Hampir di setiap kisah fiktif atau legenda, hewan mitologi seperti naga pada umumnya selalu menjadi karakter primadona yang bisa membuat sebuah cerita terasa lebih megah dan mewah. Yang lebih menariknya lagi, hal serupa juga terbilang cukup sering diterapkan di semesta komik superhero dan supervillain sekelas Marvel Universe yang di dalamnya terdapat banyak sekali jenis hewan eksotis. Berikut ini lima naga Marvel paling legendaris yang telah hidup untuk waktu yang sangat lama sekaligus mempunyai peran yang sangat besar sebagai pelengkap dari kisah superhero dan supervillain di semesta komiknya!

Fin Fang Foom

Penggemar setia Marvel Comics pasti pernah mendengar nama Fin Fang Foom. Naga alien Makluan yang berasal dari luar angkasa ini diceritakan sengaja mendarat di Tiongkok untuk menguasai Bumi secara keseluruhan. Namun dalam prosesnya naga Marvel yang mempunyai kemampuan untuk berubah bentuk dan memanipulasi ukurannya ini justru malah memakan tanaman herbal yang dapat membuatnya tertidur selama ribuan tahun. Dalam cerita kebangkitannya yang lebih dari sekali, Fin Fang Foom telah bertempur dengan para superhero dan supervillain populer Marvel, seperti Mandarin, Shang-Chi, bahkan Iron Man, hanya untuk kembali ditidurkan di lokasi yang tidak terjamah oleh manusia biasa.

Grogg

Satu lagi naga legendaris Marvel bernama Grogg yang diceritakan telah tertidur untuk waktu yang sangat lama di muka Bumi tepatnya di pegunungan Uni Soviet. Ketika era Perang Dingin Soviet-Amerika, seorang ilmuwan diceritakan melakukan tes bom nuklir di tempat Grogg tertidur. Hasilnya Grogg bangkit dengan rasa lapar yang tidak terbendung, sehingga para ilmuwan terpaksa memancingnya ke luar angkasa agar menjauh dari Bumi. Setelah ditemukan oleh supervillain Collector, Gorgg kembali dibawa ke Bumi dan sengaja dilengkapi dengan persenjataan modern agar bisa menyebabkan kekacauan di New York. Untungnya Thing, Hulk, Beast, dan Giant-Man berhasil mengirimnya ke Negative Zone.

Jormungand

Jormungand alias Midgard Serpent adalah naga dari mitologi Nordik yang diboyong ke Marvel Universe bersama Thor dan para Asgardian. Sama seperti legenda aslinya, Jormungand sendiri muncul sebagai naga yang mampu menghancurkan Bumi hanya dengan lilitan tubuhnya yang sangat besar. Thor yang dikirim oleh Odin untuk menyelamatkan Bumi lantas berusaha untuk mengalahkan Jormungand. Meskipun pada akhirnya sang God of Thunder mampu mengalahkanya, tetapi sebagai bayarannya dia harus terkena racun Jormungand yang membunuhnya secara perlahan. Untungnya karena Thor seorang Avengers, pada akhirnya dia berhasil dibangkitkan kembali seperti sediakala.

Mr. Lao

Mr. Lao awalnya adalah seorang manusia tanpa nama yang diceritakan mendapatkan keabadian setelah dikutuk menjadi seekor naga bersisik emas di Marvel Universe. Selama berabad-abad dia bertindak sebagai penasehat dari kelompok rahasia Atlas Foundation yang berusaha melindungi Bumi secara diam-diam. Ketika Jimmy Woo menjadi penerus Atlas Foundation pada masa modern, Mr. Lao masih setia mendampinginya dan juga tim superhero Agent of Atlas. Sama seperti semua naga legendaris di daftar ini, Mr. Lao juga bisa terbang, menyemburkan napas api, dan mempunyai kekuatan fisik yang sangat superior jika dibandingkan dengan manusia biasa.

Shou-Lao

Meskipun namanya terdengar mirip dengan Mr. Lao, faktanya Shou-Lao adalah naga legendaris yang sama sekali berbeda, baik secara asal-usul maupun fungsinya di Marvel Universe. Shou sendiri adalah naga yang tinggal di pegunungan K’un-Lun dan menjadi sumber kekuatan dari kota mistis yang ada di sekitarnya. Dijuluki sebagai The Undying Dragon, Shou sangat berperan penting dalam kisah Iron Fist. Karena seorang Iron Fist atau penjaga kota mistis K’un-Lun hanya bisa mendapatkan kekuatan supernya setelah terbukti mampu mengalahkan Shou sendirian. Selain abadi dan mampu menyeburkan napas api, kehebatan Shou juga terbukti dari kecepatan gerakannya yang secepat petir.

Itulah lima naga legendaris yang kemunculannya memberikan dampak yang cukup besar bagi Marvel Universe. Berdasarkan semua kisahnya bisa kita simpulkan bahwa saking tangguh dan abadinya para naga ini satu-satunya cara untuk mengalahkan mereka hanyalah dengan menidurkannya atau mengirimnya ke tempat lain. Karena hanya dengan begitu ancaman mereka bisa dihentikan sebelum jatuh korban jiwa yang lebih banyak. Kabar baiknya sebagian dari mereka, seperti Shou-Lao dan Mr. Lao justru lebih memilih untuk menjadi pelindung dan sumber kekuatan bagi orang-orang di sekitarnya.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.