Saat ini industri perfilman Hollywood tengah diramaikan oleh banyak jagat sinema live action yang setiap filmnya saling terkoneksi melalui kehadiran sosok big bad villain. Misalnya Marvel Cinematic Universe yang sebelumnya telah menjadikan Thanos sebagai musuh bersama di Infinity Saga. Nah, hal yang sama juga mungkin akan dihadirkan di Universe Transformers dengan film terbarunya yang berjudul Transformers: Rise of the Beasts. Dan sosok big bad villain Transformers yang dimaksud bukanlah Scourge apalagi Megatron, melainkan Unicron the Chaos-Bringer yang tingkat ancamannya jauh lebih berbahaya!

Unicron di Berbagai Kisah Transformers

Pertama-tama mari kita kenali terlebih dahulu siapa sebenarnya Unicron di berbagai kisah Transformers sebelumnya. Debut di film animasi The Transformers (1986), Unicron digambarkan sebagai robot raksasa kosmik yang mempunyai tujuan untuk menyebarkan kekacauan di alam semesta sekaligus memangsa setiap planet yang ditemuinya. Hal serupa juga pernah berkali-kali diceritakan di berbagai kisah Transformers lainnya, yang terbentang dari mulai komik, serial animasi, sampai video game. Berdasarkan hal tersebut cukup jelas bahwa dia merupakan sosok big bad villain Transformers yang sesungguhnya.

Lebih jauh lagi berbagai komik Transformers pernah menjelaskan bahwa sejatinya Unicron adalah kembaran sekaligus musuh bebuyutan dari pencipta Tranformers yang bernama Primus. Bahaya serta ancaman Unicron bahkan berada pada tingkat yang jauh lebih luas dari sekadar Megatron atau villain Transformers lainnya, di mana dia ingin mengonsumsi multiverse dan menjadi pusat dari segalanya. Pada setiap kemunculannya, Unicron sendiri selalu menunjuk herald atau pembawa pesan malapetaka yang dijanjikan kekuatan yang sangat luar biasa sebagai imbalan atas pengabdian mereka.

Salah satu herald Unicron paling terkenal adalah kelompok robot jahat Terrorcon yang diberikan kekuatan Dark Energon agar mereka bisa menjadi pasukan elite bagi sang Chaos-Bringer. Dalam berbagai kisahnya, para herald ini selalu diceritakan berusaha membuka jalan selebar mungkin, entah itu dengan menciptakan portal atau membuat kerusuhan di suatu planet, agar Unicron bisa memperbesarkan potensi kemenangannya di mana pun dia berada. Kekuatan kosmik Unicron sendiri pada akhirnya sering kali membuat semua kelompok robot mengesampingkan perbedaan mereka agar bisa mengalahkannya.

Petunjuk Unicron di Rise of the Beasts

Petunjuk utama yang memperkuat status Unicron sebagai big bad villain di Universe Transformers versi live action adalah kemunculan Scourge dan kelompok robot Terrorcon sebagai antagonis di film Rise of the Beasts mendatang. Terrorcon yang menggeser posisi Megatron dan Decepticon ini digadang-gadang akan menghadirkan ancaman yang jauh lebih besar, yang pada akhirnya mendorong para Autobot untuk bekerja sama dengan kelompok robot protagonis baru yang disebut Maximal. Kerjasama mereka ini mungkin nantinya dimaksudkan untuk menyambut kedatangan ‘sesuatu yang sangat mengancam’.

Berdasarkan apa yang terlihat di trailer Rise of the Beasts, pemimpin Maximal yang bernama Optimus Primal bahkan sampai mengatakan kepada Optimus Prime bahwa “ada kegelapan yang akan datang.” Bisa saja maksud dari Primal ini sebenarnya bukan merujuk pada kedatangan Scourge dan Terrorcon, melainkan sosok big bad villain yang ada di balik mereka. Terrorcon sendiri mungkin sebenarnya adalah bagian dari herald atau pasukan elite Unicron yang berniat membukakan jalan bagi sang Lord of Chaos agar bisa memakan planet Bumi dan semua isinya, seperti yang terjadi di kisah Transformers lainnya.

Peran Besar Scourge dan Terrorcon

Jika benar Unicron adalah big bad villain di Universe Transformers versi live action nanti, kemungkinan besar dia tidak akan langsung muncul sepenuhnya di film pertama Rise of the Beasts. Sebagai permulaan kita mungkin akan lebih dahulu melihat upaya Scourge dan Terrorcon yang ingin membukakan jalan bagi majikannya. Di mana hal ini diketahui oleh para Maximal yang kemudian segera mengabarkannya kepada Optimus Prime dan Autobot lainnya.

Teori paling sederhana, bisa saja kedatangan Terrorcon ke Bumi sebenarnya ingin menciptakan atau mengumpulkan sejumlah mesin Transwarp untuk mengaktifkan Transwarp Bridge yang akan bisa membawa Unicron. Dalam cerita Transformers sendiri Transwarp dikenal sebagai mesin yang sering difungsikan sebagai space bridge alias portal ruang dan waktu yang dapat membawa para Cybertronian ke suatu lokasi secara instan.

Mengingat Unicron merupakan Cybertronian yang ukurannya sangat besar mungkin Scourge dan Terrorcon membutuhkan upaya yang lebih besar untuk menciptakan Transwarp Bridge raksasa. Ada kemungkinan mereka sebenarnya telah menempatkan sejumlah Transwarp di planet lain dan Bumi adalah lokasi terakhir yang dapat menyempurnakan Transwarp Bridge khusus Unicron. Ketika semuanya rampung, tinggal menunggu waktu sampai akhirnya portal dihidupkan dan Unicron akhirnya bisa menampakkan dirinya, mungkin di ending Rise of the BeastsĀ atau di film selanjutnya.

Sekian pembahasan teori tentang kemunculan Unicron sebagai big bad villain di Universe Transformers mendatang. Kemunculan Scourge dan Terrorcon di film Rise of the Beasts sendiri mungkin berfungsi sebagai pembawa pesan malapetaka yang nantinya akan dilanjutkan dengan kedatangan dramatis dari Unicron the Chaos-Bringer. Bagaimana menurut kalian dengan teori ini, Geeks? Kita lihat saja nanti seperti apa kebenarannya saat film Transformers: Rise of the Beasts tayang di bioskop pada tanggal 9 Juni 2023.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.