Penggemar setia Transformers pasti tahu siapa Optimus Prime. Dia adalah karakter paling ikonis dari waralaba Transformers yang digambarkan sebagai pemimpin bijaksana bagi para Autobot sekaligus musuh terkuat bagi Megatron dan para Decepticon. Salah satu hal yang paling menarik dari Optimus Prime adalah bentuk perubahan alternatifnya yang selalu terlihat keren. Sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 1984, bentuk kendaraan Optimus Prime sendiri telah mengalami sejumlah perubahan dan pembaruan. Kali ini kita akan membahas berbagai bentuk mobil Optimus Prime dalam sejarah Transformers.

Cybertronian Truck

Jauh sebelum para Autobot tiba di Bumi, Optimus Prime merupakan salah satu pemimpin pasukan perlawanan Cybertronian yang berusaha melawan tirani militer Megatron dan pasukan Decepticon di Planet Cybertron. Karena pada titik ini dia masih belum mempunyai pengetahuan tentang kendaraan Bumi, Optimus Prime memilih bentuk Cybertronian truck sebagai perubahan alternatifnya.

Penampilannya sebagai Cybertronian truck ini bisa kita lihat di berbagai media Transformers yang menceritakan kisah flashback tentang pertempuran Cybertron. Misalnya di waralaba video game War for Cybertron, di mana perubahan alternatif Optimus Prime ini terlihat lebih kokoh dan futuristik, dengan beberapa persenjataan dan booster yang menonjol pada bagian tertentu. Meskipun tampak sangat berat, tetapi secara kecepatan Cybertronian truck Optimus Prime tidak kalah hebat dari Transformers lainnya.

Truk Semitrailer

Ketika pertama kali tiba di Bumi, bentuk mobil pertama yang menjadi pilihan Optimus Prime adalah truk semitrailer. Hal ini pertama kali terungkap di serial animasi Transformers yang dirilis pada tahun 1986 silam, di mana Optimus Prime langsung memindai truk semitrailer pertama yang ditemuinya agar bisa berubah dan menyembunyikan bentuk aslinya. Perubahan alternatif truk semitrailer berwarna biru dan merah ini kemudian menjadi dasar dari sebagian besar kemunculan Optimus Prime di berbagai media Transformers lainnya.

Di film live action Transformers garapan sutradara Michael Bay, perubahan alternatif Optimus Prime terus-menerus diceritakan mengalami perubahan dan pembaruan yang masing-masing terbilang cukup unik, mulai dari truk semitrailer Freightliner FL86, Peterbilt 379, Marmon 97, sampai Western Star 5700. Pada tahun ini Optimus Prime dipastikan akan segera kembali dalam film reboot Transformers yang berjudul Rise of the Beasts, di mana kali ini bentuk perubahan alternatifnya adalah truk semitrailer Peterbilt 1987 berwarna merah.

Truk Pemadam Kebakaran

Selain truk semitrailer, bentuk mobil populer kedua yang pernah dimiliki oleh Optimus Prime di sejumlah animasi Transformers adalah truk pemadam kebakaran berwarna merah. Perubahan alternatif ini bisa kita lihat di serial animasi Robots in Disguise dan Transformers Animated. Khusus untuk versi RID, selain bisa berubah menjadi truk pemadam kebakaran, kemampuan Optimus Prime juga diceritakan lebih beragam, di mana dia bisa menyerang musuh dengan serangan meriam air, ledakan es, bahkan mengeluarkan badai salju.

Setelah berhasil mengakses kekuatan Matrix of Leadership yang lebih besar, versi truk pemadam kebakarannya ini bahkan diperlihatkan mempunyai sebuah crane besar yang memanjang. Di mana crane ini memungkinkan Optimus Prime untuk menjangkau tempat-tempat sulit ketika dalam mode mobil dan menjadi perisai yang cukup kuat untuk menahan serangan Decepticon ketika dalam mode robot.

All-Terrain Truck

Terakhir, bentuk mobil Optimus Prime yang paling jarang diceritakan dalam sejarah Transformers adalah mode All-terrain truck. Hal ini bisa terjadi karena biasanya bentuk ini hanya bisa dicapai oleh Optimus Prime ketika dirinya sudah berhasil mencapai kondisi puncak. Di mana tubuhnya sudah mulai beradaptasi dengan setiap kekuatan yang ada pada dirinya, termasuk kemampuan untuk terbang. Itulah mengapa perubahan All-terrain truck Optimus Prime ini selalu diperlihatkan lebih besar, lebih kuat, dan mempunyai bagian belakang yang lebih padat.

Di serial animasi Transformers Prime sendiri, Optimus Prime yang sebelumnya mempunyai bentuk perubahan truk semitrailer ini baru bisa berubah menjadi All-terrain truck di season ketiga. Pada titik ini perubahan truknya diperlihatkan mempunyai bagian tambahan pada trailernya, yang tidak lain adalah sayap mekanis yang bisa dia gunakan untuk terbang ketika dalam mode robot.

Itulah berbagai bentuk mobil Optimus Prime yang pernah diceritakan dalam sejarah Transformers. Meskipun berntuk perubahannya bisa dibilang banyak, menariknya Optimus Prime selalu memilih truk sebagai favoritnya, entah itu Cybertronian truck, truk semitrailer, truk pemadam, atau All-terrain truck. Alasannya mungkin karena truk adalah bentuk yang melambangkan kekuatan sekaligus kemegahan dari seorang pemimpin Cybertronian, khususnya Autobot. Dari semua bentuk mobilnya ini mana yang menurut kalian paling cocok untuk Optimus Prime, Geeks?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.