Kekuatan Advanced Observation Haki milik Shanks membuat dia bisa melihat ke masa depan yang mana bisa jadi ini yang buat Shanks jadi sosok tidak terkalahkan. Fakta ini terungkap dalam manga One Piece chapter 1079 yang seolah memberikan bukti nyata lainnya tentang kekuatan dahsyat yang dimiliki oleh Shanks. Geeks tentunya sudah tidak asing dengan kekuatan dari Shanks.

Sejauh ini, Oda Sensei memang jarang menghadirkan karakternya dalam cerita apalagi untuk bertarung. Meskipun begitu, Oda beberapa kali memperlihatkan sedikit kemampuan dan juga kekuatannya. Salah satu hal yang paling mencolok dari Shanks adalah penggunaan Haki. Bahkan, kekuatan Haki ini juga yang mungkin membuat Shanks jadi karakter yang tidak terkalahkan.

Kedahsyatan Haki Shanks

Geeks mungkin sudah tahu bahwa seperti yang disebutkan oleh Sengoku, kelompok bajak laut Shanks adalah yang paling rata dalam hal kekuatan dibandingkan para kru bajak laut lainnya. Hampir semua kru memiliki kemampuan yang sama dahsyatnya dengan sosok Shanks. Namun, tentunya Shanks adalah sosok yang paling kuat di antara mereka. Salah satu hal yang membuat Shanks disegani adalah kemampuan Hakinya yang luar biasa.

Dibandingkan dengan karakter kuat lainnya, Shanks adalah salah satu karakter yang mampu menjadi sosok legendaris tanpa ada bantuan dari buah iblis. Selama petualangannya menjadi bajak laut, diketahui Shanks hanya mengandalkan kekuatan Haki yang dia miliki. Bahkan, kemampuan Haki miliknya ini banyak diakui oleh karakter legendaris lain seperti Whitebeard.

Kemampuan Haki Shanks sempat diperlihatkan beberapa kali dalam cerita One Piece. Namun, beberapa yang paling epik diperlihatkan oleh Oda dalam dua momen. Momen pertama adalah ketika Shanks dan kelompok bajak laut Rambut Merah ada di Wano. Dia menggunakan Advanced Conqueror Haki untuk “menyerang” dan melumpuhkan admiral Green Bull tanpa bertemu secara langsung.

Shanks mampu membuat Green Bull tidak berdaya, yang mana luar biasanya adalah keberadaan satu sama lain sangat jauh. Shanks berada di pantai Wano dan Green Bull ada di sekitar ibu kota Bunga. Namun, kekuatan Hakinya mampu mencapai sosok Green Bull dan bahkan dia mampu berkomunikasi dengan Green Bull. Momen kedua terjadi di chapter terbaru yaitu chapter 1079.

Dalam chapter tersebut, Shanks diperlihatkan bergerak untuk menghadapi Kid. Namun, yang menarik adalah sebelum Shanks menyerang Kid dia nampak dalam keadaan tenang. Tetapi, ekspresinya berubah ketika Shanks melihat momen pada masa depan di mana kid menyerang dan menghancurkan kapal-kapal armadanya dengan teknik Damned Punk. Inilah yang kemudian membuat Shanks marah dan menghancurkan Kid dengan seketika.

Shanks Tidak Terkalahkan

Apa yang diperlihatkan di chapter 1079 menegaskan seberapa dahsyat level kekuatan Haki dari Shanks. Artinya, Shanks bukan hanya berhasil menguasai penuh Conqueror Haki dan Armament Haki melainkan juga Observation Haki. Buktinya adalah Shanks bisa melihat ke masa depan. Dalam cerita One Piece, mampu melihat ke masa depan adalah tanda seseorang sudah menguasai jenis Haki tersebut.

Sejauh ini, baru tiga orang yang diketahui memiliki kemampuan tersebut yaitu Charlotte Katakuri, Monkey D. Luffy, dan Sanji. Untuk Sanji sendiri sebenarnya masih belum terkonfirmasi pasti mengenai hal ini, namun bagaimana dia bisa menghindari serangan yang mengarah kepadanya saat di arc Whole Cake Island bisa jadi petunjuk bahwa dia memiliki kemampuan ini.

