Setelah sukses menyutradarai film pertama Black Panther di tahun 2018, Ryan Coogler akhirnya setuju untuk melakukan kerjasama dengan Disney. Coolger kabarnya telah menyetujui bekerjasama selama 5 tahun. Sebagai bagian dari kesepakatan itu, Coogler tidak hanya mengembangkan film Black Panther: Wakanda Forever untuk Marvel Studios, tetapi dia juga mulai pengembangan beberapa series spinoff dari Black Panther.

Tetapi sepertinya, ada perubahan besar yang dilakukan Bob Iger, yang kembali menjadi pemimpin Disney. Dalam masa kepemimpinannya yang baru, dia akan mengurangi proyek Marvel Studios yang dianggap tidak potensial, yang mengidikasikan bahwa akan ada proyek yang dibatalkan atau diundur. Mereka pun akan lebih berfokus kepada kualitas, bukan jumlah dari proyeknya.

Namun proyek Coogler lainnya sepertinya masih tetap dalam pengembangan, termasuk series The Golden City, meskipun belum ada jadwal yang diumumkan untuk proyek ini.
Dalam acara The Hot Mic Podcast, Jeff Sneider membagikan rumor menarik yang menyebutkan bahwa The Golden City sedang dikembangkan oleh Coogler sebagai series animasi. Sumber juga menyebutkan bahwa series tersebut akan mengambil latar Birnin Zana, ibu kota Wakanda yang menyimpan banyak sumber daya melimpah.

Disebutkan juga bahwa The Golden City menjadi sebuah series animasi agar bisa menceritakan sejarah Wakanda tanpa harus membuat banyak set di lokasi syuting.
Meski Marvel Studios sedang mengembangkan beberapa proyek animasi, tetapi status proyek animasi tersebut masih belum diketahui secara pasti, apakah menjadi kanon atau tidak dengan MCU. Sejauh ini, hanya series animasi What If…? yang menjadi bagian dari kanon MCU. Padahal series tersebut menceritakan seluruh multiverse yang ada, bukan di Sacred Timeline, yang menjadi timeline resmi MCU.

Jika The Golden City benar-benar menceritakan sejarah Wakanda, maka itu bisa menjadi jalan bagi Bashenga untuk muncul, dan menceritakan saat dia pertama kali menelan ramuan berbentuk hati, menjadi Black Panther pertama, dan mendirikan Golden City. Itulah periode waktu berbeda yang bisa dihadirkan di MCU, dan ini bisa menjadi proyek yang menarik dan unik.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/