadi, tidak terbatas oleh ruang dan waktu, serta memiliki kekuatan tak terbatas. Di sisi lain Kang the Conqueror adalan big bad villain Marvel yang dikenal sebagai seorang penjelajah waktu. Sama seperti di MCU, meskipun hanya manusia biasa, tetapi secara garis besar tujuan dan ambisi Kang adalah keluar dari batasan ruang dan waktu mainstream, yang sering juga digambarkan seperti fungsi Eternity.

Sayangnya, meskipun Eternity dan Kang sama-sama eksis di Marvel Universe, tetapi untuk saat ini belum kisah komik yang pernah menceritakan konflik antara keduanya. Mereka berdua hidup dengan caranya masing-masing dan tidak pernah bersinggungan secara langsung. Walupun begitu, secara filosofis sebenarnya ada benang merah yang bisa kita tarik di antara keduanya, di mana upaya Kang yang sering mengacaukan timeline pasti merusak fungsi Eternity sebagai personifikasi keberadaan di alam semesta, sehingga mau tidak mau dia harus ‘menghadapi’ setiap masalah yang disebabkan oleh sang Conqueror.

Bagaiamana Cara Kalahkan Eternity di MCU

Meskipun di komik Kang tidak pernah berhadapan langsung dengan Eternity, tetapi sepertinya akan sangat menarik melihat bagaimana Marvel mewujudkan pertempuran tersebut di MCU. Yang jadi pertanyaan sekarang adalah bagaimana cara Nathaniel Richards atau para variannya bisa mengalahkan entitas kosmik sekelas Eternity. Jika kita membicarakan teori tentang bagaimana bisa mengalahkan Eternity di MCU, salah satu kemungkinannya Kang bisa saja menggunakan teknologi atau kekuatan yang dapat memanipulasi ruang dan waktu untuk mengatur situasi yang mengancam bagi Eternity.

Misalnya Kang bisa pergi ke banyak timeline untuk memanipulasi banyak peristiwa di masa lalu, masa kini, dan masa depan. Dengan begitu keseimbangan di alam semesta akan terganggu, sehingga Eternity yang merupakan personifikasi keberadaan di MCU terpaksa merapikan semua perbuatan sang Conqueror yang sudah tidak bisa ditolerir lagi. Pada titik inilah Kang bisa masuk untuk menyerangnya dari belakang sekaligus mengalahkannya bahkan mungkin mengambil semua kekuatan kosmiknya. Dari sinilah impian besar Kang di MCU yang ingin terlepas dari kurungan takdir bisa terwujud.

Itulah pembahasan tentang Kang the Conqueror yang tampaknya ingin mengalahkan sekaligus menaklukkan entitas kosmik Eternity di MCU. Jika benar nantinya ada satu varian Kang yang berusaha mengalahkan Eternity dan berhasil merebut kekuatan kosmiknya, tidak menutup kemungkinan dialah big bad villain yang sesungguhnya di MCU, tepatnya di film Avengers: The Kang Dinasty yang akan tayang pada 2 Mei 2025 atau bahkan di film Avengers: Secret Wars yang dijadwalkan rilis tanggal 1 Mei 2026 mendatang. Hanya waktu yang bisa menjawabnya. Kita nantikan saja ya, Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.