Eiichiro Oda sudah menyuguhkan berbagai senjata artificial terkuat yang muncul dalam cerita One Piece selama lebih dari dua dekade berjalan. Alur cerita One Piece memang lebih dikenal sering menghadirkan sesuatu yang unik dan berbeda dari cerita shonen lainnya. Contohnya adalah bagaimana Oda Sensei memperkenalkan konsep buah iblis yang jadi ikon bagi franchise ini.

Selain buah iblis, bahkan kita juga mengenal konsep Haki yang juga tidak kalah luar biasa dan dahsyat dari buah iblis. Namun, satu hal yang mungkin tidak disadari banyak orang adalah bagaimana Oda juga mengedepankan ilmu pengetahuan sebagai salah satu hal yang tidak kalah dahsyat denga dua konsep unik di atas. Buktinya adalah bagaimana terciptanya berbagai senjata artificial atau buatan terkuat di cerita One Piece. Apa saja?

Pacifista

Ini adalah senjata artificial terkuat yang paling awal diperkenalkan dalam cerita One Piece. Pacifista merupakan robot ciptaan dari sosok Vegapunk. Seperti yang kita ketahui, Pacifista menjadi senjata andalan para angkatan laut saat mereka harus menghadapi bajak laut kuat. Diketahui butuh satu kapal perang besar untuk membuat satu Pacifista. Kemunculan pertama Pacifista terjadi di arc Sabaody.

Pacifista sendiri berawal dari hasil riset dan juga modifikasi tubuh dari Kuma. Sayangnya, sampai saat ini kita masih belum mengetahui informasi jelas mengenai awal mula momen tersebut. Yang pasti, Kuma merelakan tubuhnya untuk dia rubah menjadi Pacifista. Pacifista sudah beberapa kali muncul dalam cerita dan di chapter 1077 kemarin diperlihatkan bagaimana Sentomaru meluncurkan Pacifista model terkuat untuk menghadapi serangan angkatan laut.

Senjata Laser

Selain Pacifista, senjata laser atau tembakan laser merupakan senjata buatan terkuat lainnya yang diperkenalkan di awal cerita. Senjata laser sendiri erat kaitannya dengan Pacifista, karena ini adalah kemampuan yang mereka andalkan. Dari ceritanya diketahui jika Vegapunk berhasil menciptakan senjata laser dan diaplikasikan ke tubuh Pacifista berkat penelitian dari buah iblis Pika Pika milik Kizaru.

Meskipun bisa jadi efeknya tidak lebih kuat dari kekuatan buah iblis aslinya, namun dalam beberapa momen kita bisa melihat bagaimana laser yang ditembakan oleh Pacifista mampu menghasilkan daya hancur yang sangat luar biasa. Senjata laser di tubuh Pacifista biasanya ditembakan dari tangan atau mulutnya. Dan bahkan, senjata ini juga diperlihatkan ada di teknologi terbaru yaitu Seraphim.

Armor Robot

Eiichiro Oda memang tidak pernah malu-malu untuk memperlihatkan kekagumannya terhadap robot. Bahkan, dalam ceritanya sendiri diperlihatkan bagaimana sebagian kru Topi Jerami memiliki ketertarikan terhadap robot. Misalnya, Chopper, Usopp, dan bahkan Luffy. Hal ini bisa kita lihat dalam beberapa momen di ceritanya. Dan berbicara mengenai robot, armor robot menjadi salah satu senjata terkuat lainnya.

Dalam cerita One Piece, memang ada beberapa karakter yang diketahui memiliki lengan tambahan atau lengan robot. Namun, sejauh ini, baru Franky yang benar-benar berhasil merubah tubuhnya menjadi cyborg dan kemudian membuat armor robot. Dia bahkan membuat sebuah sistem sendiri yang bernama General Franky, di mana dia berubah menjadi robot dengan segala persenjataanya. Dia bahkan berhasil mengalahkan salah satu Flying Six dalam mode robot ini.

Modifikasi Genetik

Manusia adalah salah satu bangsa yang paling umum atau paling banyak ditemukan dalam cerita One Piece. Namun, seperti halnya di dunia nyata, para manusia ini tidak memiliki kekuatan yang sangat dahsyat contohnya sepert para suku raksasa. Untuk menjadi kuat manusia biasanya perlu berlatih atau mengonsumsi buah iblis. Namun, Vinsmoke Judge menemukan jalan pintas untuk mengatasi hal tersebut.

Ketika dia meneliti tentang Lineage Factor atau DNA, Judge ternyata mampu menemukan cara untuk mengaplikasikannya kepada manusia. Inilah alasan mengapa kemudian selain dia bisa menciptakan kloning, Judge juga mampu melakukan modifikasi genetik. Hal ini dia lakukan terhadap anak-anaknya. Efek dari modifikasi genetik ini adalah peningkatan kekuatan, kecepatan, dan daya tahan. Hal ini bisa kita lihat dari sosok Sanji ketika menghadapi Queen atau bahkan ketika menghadapi S-Shark.

