Tiongkok adalah salah satu negara maju di dunia yang terbilang sangat ketat terhadap tayangan Hollywood. Hal ini terbukti dari banyaknya pemotongan adegan dalam sebuah tayangan atau pelarangan sepenuhnya terhadap film-film yang dianggap tidak lulus sensor di negara mereka. Lebih lanjut lagi pelarangan ini bahkan tidak hanya berlaku untuk film di bioskop saja, tetapi juga ada juga yang menimpa para aktornya. Mulai dari karena bersinggungan dengan masalah politik, sampai dianggap menjelekan negara mereka, berikut ini para aktor Hollywood yang dibanned di Tiongkok!

Keanu Reeves

Keanu Reeves adalah salah satu aktor yang mempunyai basis penggemar sangat besar di seluruh dunia. Selain pernah dijuluki Sexiest Man Alive oleh majalah People, tidak sedikit yang menyukai Reeves karena dianggap sebagai artis paling rendah hati. Sayangnya, hal tersebut tidak berlaku di Tiongkok, karena pada awal tahun lalu aktor John Wick ini dibanned di negeri tirai bambu tersebut setelah mendukung kelompok non-profit Tibet House. Bagi yang belum tahu, Tibet dan Tiongkok sendiri memang terkenal sering berselisih terkait urusan politik dan negara. Akibat dari pelarangan ini banyak film Reeves, termasuk Matrix dan John Wick, yang dilarang untuk tayang di Tiongkok

Sharon Stone

Sharon Stone adalah aktor Amerika yang telah berkarier di dunia akting sejak debutnya pada tahun 1980-an. Banyak filmnya yang cukup populer di seluruh dunia, seperti Total Recall, Basic Instinct, dan lain sebagainya. Alasan mengapa aktor seveteran Stone dibanned di Tiongkok adalah karena pada tahun 2008 dia dengan terang-terangan berbicara di Cannes Film Festival bahwa Gempa Bumi Sichuan yang menewaskan sekitar 90 ribu jiwa merupakan bukti karma buruk Tiongkok kepada Dalai Lama, kepala negara Tibet. Sejak saat itulah eksistensi dan semua filmnya sangat dilarang di Tiongkok.

Harrison Ford

Sebagai salah satu aktor veteran Hollywood yang masih aktif sampai sekarang, Harrison Ford dikenal oleh banyak orang sebagai pemeran Han Solo di waralaba Star Wars dan Henry Walton Jones Jr. di waralaba Indiana Jones. Laporan terbaru bahkan mengungkapkan bahwa Ford dipastikan akan segera bergabung dengan waralaba raksasa lainnya, yaitu Marvel Cinematic Universe, yang sangat dicintai di banyak negara termasuk Tiongkok. Terlepas dari popularitasnya sebagai aktor, ternyata Ford sudah sejak lama dibanned di Tiongkok, karena dia selalu mengungkapkan ketidaksukaannya terhadap pemerintah negara tersebut yang menurutnya sering melanggar hak asasi manusia.

Richard Gere

Satu lagi aktor veteran yang dibanned di Tiongkok adalah Richard Gere, bintang dari film populer seperti Hachi: A Dog’s Tale, Arbitrage, Runaway Bride, dan masih banyak lagi. Semuanya bermula saat dia tampil dalam acara Academy Awards pada tahun 1993, di mana menyampaikan pidato dadakan terkait pelangaran hak asasi manusia yang dilakukan oleh Tiongkok kepada Tibet. Karena hal tersebut pemerintah Tiongkok melarang semua peredaran film yang dibintanginya. Mirisnya, tidak seperti Ford yang masih bisa terus berakting sampai sekarang, Gere justru merasa sedikit kesulitan sejak saat itu karena banyak film yang tidak mau merekrutnya karena khawatir dilarang tayang di Tiongkok.

Brad Pitt

Siapa yang tidak kenal Brad Pitt? Mega bintang Hollywood ini terbilang cukup sering terlibat dalam film yang akhirnya populer dan sukses di seluruh dunia, termasuk The Big Short, World War Z, Inglourious Basterd, Once Upon a Time in Hollywood, sampai yang terbaru Bullet Train. Sama seperti sebagian besar aktor di daftar ini, alasan mengapa Pitt dibanned adalah karena dia mendukung kemerdekaan Tibet dan sering menjelek-jelekkan Tiongkok. Bedanya dengan aktor lain, yang dilarang dari Brad Pitt adalah film-filmnya, sedangkan dia dipersilahkan untuk mengunjungi Tiongkok kapan pun dia mau, seperti yang pernah dilakukannya pada tahun 2014 dan 2016 silam.

Itulah daftar para aktor Hollywood yang dibanned di Tiongkok termasuk sebagian besar film populernya. Meskipun dilarang oleh negaranya, ternyata hal tersebut tidak serta-merta membuat para aktor ini dibenci sepenuhnya oleh para penduduk Tiongkok. Karena pada kenyataannya ada sebagian penggemar dari negeri tirai bambu ini yang masih menyukai setiap karya mereka, khususnya Brad Pitt dan Keanu Reeves yang terbilang masih produktif terlibat dalam berbagai film menjanjikan terlepas dari kehidupan dan pandangan pribadi mereka.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.