Siapa yang tidak mengenal Stan Lee. Terkenal sebagai salah satu penulis terbesar dalam dunia komik khususnya Marvel Comics, Stan Lee telah berhasil menciptakan banyak sekali karakter populer dengan origin dan superpower-nya masing-masing, seperti manusia laba-laba Spider-Man, milyuner genius Iron Man, dan kumpulan mutant heroik X-Men. Namun terlepas dari popularitasnya, sedikit yang tahu bahwa Stan Lee juga ternyata pernah menciptakan beberapa karakter superhero yang tidak terkait dengan Marvel Comics. Berikut ini lima superhero non Marvel yang diciptakan langsung oleh Stan Lee!

Chakra the Invisible

Superhero non Marvel selanjutnya yang diciptakan oleh Stan Lee adalah Chakra The Invincible. Karakter ini dikembangkan Lee bersama Sharad Devarajan dan Gotham Chopra dari perusahaan media India, Graphic India. Karakter ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 2011 dalam sebuah serial animasi India dan komik digital Chakra The Invincible yang bercerita tentang seorang anak laki-laki India bernama Raju Rai. Di mana dia mendapatkan kekuatan super setelah menemukan sebuah cakra ajaib di gua suci India. Cakra tersebut memungkinkannya untuk menjadi superhero Mumbai bernama Chakra, yang mampu melakukan teleportasi, telekinesis, telepati dan menyembuhkan diri sendiri.

Heroman

Heroman adalah superhero non Marvel yang diciptakan oleh Stan Lee bersama Tamon Ohta untuk sebuah serial anime berjudul sama yang rilis perdana pada tahun 2011. Kisahnya dimulai saat Joey Jones memperbaiki sebuah robot rusak yang secara ajaib berubah menjadi robot raksasa bernama Heroman dan kemudian digunakan untuk melawan ancaman alien. Kekuatan utama Heroman sendiri adalah memperbesar ukuran tubuhnya serta kekuatan fisik yang sangat luar biasa. Selain itu, dia juga dapat menembakkan serangan listrik dari tangannya dan terbang dengan kecepatan yang sangat tinggi. Heroman juga dilengkapi dengan perisai energi yang dapat melindunginya dari musuh.

Soldier Zero

Soldier Zero adalah superhero BOOM! Studios yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 2010 melalui komik solonya sendiri. Superhero non Marvel ini diciptakan langsung oleh Stan Lee bersama Paul Cornell dan Javier Pina. Soldier Zero sendiri awalnya adalah seorang veteran perang bernama Stuart Trautmann yang diceritakan mengalami kelumpuhan. Suatu hari ketika Stuart terhubung dengan makhluk asing yang memberinya kekuatan super untuk mengendalikan ‘Null-Power’, dia akhirnya dapat berjalan kembali sekaligus mempunyai kostum khusus Armor Zero yang memungkinkannya melakukan regenerasi, mempunyai kekuatan fisik super, dan menciptakan berbagai senjata dengan Null-Power.

Starborn

Pertama kali diperkenalkan pada tahun 2011, Starborn adalah superhero non Marvel ciptaan Stan Lee, Chris Roberson, dan Khary Randolph yang pada saat itu bekerja dengan BOOM! Studios. Karakter bernama asli Benjamin Warner ini awalnya hanyalah seorang novelis yang ingin karya diterbitkan. Kehidupannya mulai berubah setelah Benjamin menyadari asal-usul yang sebenarnya, di mana dia ternyata adalah seorang alien yang memiliki kemampuan super seperti kekuatan fisik, telepati, pengendalian energi, kemampuan astral, regenerasi, dan kloning. Dengan kekuatannya inilah dia menjadi superhero bernama Starborn yang melindungi Bumi dan semua isinya.

The Traveler

Satu lagi superhero non Marvel bernama The Traveler yang diciptakan oleh Stan lee pada tahun 2010 untuk komik BOOM! Studios. Origin Traveler bercerita tentang seorang pria misterius bernama Ronald Lessik, yang dapat melakukan perjalanan melintasi ruang dan waktu untuk mengubah masa depan. Selain dapat mlakukan perjalanan waktu, Traveler juga mampu mempercepat dan memperlambat waktu, mempunyai kekuatan fisik yang melebihi manusia biasa, mempunyai kemampuan telepati, memulihkan lukanya sendiri, bahkan mengubah realitas di sekitarnya. Dalam petualgannya Traveler juga sering terlihat bersama superhero ciptaan Stan Lee yang lain, yaitu Soldier Zero dan Starborn.

Itulah 5 superhero non Marvel ciptaan Stan Lee yang semuanya memiliki origin dan juga kekuatan super yang unik. Dari semua superhero ini, dapat kita lihat bahwa Stan Lee tidak hanya terkenal karena karya-karyanya yang ada di Marvel Comics saja, tetapi juga dalam menciptakan karakter superhero yang luar biasa dari berbagai media yang tersebar di seluruh dunia. Walau mungkin tidak sepopuler karakter Marvel, karya Stan Lee ini tetaplah merupakan suatu prestasi yang patut kita apresiasi sebagai penggemarnya.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.