Selain teknik Kamusari yang dia gunakan untuk mengalahkan Killer dan bahkan Eustass Kid dalam satu kali serangan, Shanks kemungkinan masih memiliki jurus rahasia lain. Shanks merupakan salah satu dari beberapa karakter yang populer dalam cerita One Piece, meskipun dia hanya muncul sebentar atau sekilas. Di sisi lain, asal-usulnya sampai saat ini masih dirahasiakan oleh Oda Sensei.

Meskipun begitu, sekarang Shanks sudah mulai sering muncul dalam cerita sebagai bagian dari janji Oda Sensei. Oda mengatakan jika Shanks akan mulai bergerak. Dan hal ini pun terbukti pasca akhir arc Wano Country. Yang paling baru adalah bagaimana Shanks berhasil menghancurkan Eustass Kid hanya dalam satu serangan. Dia menggunakan teknik Kamusari. Namun, selain Kamusari Shanks kemungkinan memiliki jurus rahasia lain.

Kekuatan Berpedang Shanks

Selain asal-usulnya yang juga masih menjadi rahasia dari sosok Shanks adalah mengenai kekuatannya. Kita masih belum tahu seberapa kuat sebenarnya sosok Shanks dalam cerita One Piece. Meskipun begitu, Oda Sensei sempat beberapa kali memperlihatkan Shanks menggunakan kekuatannya dalam cerita. Ada beberapa contoh kejadian atau momen yang memperlihatkan kekuatan dari Shanks.

Pertama adalah ketika Shanks menyelamatkan Luffy dari serangan Sea King. Selanjutnya kita pernah diperlihatkan bagaimana kemampuan berpedang dari Shanks, ketika dia mengunjungi Whitebeard di kapal Moby Dick. Shanks nampak mampu menahan serangan Whitebeard yang menggetarkan wilayah tersebut, bahkan mampu membuat langit di sana terbelah.

Berbicara mengenai teknik berpedang, Shanks diperlihatkan mampu mengalahkahkan Eustass Kid dan Killer dengan hanya satu serangan. Mereka berdua dikalahkan oleh teknik Kamusari. Teknik berpedang ini merupakan teknik dahsyat milik Gol D. Roger, yang bahkan sanggup membuat Kozuki Oden terhempas jauh. Karena itu, rasanya memang wajar jika kemudian Kid dan Killer bisa dikalahkan dengan hanya satu serangan Kamusari.

Jadi, kesimpulannya, sampai saat ini Oda Sensei masih belum memberikan banyak informasi mengenai kekuatan Shanks. Yang baru diketahui sejauh ini Shanks memiliki kekuatan Haki yang dahsyat dan juga kemampuan berpedang. Dan contoh nyata dari hal tersebut bagaimana kemudian dia menggunakan teknik Kamusari milik Roger untuk mengalahkan Kid.

Punya Jurus Rahasia Lain

Pertanyaan besarnya kemudian adalah apakah Shanks memiliki jurus rahasia lain? Untuk saat ini, memang masih belum ada jawaban pasti terkait pertanyaannya. Namun, melihat apa yang dihadirkan oleh Shanks di chapter 1079 rasanya besar kemungkinan jika masih ada jurus rahasia lain yang belum dia perlihatkan. Dalam artikel sebelumnya dijelaskan bahwa Shanks mungkin belajar teknik berpedang dari Roger atau Rayleigh.

Inilah yang kemungkinan menjadi alasan mengapa kemudian Shanks bisa menggunakan teknik Kamusari. Selain Kamusari, bisa jadi Shanks diajarkan tentang teknik lainnya yang mungkin baru akan dihadirkan nanti ketika dia bertarung menghadapi musuh. Mungkin juga Shanks akan menggunakan jurus rahasia lain yang dia pelajari atau kembangkan sendiri. Hal ini tentunya akan mirip seperti Zoro.

Satu hal yang pasti, jurus rahasia lain dari Shanks ini kemungkinan akan sama kuatnya dengan teknik Kamusari. Atau bisa juga Shanks kemudian mengembangkan teknik berpedang yang jauh lebih dahsyat lagi dari Kamusari yang kemudian jadi jurus rahasia lainnya. Contohnya, dia akan mampu membelah dan menghancurkan apa pun. Seperti yang disebutkan oleh Koushiro bahwa ahli pedang yang baik adalah mereka yang mampu untuk membelah atau menghancurkan apa pun yang mereka inginkan dengan pedangnya.

Yang paling ekstrem, mungkin Shanks bukan hanya mampu membelah langit dengan pedangnya. Dia bisa jadi akan mampu membelah ruang dan waktu, mengirim musuhnya ke tempat lain atau bahkan dimensi lain. Bisa juga Shanks memiliki teknik epik seperti Ashura Ichibugin milik Zoro. Mengingat Shanks sangat menguasai Haki, rasanya bukan hal mustahil jika dia memiliki teknik yang mampu mengintimidasi lawannya.

Ashura Ichibugin sendiri adalah contoh nyata dari hal ini, di mana musuh akan melihat Zoro menggunakan sembilan pedang. Untuk Shanks, mungkin musuh akan melihat ilusi di mana Shanks bergerak dengan cepat ke arah mereka dan juga kekuatan penuh. Musuh tidak akan mampu bergerak atau menahan serangan tersebut. Mereka pada akhirnya kalah atau bahkan yang paling mengerikan adalah tewas. Kita nantikan saja ya Geeks kejutan dahsyat lainya dari sosok Shanks dan juga jurus rahasia lain yang akan dia hadirkan dalam pertarungan epik lainnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.