Raid Suit

Raid Suit adalah ciptaan lainnya yang dihadirkan oleh Vinsmoke Judge. Dia sengaja menciptakan Raid Suit untuk digunakan oleh seluruh anak-anaknya serta dirinya. Pada dasarnya, Raid Suit adalah armor atau pakaian khusus yang akan mengaktifkan dan menambah modifikasi genetik dalam tubuh mereka. Dengan demikian, kekuatan mereka akan bertambah berkali-kali lipat karena hal ini.

Selain menambah kekuatan dari penggunanya, ada juga fungsi lain dari Raid Suit. Ketika bagian sepatu dari Raid Suit diaktifkan, maka hal tersebut akan memberikan mereka tambahan kecepatan dan kekuatan tendangan. Mereka juga bisa menggunakannya untuk melompat dan berjalan atau melayang di udara. Raid Suit juga sudah terbukti tahan terhadap berbagai serangan kuat. Selain itu, Raid Suit memberikan masing-masing penggunanya kekuatan unik.

Virus Ice Demon

Virus Ice Demon merupakan sebuah senjata pemusnah massal yang sangat mengerikan. Hal ini terbukti dalam pertempuran puncak di Onigashima. Sosok pencipta dari virus mengerikan tersebut tidak lain adalah Queen. Virusnya sendiri diketahui memiliki efek membekukan kulit dari korbannya. Meskipun memberikan sedikit peningkatan kekuatan, jika dalam waktu tertentu virusnya tidak ditangani maka mereka akan tewas.

Yang paling berbahaya dari virus ini adalah kemampuannya untuk menyebar dengan sangat cepat. Mereka yang terkena atau bahkan tersentuh virusnya dari orang lain bisa juga langsung tertular. Yang juga tidak kalah mengerikan adalah nyawa para korbannya hanya bisa diselamatkan atau disembuhkan dengan obat penawar yang dibuat oleh Queen dan diproduksi secara sedikit. Namun, beruntung, Dr. Miyagi dan Chopper bisa memperbanyak obat penawarnya.

Sea Beast Weapon

Saat kru Topi Jerami pertama kali tiba di pulau Egghead, mereka langsung diambut oleh hiu robot raksasa. Ternyata, itu adalah salah satu dari sekian banyak Sea Beast Weapon yang diciptakan oleh Vegapunk sebagai salah satu sistem pertahanan di pulau tersebut. Dalam penelitiannya, Vegapunk sengaja menggunakan makhluk atau monster laut biasa yang kemudian dipersenjatai.

Masing-masing Sea Beast Weapon memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda-beda. Namun, satu hal yang sama adalah semuanya terkenal karena kekuatan yang sangat dahsyat. Ukuran dari Sea Beast Weapon bahkan mampu untuk mengancam sebuah kapal perang angkatan laut. Dan senjata yang ada di tubuh mereka semakin memperkuat atau membuat mereka semakin berbahaya.

Seraphim

Selain beberapa hal yang sudah disebutkan di atas hasil karya besar dari sosok Vegapunk lainnya Seraphim. Simpelnya, Seraphim merupakan versi yang jauh lebih kuat dari model Pacifista sebelumnya. Seraphim sendiri pertama kali diperkenalkan di chapter 1059, di mana Seraphim dibawa oleh pihak angkatan laut untuk menghadapi Boa Hancock. Ini merupakan senjata baru dari pihak angkatan laut untuk menggantikan para Shichibukai.

Salah satu aset terbesar yang dimiliki oleh Seraphim adalah mereka memiliki kekuatan “dewa” di dunia One Piece. Para Seraphim diketahui memiliki DNA dari bangsa Lunarian. Selain DNA Lunarian, yang membuat Seraphim jadi senjata buatan terkuat di dunia One Piece adalah mereka memiliki kekuatan buah iblis. Perpaduan itu membuat Seraphim menjadi senjata manusia paling kuat yang pernah ada.

Bubble Gun

Bubble Gun merupakan ciptaan Vegapunk lainnya yang jadi salah satu senjata terkuat dalam daftar ini. Dalam chapter 1077 diperlihatkan bahwa Bubble Gun merupakan senjata yang mampu menetralkan kekuatan buah iblis. Bubble Gun sendiri memiliki bentuk yang unik di mana bentuk senjata ini lebih mirip sebuah tongkat dengan ujung yang mirip seperti terompet.

Bubble Gun tidak menembakan peluru, melainkan menembakan gelembung berukuran besar. Meskipun nampak seperti gelembung biasa, namun ternyata ada yang spesial dari gelembung yang dikeluarkan dari Bubble Gun. Gelembung berukuran besar tersebut memiliki “energi laut” atau dengan kata lain terdapat energi batu laut di gelembung tersebut. Inilah alasannya Bubble Gun bisa disebut senjata anti buah iblis.

Teknologi dan ilmu pengetahuan merupakan dua hal yang sebenarnya sudah sejak lama diperkenalkan dalam cerita One Piece. Dan berbagai senjata buatan terkuat di atas adalah bukti nyata dari hal ini. Mereka adalah hasil atau produk dari ilmu pengetahuan yang dihadirkan dalam ceritanya. Dan hasilnya sendiri tidak kalah dahsyat atau mematikan dari buah iblis atau Haki.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.