Meskipun Fase 5 Marvel Cinematic Universe baru dimulai beberapa waktu lalu dengan film Ant-Man and the Wasp: Quantumania, saat ini para penggemar sudah tidak sabar ingin segera melihat film MCU selanjutnya Guardians of the Galaxy Vol. 3. Salah satu alasannya karena film ini digadang-gadang akan menjadi akhir dari tim Guardians ciptaan sutradara James Gunn. Di sisi lain tidak sedikit juga penggemar yang berharap generasi baru Guadians bisa terlahir di GOTG 3 melalui kemunculan sosok superhero baru bernama Nova. Bagaimana caranya? Mari kita bahas teori sekaligus sejumlah petunjuk menariknya, Geeks!

Nasib Nova Corps dan Superhero Nova di MCU

Sebelum membahas petunjuk kemunculan Nova di GOTG 3, mari kita mundur sedikit untuk mengenang sejarah MCU terkait Nova Corps, militer antargalaksi dari persekutuan bangsa alien Nova Empire yang menaungi superhero Nova di Marvel Comics. Di MCU sendiri Nova Corps yang bermarkas di Planet Xandar pertama kali diperkenalkan di film Guardians of the Galaxy (2014). Namun pada awal film Avengers: Infinity War (2018), pasukan Nova Corps diceritakan telah hancur secara off-screen setelah bertempur melawan Thanos dan pasukannya yang menghancurkan Xandar demi merebut Power Stone.

Menariknya walaupun Nova Corps sudah dinyatakan hancur, tetapi bos Marvel Studios Kevin Feige pernah mengatakan bahwa para pasukan Nova masih mempunyai ‘potensi’ di MCU. Dan sekarang berdasarkan petunjuk di trailer GOTG 3, sepertinya para Guardians yang terdiri dari Star-Lord, Mantis, Nebula, Groot, Drax, Rocket, dan Gamora akan diceritakan sebagai bagian dari Nova Corps. Hal ini terungkap melalui logo di bagian dada seragam baru Guardians yang tampaknya terinspirasi dari simbol Nova Corps.

Tentunya petunjuk menarik ini secara tidak langsung telah membuka jalan bagi superhero Nova, khususnya versi pertama yang bernama Richard Rider, untuk segera melakukan debut MCU-nya. Apalagi pada tahun 2022 lalu Deadline pernah melaporkan bahwa Marvel Studios tengah mengembangkan serial live action Nova yang dimaksudkan untuk tayang di saluran streaming Disney+ dengan Sabir Pirzada (Moon Knight) sebagai penulis naskahnya. Jadi bukan tidak mungkin Nova akan lebih dahulu tampil sebagai cameo di film GOTG 3.

Cara Nova Debut di Guardians of the Galaxy Vol. 3

Premis utama dari film ketiga GOTG yang kembali disutradarai oleh James Gunn ini akan bercerita tentang upaya para Guardians yang ingin menyelamatkan Rocket Racoon dari permasalahan masa lalunya dengan supervillain cerdas High Evolutionary. Di sisi lain mungkin Nova Corps yang baru saja bangkit serta mempunyai tujuan yang sama dengan Guardians untuk melawan High Evolutionary, akhirnya merekrut Star-Lord dan kawan-kawan untuk sebuah misi besar. Pada titik inilah Nova Corps bisa saja menunjuk salah satu anggota terbaiknya Richard Rider alias Nova sebagai perantara dengan tim Guardians.

Dengan teori ini setidaknya kemunculan Nova di GOTG 3 tidak akan mengganggu James Gunn yang hanya ingin lebih berfokus pada tim Guardians ciptaan sendiri. Karena Nova tidak harus muncul dalam setiap adegan, yang perlu dia lakukan hanya menjaga kordinasi antara Nova Corps dan tim Guardian melalui pesan teks, telepon, atau kemunculan singkatnya di credit scene setelah kisah utamanya berakhir. Selain membuat debutnya tidak mengganggu keseluruhan cerita, teori ini juga dapat memberi sedikit harapan kepada penggemar terkait masa depan Guardians di MCU dengan para anggota barunya.

Hubungan Nova dan Guardians di Marvel Comics

Richard Rider alias Nova pertama kali diperkenalkan di komik Super Adventures (1976) sebagai bagian dari militer antargalaksi Nova Corps. Kekuatan Nova sendiri terletak pada kemampuannya yang bisa mengakses Nova Force, sebuah sumber energi yang dapat memberinya kekuatan fisik super dan kemampuan untuk terbang dengan kecepatan tinggi. Selain itu, Nova juga dilengkapi dengan peralatan canggih Nova Corps seperti helm dan armor khusus yang membantunya dalam setiap pertempuran. Dengan kekuatannya ini Nova lantas menjadi salah satu anggota Guardians yang cukup berpengaruh di komik.

Dalam sejarah Marvel Comics, Nova terbilang mempunyai hubungan yang sangat erat dengan Guardians, terutama Star-Lord yang merupakan sahabatnya. Mereka sering bersekutu untuk menyelesaikan misi-misi penting yang menentukan nasib galaksi. Di sisi lain karena status Nova sebagai pemimpin Nova Corps, dia sering berbagi sumber daya dengan tim Guardians. Bahkan dalam beberapa peristiwa besar seperti Annihilation dan Realm of Kings, Nova Corps dan Guardians diceritakan saling berkerja sama. Hubungan erat inilah yang memperkuat teori kemunculan Nova di film GOTG 3 mendatang.

Sekian pembahasan tentang teori debut Richard Rider alias Nova di film GOTG 3 yang akan tayang pada 5 Mei 2023 nanti. Jika kita beruntung mungkin kebenaran dari teori ini nantinya akan menjadi momen penting untuk mengetahui siapa pemeran Richard Rider di MCU, sebelum akhirnya dia kembali mengulang perannya di serial solo Nova mendatang. Namun terlepas dari faktanya nanti seperti apa, yang jelas Guardians of the Galaxy Vol. 3 adalah salah satu film MCU yang sangat sayang untuk kita lewatkan, karena ini akan menjadi penutup dari kisah Star-Lord, Rocket, dan kawan-kawan.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.