Pertama kali berdiri pada tahun 2008 silam, saat ini Marvel Cinematic Universe telah menghasilkan banyak sekali tayangan superhero versi live action yang sangat sukses di seluruh dunia, mulai dari serial sampai film. Menariknya selama lima belas tahun tumbuh bersama penggemar, hampir semua tayangan MCU mempunyai sejumlah cameo unik yang cukup menarik perhatian. Di mana beberapa dari penampilan tersebut ternyata ada yang sampai melibatkan para komikus yang sudah tidak asing lagi di kalangan penggemar Marvel Comics. Berikut 5 komikus Marvel yang pernah tampil sebagai cameo di MCU.

Stan Lee

Komikus pertama yang terbilang paling sering melakukan cameo di MCU bahkan berbagai film live action Marvel lainnya adalah sang legenda Stan Lee, pencipta Iron Man, Spider-Man, X-Men, dan masih banyak lagi. Dalam sejarah MCU sendiri, Lee memulai cameo pertamanya di film Iron Man sebagai dirinya sendiri, di mana Tony Stark salah mengira Lee sebagai pendiri majalah Playboy Hugh Hefner. Setelah itu dia kembali tampil di lebih dari dua puluh film MCU, termasuk di Doctor Strange pertama sebagai penumpang bus yang tertawa saat Strange dan Mordo tengah bertarung melawan Kaecilius.

Terakhir kali Lee terlihat melakukan peran langsung adalah di film Avengers: Endgame, di mana dia tampil sebagai pengemudi mobil yang melewati pangkalan militer Camp Lehigh pada tahun 1970 dan berteriak, “Hei, sebarkan cinta dan jangan berperang!” Meskipun Lee telah meninggal dunia pada tahun 2018, tetapi Marvel Studios dilaporkan telah membuat kesepakatan dengan pihak keluarga untuk kembali menghadirkan Lee sebagai cameo penghormatan pada masa mendatang.

Joe Michael Straczynski

Joe Michael Straczynski, atau yang lebih dikenal penggemar sebagai Straczynski atau JMS, adalah penulis Marvel Comics yang pernah terlibat dalam pengerjaan banyak komik sukses, termasuk The Amazing Spider-Man Vol. 2, Fantastic Four, dan Thor Vol. 3. Komikus yang cukup dihormati oleh para penggemar Marvel era modern ini sempat melakukan cameo di film MCU Thor sebagai karakter yang disebut ‘townie’ di kreditnya. Pada penampilan singkatnya, JMS diceritakan sebagai seorang pengemudi mobil semi truk yang gagal mengangkat Mjolnir, palu andalan Thor yang tiba-tiba jatuh ke Bumi di awal filmnya.

Walt Simonson

Satu lagi komikus populer Marvel yang melakukan cameo MCU di film Thor pertama adalah Walt Simonson. Di Marvel Comics sendiri Simonson terkenal sebagai penulis komik X-Factor, Fantastic Four, serta pencipta salah satu inkarnasi Thor paling populer yang bernama Beta Ray Bill. Meskipun penampilannya di film Thor lebih singkat dari JMS, tetapi Simonson digambarkan sebagai seorang Asgardian yang tengah terlibat dalam acara makan malam bersama dengan para pejuang Asgard. Dia duduk di samping Lady Sif, di mana tawanya tampak menular kepada para dewa Nordik versi Marvel yang duduk di sekitarnya.

Ed Brubaker

Komikus Marvel selanjutnya yang tercatat pernah menjadi cameo di MCU adalah Ed Brubaker. Brubaker terbilang sangat terkenal di kalangan penggemar Marvel Comics karena dia adalah pencipta kisah Civil War pertama. Selain itu dia juga terkenal sebagai penulis yang berhasil membawa kembali karakter lama Bucky Barnes sebagai Winter Soldier di komik Captain America. Menariknya di film Captain America: The Winter Soldier, Brubaker tampil sebagai salah satu ilmuwan Hydra yang bertanggung jawab dalam mengubah Bucky menjadi seorang Winter Solider yang hilang ingatan, tetapi sangat kuat.

Jim Starlin

Komikus Marvel terakhir yang pernah melakukan cameo di MCU adalah Jim Starlin, tepatnya di film Avengers: Endgame sebagai salah satu peserta sesi terapi yang diprakarsai oleh Steve Rogers alias Captain America untuk para keluarga korban snap Thanos di Infinity Wars. Dalam sejarah Marvel Comics sendiri, Starlin terkenal sebagai pencipta dari sejumlah superhero populer, termasuk ahli bela diri Shang-Chi, serta Gamora dan Drax the Destroyer yang merupakan anggota Guardians of the Galaxy. Selain superhero, Starlin juga sangat dikenal sebagai pencipta sang Mad Titan Thanos. Hal inilah yang membuat penampilan singkatnya di Endgame sangat berkesan bagi para penggemar setianya.

Itulah lima komikus Marvel yang pernah melakukan sejumlah cameo di berbagai film MCU. Penampilan kelima komikus ini secara tidak langsung telah membuktikan bahwa Marvel Studios selalu berusaha menghargai sekaligus menghormati para penulis serta ilustrator Marvel Comics melalui cameo dan easter egg yang berhubungan dengan mereka. Semoga saja ke depannya kita bisa melihat lebih banyak lagi cameo menarik dari para komikus Marvel lainnya yang sangat berjasa karena telah menciptakan para karakter favorit penggemar. Kita nantikan saja ya, Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.