Salah satu alasan terbesar mengapa kemudian York berkhianat dan ingin menjadi kaum naga langit adalah karena sosok Vegapunk mungkin pernah hampir jadi bagian mereka. Kaum naga langit merupakan tatanan tertinggi dalam struktur kehidupan di cerita One Piece. Diketahui jika mereka merupakan keturunan dari 20 kerajaan yang membangun World Government saat ini.

Kaum naga langit tinggal di sebuah wilayah khusus yaitu Mary Geoise, di mana mereka tinggal dengan mewah. Mereka selalu merasa hidupnya berada di atas masyarakat biasa yang dianggap lebih rendah. Hal ini terlihat dari pakaian yang mereka gunakan. Dalam chapter 1078 diketahui jika salah satu satelit Vegapunk, York, ingin menjadi kaum naga langit. Apakah ini ada kaitannya dengan masa lalu Vegapunk?

Ditawari Naga Langit

Maksud dari pernyataan di atas adalah kemungkinan sosok Vegapunk pernah ditawari untuk menjadi kaum naga langit pada masa lalu. Terdapat dua petunjuk utama yang mendukung spekulasi tersebut. Pertama adalah cerita sampul di chapter 1075 diperlihatkan bagaimana Vegapunk muda pernah pergi ke Mary Geoise. Dia nampak bertemu dengan para Gorosei dan membahas sesuatu.

Kedua, dalam kilas balik Vegapunk di Ohara, dia sempat menyampaikan kepada Dragon tentang satu-satunya alasan mengapa kemudian dia mau menerima tawaran untuk bekerja demi World Government. Menurutnya, hanya World Government yang mampu menyediakan semua sumber daya yang dibutuhkan. Mereka bisa terus memberikan suplai dalam jumlah besar tanpa henti.

Namun, yang menarik adalah di chapter 1078 Vegapunk mengatakan dengan tegas bahwa kaum naga langit adalah “manusia rendahan/hina.” Karena itulah, dia mempertanyakan mengapa kemudian York memiliki keinginan untuk menjadi kaum naga langit. Berdasarkan penjelasan di atas, ada satu hal besar yang bisa kita tarik kesimpulannya. Vegapunk tahu seperti apa sebenarnya kaum naga langit.

Meskipun begitu, dia sadar bahwa hanya mereka yang bisa mewujudkan mimpi besarnya dengan menyediakan semua sumber daya yang dia perlukan. Karena itulah, Vegapunk kemudian mau bergabung dengan SSG dan menolak untuk bergabung dengan Pasukan Revolusi. Meskipun begitu, Vegapunk sepertinya masih memiliki kebencian terhadap kaum naga langit tersebut.

Dan apa yang dihadirkan dalam cerita sampul chapter 1075 kemungkinan adalah momen di mana Vegapunk ditawari untuk menjadi kaum naga langit. Hal ini karena mereka menghargai kecerdasan yang dimiliki oleh Vegapunk. Namun, kemungkinan besar Vegapunk menolak tawaran dari Gorosei tersebut.

Alasan York Berkhianat

Apa yang kemudian terjadi dengan Vegapunk dan tawaran untuk menjadi naga langit kemungkinan jadi dasar atas alasan mengapa York berkhianat. Dan ini juga alasan mengapa kemudian York memiliki keinginan untuk menjadi kaum naga langit. Dalam chapter sebelumnya sempat dibahas jika York merupakan perwujudan dari ‘hasrat terbesar/keinginan’ Vegapunk.

Karena keenam satelit Vegapunk mewakili masing-masing emosi atau sifat Vegapunk, rasanya masuk akal jika kemudian York menjadi perwujudan dari hasrat terbesar sang ilmuwan. Dalam hal ini, ada kemungkinan jika Vegapunk sebenarnya juga memiliki keinginan besar untuk menjadi bagian dari kaum naga langit. Alasannya? Mungkin, karena mereka bisa mewujudkan apa pun yang diinginkan berkat sumber daya yang tidak terbatas.

Tetapi, di sisi lain, Vegapunk mengguntakan intuisi dan perasaannya yang mana dia tahu seperti apa kaum naga langit yang sebenarnya. Dia tahu jika kaum naga langit adalah kelompok yang korup, suka menindas, selalu memandang rendah masyarakat biasa, dan sebagainya. Ini yang mungkin jadi alasan mengapa Vegapunk mengatakan jika mereka adalah ‘manusia rendah.’

Lalu, apa koneksinya dengan York dan pengkhianatannya? York tidak memiliki kemampuan berpikir lebih jauh seperti Vegapunk, karena dia memang hanya mewakili satu emosi atau perasaan saja yaitu hasrat. Dan ini juga yang kemudian ditunjukan oleh York di mana dia berkeinginan untuk menjadi kaum naga langit dengan menyingkirkan Vegapunk dan bekerja sama dengan World Government. Ini adalah hasrat terbesar dari Vegapunk.

Mustahil Terjadi

Pertanyaan besarnya kemudian adalah apakah York memang mampu untuk menjadi bagian dari kaum naga langit? Meskipun York sangat ingin jadi kaum naga langit, tapi hal ini mustahil untuk terwujud. Satu hal utama yang membuat keinginan York mustahil terwujud adalah karena dia bukan keturunan 20 kerajaan. Seperti yang disebutkan di atas, posisi naga langit adalah mereka yang merupakan 20 keturunan kerajaan yang membentuk World Government.

York, di sisi lain, bukan bagian dari 20 kerajaan tersebut. Dia hanya satelit dari Vegapunk dan merupakan manusia buatan. Karena itulah, rasanya masuk akal jika kemudian World Government tidak mau memberikan status tersebut begitu saja kepada York. Status naga langit merupakan posisi yang tidak bisa diberikan begitu saja kepada orang lain. Yang menarik adalah bahkan World Government justru menganggap York sebagai ancaman.

Hal ini karena mereka menganggap York juga tahu apa yang dilakukan oleh Vegapunk dengan penelitiannya. Itulah yang bisa jadi alasan mengapa York dikhianati oleh World Government di mana mereka justru ingin juga menghancurkan York selain Vegapunk asli dan pulau Egghead seperti yang diperlihatkan di chapte 1079. Apakah kemudian York memiliki rencananya sendiri mengapa kemudian dia ingin menjadi kaum naga langit? Bisa jadi. Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya pada chapter yang akan datang ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.