Tayang perdana di Indonesia sejak tanggal 22 Maret kemarin, John Wick: Chapter 4 kembali bercerita tentang upaya mantan assassin bernama John Wick yang mencoba untuk keluar dari dunia hitam, tetapi malah makin terseret ke dalamnya. Di film keempatnya ini John Wick diceritakan harus berhadapan langsung dengan kelompok kriminal High Table yang menguasai underworld, dimulai dari sosok Marquis de Gramont. Siapa sebenarnya antagonis yang diperankan oleh Bill Skarsgard ini? Sambil menghindari spoiler, mari kita bahas seperti apa karakter Marquis di film yang sangat diantisipasi penggemar ini.

Petinggi High Table yang Misterius dan Oportunis

Berdasarkan informasi resmi yang tertulis di daftar jajaran pemeran John Wick 4, peran Bill Skarsgard yang bernama Marquis de Gramont ini digambarkan sebagai anggota High Table yang posisinya ditantang oleh sang Baba Yaga. Dalam sesi wawancaranya dengan Total Film, Skarsgard menjelaskan bahwa Marquis adalah karakter yang asal-usulnya tidak diketahui, tetapi dia bisa naik posisi dengan cepat di dalam High Table karena telah melakukan banyak hal. Hal tersebut terbukti dari upaya terbarunya yang mencoba mengambil peran aktif sebagai sosok yang memimpin pencarian John Wick oleh High Table.

Berdasarkan deskripsi yang disampaikan oleh Skarsgard, karakter Marquis ini terdengar seperti sosok jahat sekaligus misterius yang berusaha memanfaatkan keterpojokan John Wick di dunia assassin demi kebaikannya sendiri. Hal inilah yang kemudian membuatnya seperti seorang reformis di dalam kelompok underworld High table yang ingin segala sesuatunya sesuai dengan keinginannya sendiri. Satu-satunya cara untuk mencapai tujuannya tersebut adalah dengan membunuh John Wick yang dia anggap sebagai penghalang, sehingga nantinya dia bisa meningkatkan status kekuasaannya di High Table.

Berasal Dari keluarga Bangsawan Prancis?

Meskipun asal-usul Marquis de Gramont masih menjadi misteri, tetapi faktanya ‘Gramont’ sendiri adalah nama belakang dari para anggota keluarga bangsawan yang sangat berpengaruh pada era Prancis kuno. Di mana nama keluarga ini sering dihubungkan juga pada kastil Gramont yang berada di Provinsi Basque, Prancis. Mereka terkenal karena keterlibatan mereka dalam kehidupan militer dan politik Prancis. Salah satu tokoh penting dalam keluarga Gramont adalah Antoine III de Gramont, yang terkenal sebagai seorang panglima perang Prancis pada abad ke-17.

Terlepas dari status kebangsawanannya yang tidak bisa kita mungkiri, mungkin tidak banyak yang tahu bahwa keluarga Gramont juga dikenal sebagai pendukung tokoh antagonis di film Three Musketeers yang bernama Kardinal Richelieu. Kehadiran Marquis sebagai salah satu anggota keluarga Gramont ini tentunya dapat membuat filmnya menjadi lebih menarik lagi. Karena di dunia nyata Gramont merupakan keluarga yang identik dengan kekuasaan, perang, dan kebangsawanan, jangan heran jika nanti Marquis de Gramont menjadi antagonis yang sangat besar sekaligus kuat bagi John Wick.

Antagonis Berkelas Dengan Banyak Ajudan

Selaras dengan pernyataan Skarsgard dan juga penggambaran keluarga bangsawan Gramont di Prancis, sutradara Chad Stahelski juga mencoba memberikan gambaran mengapa kehadiran Marquis Gramont cocok untuk tema berkelas di film John Wick 4. Menurutnya duel antara Marquis dan John yang kelasnya sangat berbeda ini mirip seperti era medieval di mana kekuatan digunakan untuk memanipulasi sekaligus mendapatkan kekuasaan. Dengan mengalahkan John Wick yang kini tengah menjadi musuh utama High Table, Marquis sangat berharap bisa meraih kekuasaan yang lebih tinggi di High Table.

Di sisi lain Marquis juga tampaknya sangat sadar bahwa secara pengalaman dan kekuatan fisik dia tidak bisa berhadapan langsung dengan sang Baba Yaga. Sehingga dia akhirnya menyewa sejumlah ajudan yang kemampuannya mungkin bisa menandingi John, seperti Caine yang Donnie Yen yang digambarkan sebagai assassin tunanetra, serta tangan kanan Marquis yang diperankan oleh Marko Zaror bernama Chidi. Jika Marquis bertindak sebagai otaknya, maka Caine dan Chidi adalah otot sekaligus eksekutornya, yang mau tidak mau harus dikalahkan terlebih dahulu oleh John.

Nah berdasarkan semua ini sudah cukup jelas mengapa Marquis de Gramont layak untuk menjadi antagonis di John Wick 4. Alasan utamanya adalah karena dia punya ambisi yang sangat besar terhadap kekuasaan di dunia kriminal underworld, hal inilah yang kemudian membuatnya menjadi sosok yang sangat berbahaya bagi John. Perlu kita catat juga bahwa apa yang kita bahas ini mungkin hanya kulit luarnya saja, akan ada lebih banyak lagi yang terungkap ketika kalian melihat filmnya langsung di bioskop. Bagi yang belum menonton John Wick: Chapter 4 saat ini filmnya sudah bisa disaksikan di bioskop kesayangan kalian.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.