Rayleigh juga kemungkinan memiliki kemampuan tersebut, meskipun sangat kecil peluangnya. Berkaca pada hal tersebut, kekuatan Haki ini juga yang mungkin jadi rahasia mengapa kemudian Shanks jadi karakter yang tidak terkalahkan. Dalam ceritanya, Shanks mampu bertahan dari berbagai serangan dahsyat para monster lautan misalnya Whitebeard atau bahkan Kaido.

Yang tidak kalah epik juga adalah bagaimana reputasi Shanks sebagai rival dari Mihawk. Selain kemampuan berpedang yang luar biasa, yang jadi modal untuk bisa menandingi kemampuan Mihawk, Shanks juga bisa jadi mengandalkan kemampuan melihat masa depan ini untuk mengetahui apa serangan Mihawk selanjutnya. Karena itulah, Shanks mampu menahan kekuatan dari Mihawk.

Selain menghadapi Mihawk, chapter 1079 juga seolah memberikan petunjuk jika melihat ke masa depan Shanks lakukan ketika hendak bertarung menghadapi musuh-musuh lainnya. Dia tahu apa yang akan terjadi dan seperti apa pergerakan musuh. Dan hal itu pun menjadi modal Shanks untuk menyerang terlebih dahulu demi mencegah apa yang dia lihat terjadi.

Shanks Mampu Ubah Masa Depan

Berbicara mengenai kemampuan Advanced Observation Haki milik Shanks yang membuatnya bisa melihat ke masa depan, terdapat sebuah spekulasi menarik jika Shanks mampu untuk mengubah masa depan. Dalam spekulasinya, kemampuan melihat masa depan Shanks berbeda dengan Katakuri dan Luffy. Geeks tentunyatahu jika mereka berdua hanya bisa melihat ke masa depan untuk beberapa saat.

Namun, untuk sosok Shanks bisa jadi dia sudah bisa melihat apa yang terjadi di beberapa bulan yang akan datang atau bahkan beberapa tahun yang akan datang. Apa yang dihadirkan dalam chapter 1079 mungkin baru sedikit dari kemampuan melihat masa depan dari Shanks. Dan mengingat Shanks mampu menggunakan kemampuan Haki ke tingkat ekstrem, rasanya bukan hal mustahil jika dia juga mampu melakukan hal tersebut dengan penglihatan masa depan.

Bukti-buktinya sendiri memang tidak terlalu kuat dan jelas, namun ada beberapa hal yang dianggap bisa menjadi pertimbangan untuk hal tersebut. Pertama, Shanks memperingatkan Whitebeard bahwa pertarungan antara Ace dan Blackbeard bukannya membuat masalah selesai namun justru akan membawa bencana kepada kelompok Whitebeard.

Yang menarik adalah Shanks mengatakan hal tersebut beberapa bulan sebelum perang puncak di Marineford antara Whitebeard beserta kelompoknya melawan seluruh pasukan angkatan laut terjadi. Mungkin ada yang beranggapan bahwa hal itu merupakan sekedar prediksi yang tepat dari sosok Shanks, dan memang tidak salah. Namun, ada hal yang perlu diperhatikan dalam momen ini.

Jika itu memang sekedar prediksi atau intuisi, Shanks tidak mungkin mau repot-repot datang untuk menemui Whitebeard dan menjelaskan semuanya dengan sangat serius. Bahkan, Shanks sendiri pada akhirnya harus bertarung melawan Whitebeard di kapal Moby Dick. Kemudian, di akhir pertempuran Marineford Shanks mengatakan bahwa apa yang dilakukan oleh Koby mampu mengubah masa depan.

Kembali, mungkin apa yang diungkapkan oleh Shanks tersebut bisa jadi hanya sekedar prediksi atau sekedar kata-kata biasa saja. Namun, bagaimana jika sebenarnya apa yang diungkapkan Shanks tersebut benar – dan memang hal tersebut terbukti sejauh ini. Berdasarkan hal tersebut, bisa diasumsikan bahwa sebenarnya apa yang dilakukan Shanks adalah merubah masa depan. Dan bisa jadi, apa yang Shanks lakukan saat ini dalam cerita One Piece pun sebenarnya adalah upaya untuk merubah masa depan.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.