Salah satu pertanyaan besar yang muncul terkait fakta terbaru tentang York adalah mengapa kemudian Vegapunk asli tidak tahu dia adalah pengkhianat. Chapter terbaru dari manga One Piece akhirnya mengungkap siapa sosok pengkhianat di pihak Vegapunk. Sebelumnya, penghuni pulau Egghead diteror oleh kemunculan sosok pengkhianat yang membuat nyawa mereka terancam.

Yang luar biasanya adalah bagaimana kemudian sosok pengkhianat ini bukan hanya mengarah pada satu pihak, melainkan semua pihak. Dalam konteks ini, pengkhianat tersebut bukan hanya menyerang kru Topi Jerami, melainkan juga seluruh pasukan CP0 dan juga satelit Vegapunk. Dalam chapter 1078 kemudian terungkap jika York, yang merupakan salah satu satelit Vegapunk, adalah pengkhianatnya. Tetapi, yang jadi pertanyaan adalah mengapa Vegapunk asli tidak tahu York adalah pengkhianat?

Otak Vegapunk

Seperti yang terungkap dalam chapter 1067, diketahui jika Vegapunk mengonsumsi buah iblis Nomi Nomi. Buah iblis tersebut membuat Vegapunk memiliki kapasitas otak yang tidak terbatas. Dengan begitu, buah iblis ini memberikan penggunanya kemampuan untuk menerima informasi apa pun tanpa batas. Dan semua informasi tersebut akan tersimpan di dalam otaknya.

Ini juga yang jadi alasan mengapa Vegapunk mampu membaca semua buku-buku peninggalan Ohara yang ada di Elbaf. Dan ini juga alasan mengapa Vegapunk mampu mengingat semua informasi dan sejarah tentang abad kekosongan, sehingga dia mampu menirukan semua hal yang kita lihat di pulau Egghead. Namun, efek sampingnya adalah ukuran dan juga bentuk dari kepala Vegapunk akan membesar.

Hal ini bisa kita lihat dalam kilas balik Vegapunk di pulau Ohara pada 22 tahun lalu. Selain memiliki berbagai kekuatan di atas, buah iblis Nomi Nomi memiliki kedahsyatan lainnya yaitu Vegapunk mampu untuk membagi isi otaknya. Dalam penjelasannya, Vegapunk membagi isi otaknya ke enam satelit yang dia miliki dan salah satunya adalah York. Satelit atau kloning tersebut saling terhubung satu sama lain meskipun sikap dan perilaku mereka berbeda.

Di chapter 1067 juga dijelaskan jika Punk Records merupakan bagian atap dari pulau Egghead. Dan Punk Records sendiri adalah bagian dari isi otak Vegapunk, di mana bagian itu terbuat dari otaknya. Terdapat banyak catatan atau ingatan dari sang ilmuwan di tempat itu. Masing-masing satelit akan menyimpan data apa yang mereka ketahui dan pikirkan selama satu hari penuh di Punk Records. Dan semua orang bisa mengaksesnya.

Mengapa Vegapunk Tidak Tahu Tentang York

Dengan penjelasan di atas mengenai kemampuan otak dari Vegapunk yang saling terhubung, pertanyaan besarnya kemudian mengapa Vegapunk tidak tahu jika York adalah pengkhianat? Mengapa kemudian dia tidak tahu York memiliki niatan jahat? Hal ini kemungkinan ada kaitannya dengan perwujudan atau perwakilan sifat dari York. Seperti yang Geeks ketahui, keenam satelit Vegapunk mewakili sifat yang berbeda.

Shaka merupakan perwujudan dari sisi baik/sikap yang baik. Lillith menjadi perwujudan dari sisi buruk. Phytagoras merupakan perwujudan dari sisi kebijaksanaan/sifat bijaksana. Atlas merupakan gambaran dari sifat kekerasan. Terakhir, York merupakan menjadi perwujudan dari sisi serakah/rakus dan juga hasrat terbesar. Inilah yang kemungkinan jadi alasan mengapa Vegapunk tidak tahu tentang rencana jahat York.

Seperti yang diungkapkan di artikel sebelumnya, jika hasrat atau keinginan terdalam dari makhluk hidup sangat sulit untuk dikendalikan. Hal ini terungkap di chapter 1061 di mana Lillith yang mengeluhkan hal tersebut. Dan York sendiri merupakan satelit Vegapunk yang mewakili hasrat atau keinginan terbesar itu. Sejauh ini, kita sudah melihat seperti apa masing-masing satelit Vegapunk dan sifat yang mewakili mereka.

Dan hanya York yang memang belum diperlihatkan “sifat aslinya.” Baru di chapter 1078 ini Oda Sensei kemungkinan akhirnya memperlihatkan sifat yang mewakili York tersebut di mana dia memiliki hasrat yang begitu besar dalam dirinya. Hasrat tersebut tidak lain ingin menjadi satu-satunya Vegapunk dan menjadi kaum naga langit. Apa alasan dia ingin menjadi kaum naga langit memang masih belum digali lebih lanjut.

Tetapi, menjadi satu-satunya Vegapunk rasanya cukup masuk akal melihat sifat atau sosok dari York. Karena, seperti yang ditulis oleh narator di panel terakhir, menyebutkan jika “keinginan terbesarnya sudah terungkap.” Artinya, memang kemungkinan York sudah sejak lama memiliki keinginan tersebut sehingga menjadi keinginan terbesarnya. Lalu, mengapa kemudian Vegapunk tidak tahu terkait hal ini?

Bisa jadi, seperti yang terjadi pada kehidupan nyata, hasrat atau keinginan terdalam/terbesar manusia berasal dari dalam diri masing-masing. Seseorang atau orang lain tidak akan bisa tahu apa yang kemudian jadi keinginan terbesar dari orang lainnya, kecuali orang lain tersebut memberi tahukannya. Tetapi, Geeks mungkin bertanya, bukankah otak mereka saling terhubung?

Seperti yang disebutkan di atas, hasrat atau keinginan terdalam/terbesar manusia berasal dari dalam diri masing-masing. Meskipun otak dari keenam satelit Vegapunk saling terhubung, tetapi kemungkinan apa yang mereka rasakan atau inginkan tidak bisa diketahui oleh seluruh satelit Vegapunk atau Vegapunk yang asli. Karena, keinginan atau hasrat berasal dari dalam diri masing-masing.

Apakah ini artinya para satelit Vegapunk memiliki free will atau kehendak bebas? Apakah artinya mereka sudah mampu untuk berpikir dan memiliki keputusan sendiri? Jawabannya adalah ya. Di sepanjang arc Egghead ini, Oda sudah menyuguhkan bagaimana masing-masing satelit mengambil keputusan dan melakukan tindakan seolah mereka bukan robot atau kloning. Mereka benar-benar bergerak sendiri layaknya manusia. Dan ini juga yang mungkin membuat Vegapunk atau satelit Vegapunk lainnya tidak mampu untuk mendeteksi niat jahatnya atau mengetahui jika York adalah pengkhianat.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.